PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENURUNKAN MISKONSEPSI SISWA SMP DITINJAU DARI SELF-EFFICACY

Radhi Ati* -  , Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v4i1.1624

Konsep awal yang dimiliki siswa sangat berpengaruh terhadap kesuksesan siswa dalam  belajar. Banyaknya siswa yang mengalami miskonsepsi menjadi perhatian utama dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat. Salah satu strategi pembelajaran yang mampu menurunkan miskonsepsi siswa adalah strategi konflik kognitif. Selain aspek kognitif, terdapat aspek afektif yang juga mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar, salah satunya adalah self efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penurunan miskonsepsi siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan strategi  konflik kognitif ditinjau dari self efficacy dan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dengan penurunan miskonsepsi setelah diterapkannya strategi konflik kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-postes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP di kecamatan Darul Hikmah dengan sampel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Darul Hikmah yang berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes diagnostik, angket self efficacy dan lembar observasi. Uji statistik yang digunakan untuk melihat penurunan miskonsepsi siswa adalah uji-t dan untuk melihat hubungan antara penurunan miskonsepsi siswa dengan self efficacy digunakan uji korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat penurunan miskonsepsi siswa  setelah diterapkan strategi  konflik kognitif; 2) Terjadi penurunan miskonsepsi siswa dengan self efficacy tinggi sebesar 90% dan self efficacy sedang sebesar 39,82%, sedangkan siswa dengan self efficacy rendah mengalami penurunan miskonsepsi sebesar 13,89 % serta terdapat 1 orang siswa dengan self efficacy rendah yang tidak mengalami penurunan miskonsepsi meskipun diterapkan pembelajaran dengan strategi konflik kognitif; 3) Terdapat hubungan antara self efficacy dengan penurunan miskonsepsi siswa setelah penerapan strategi konflik kognitif.
Keywords
cognitive conflict; learning strategys; self efficacy
Full Text:
Article Info
Submitted: 2019-03-20
Published: 2019-09-04
Section: Artikel
Article Statistics: 409 266
Citation :