STUDI GENDER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH: APAKAH ADA KETIMPANGAN?

Authors

  • Nafida Hetty Marhaeni Universitas Mercu Buana Yogyakarta https://orcid.org/0000-0002-6533-1498
  • Nuryadi Nuryadi Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Rohmatul Fajriyah Universitas Islam Indonesia
  • Bayu Suseno Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nanang Khuzaini Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji hubungan antara gender dan berbagai aspek pembelajaran matematika, mencakup keikutsertaan dalam les tambahan, keterlibatan diskusi, kegemaran terhadap matematika, pemahaman materi, math-anxiety, self-efficacy, kebiasaan belajar, dan minat terhadap matematika; di tingkat sekolah menengah di Kota Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan metode survei dan pendekatan deskriptif-analitik. Populasi penelitian adalah siswa SMP kelas VII negeri dan swasta, dengan sampel 1.328 siswa yang dipilih menggunakan stratified random sampling untuk menjamin keterwakilan sekolah. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis Pearson’s chi-squared menunjukkan bahwa gender tidak berhubungan signifikan dengan keikutsertaan dalam les tambahan, diskusi, kegemaran terhadap matematika, pemahaman materi, math-anxiety, maupun self-efficacy. Sebaliknya, gender memiliki hubungan signifikan dengan kebiasaan bertanya, preferensi terhadap penyajian materi berbasis aplikasi, kebiasaan menuliskan kesimpulan dan informasi pada penyelesaian soal, serta minat terhadap matematika. Secara umum, siswa perempuan lebih aktif bertanya dan lebih terorganisir, sedangkan siswa laki-laki lebih menyukai penyajian berbasis aplikasi serta menunjukkan minat yang lebih tinggi terhadap matematika.Temuan ini menegaskan pentingnya penerapan pendekatan pembelajaran inklusif yang mempertimbangkan perbedaan gender guna meningkatkan keterlibatan dan efektivitas pembelajaran matematika di tingkat sekolah menengah.

Author Biographies

Nafida Hetty Marhaeni, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Pendidikan Matematika

Nuryadi Nuryadi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Pendidikan Matematika

Rohmatul Fajriyah, Universitas Islam Indonesia

Statistika

Bayu Suseno, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Psikologi

Nanang Khuzaini, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Pendidikan Matematika

References

Abadi, P. S. S. H., Karolina, V., & Maria, H. T. (2024). Analisis Perbandingan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Antara Siswa Pria dan Wanita di Kelas 9 SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa, 13(1).

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal inovasi pendidikan IPA, 2(2), 202-212.

Ahmad, A., & Sehabuddin, A. (2017). Komparasi prestasi belajar matematika siswa berdasarkan gender. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 1(1), 15-21.

Artisa, R. A. (2017). Perempuan dalam Birokrasi Hambatan Kepemimpinan Perempuan dalam Birokrasi Pemerintah Provinsi DIY. Jurnal Pembangunan dan Kebijakan Publik, 5(1), 16-23.

Asmara, A., Judijanto, L., Hita, I. P. A. D., & Saddhono, K. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi: Apakah Memiliki Pengaruh terhadap Peningkatan Kreativitas pada Anak Usia Dini?. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7253-7261.

Auliya, D., & Marlina, R. (2021). Minat Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Jenis Kelamin: Adakah Pengaruhnya. JIPMat, 6(2), 179-193.

Dahiana, W. O., & Herman, T. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Berdasarkan Gender: Suatu Kasus di Sekolah Berbasis Pesantren. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 9(2), 140-153.

Dini, J. P. A. Y. (2023). Persepsi calon guru dan guru laki-laki sebagai minoritas gender di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1320-1332.

Fitriani, W. (2017). Analisis self efficacy dan hasil belajar matematika siswa di MAN 2 Batusangkar berdasarkan gender. Agenda: Jurnal Analisis Gender dan Agama, 1(1).

Hanaris, F. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Strategi Dan Pendekatan Yang Efektif. Jurnal Kajian Pendidikan dan Psikologi, 1(1 Agustus), 1-11.

Haniyah, D., & Soebagyo, J. (2021). Analisis bibliometrik terhadap kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika berdasarkan perbedaan gender berbasis VOSViewer. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 121-136.

Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 219-228.

Lakusa, N. F., & Nayati, W. (2023). Peran Siswa Perempuan dalam Pembelajaran Ensambel Musik. Jurnal Wanita dan Keluarga, 4(2), 201-216.

Mawardi, M. (2024). Analisis Variasi Literasi Baca Siswa Indonesia Berdasarkan Gender, Growth Mindset, Dan Tingkat Pendidikan: Sebuah Studi Komprehensif Untuk Memahami Faktor-Faktor Penentu Prestasi Akademik. Journal Creativity, 2(2), 198-209.

Novitasari, D. (2017). Analisis kreativitas siswa dalam pemecahan masalah visual spasial dan logis matematis ditinjau dari gender. Media Pendidikan Matematika, 5(2), 75-83.

Priatmoko, S. (2018, February). Strategi Implementasi Pembelajaran Inklusif Gender di Madrasah Ibtida’ iyah. In PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education (Vol. 3, No. 1, pp. 244-257).

Retnasari, B. A., Asy'ari, M., Prayogi, S., & Muhali, M. (2023). Perbedaan Kesadaran Metakognitif Berdasarkan Gender di SMA Negeri 1 Gunungsari. Journal of Authentic Research, 2(1), 68-79.

Sahala, R., Mauraji, J., Tomahir, A. D., Adam, A., & Silawane, N. (2024). Dampak Metode Pengajaran Terhadap Pembelajaran Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(13), 975-981.

Sonia, L., & Sassi, K. (2024). MENJELAJAHI KESENJANGAN GENDER DALAM PENDIDIKAN: STUDI PERBANDINGAN ANTARA SWEDIA DAN AFGHANISTAN. Inspirasi Edukatif: Jurnal Pembelajaran Aktif, 5(4).

Sopian, H. (2023). Tantangan Gender Dalam Pendidikan Islam di Pulau Lombok. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(05), 514-527.

Suningsih, S., & Patras, Y. E. (2024). MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIKULTURAL DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(4), 528-539.

Tahir, T., & Marniati, M. (2018). Pengaruh Kreativitas terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa ditinjau dari Jenis Kelamin (Studi Kasus di MAN 1 Kolaka). Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 279-284.

Tahir, T., & Marniati, M. (2018). Pengaruh Kreativitas terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa ditinjau dari Jenis Kelamin (Studi Kasus di MAN 1 Kolaka). Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 279-284.

Ulfadilah, S., & Darmiyanti, A. (2023). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Penerapan Pembelajaran Di Paud. Jurnal Warna: Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 9-29.

Ulpa, M. (2014). Gender dan pembelajaran matematika. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak, 9(2), 263-272.

Umam, C., & Ferianto, F. (2023). Model Pendekatan Humanistik Dalam Pengelolaan Kelas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SDN Palumbonsari 1. Ansiru PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 336-344.

Widayati, S. (2019). Peranan Guru Dalam Pembelajaran Bahasa. Edukasi Lingua Sastra, 17(1), 1-14.

Yuliati, I., & Zahrah, F. (2023). Analisis Gender terhadap Self Efficacy dan Math Anxiety Siswa Sekolah Dasar. Cognitive: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 1-17.

Downloads

Published

2025-10-30

Issue

Section

Artikel