BERPIKIR REFLEKTIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS PGRI SEMARANG DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT

Dina Prasetyowati* -  , Indonesia
Kartinah Kartinah - 

DOI : 10.24269/silogisme.v3i2.1165

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir reflektif mahasiswa yang mempunyai gaya kognitif Field Dependent. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang. Kriteria pemilihan subjek didasarkan pada gaya kognitif dan kelancaran berkomunikasi mahasiswa secara tulisan maupun lisan. Pengumpulan data serta analisis data dilakukan dengan teknik tes tertulis dan wawancara berbasis tugas pada Mata Kuliah Kalkulus Integral yang diampu oleh peneliti. Dilanjutkan dengan melakukan triangulasi untuk mendapatkan data subjek penelitian yang valid. Deskripsi berpikir reflektif mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang yang mempunyai gaya kognitif Field Dependent yang diperoleh dalam penelitian ini dijadikan rujukkan bagi dosen yang mengampu untuk menyusun strategi pembelajaran sehingga capaian pembelajaran yang diharapkan dapat diraih.

Penelitian menunjukkan hasil bahwa mahasiswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent kemampuan berpikir reflektifnya tinggi. Hal ini terlihat pada hasil pekerjaan mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus Integral dimana untuk hampir semua soal, mahasiswa dikatakan reflektif dan terdapat satu soal dimana mahasiswa dikatakan cukup reflektif.
  1. De Porter, B. dan Hernacki, M. 1992. Quantum Anwar, Saeful. 2007. Filsafat Ilmu Al-Ghazali: Dimensi Ontologi dan Aksiologi. Bandung: Pustaka Setia.
  2. Beerling. 1988. Filsafat Dewasa Ini. Terj. Hasan Amin. Jakarta: Balai Pustaka.Kattsof, Louis. 1987. Element of Pholosophy. Terj.Soemargono. Yogyakarta: Tiara Wacana.
  3. Daraini, R. 2012. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia dan Gaya Kognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri Lubuk Pakam. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol.5 No.2. Hal 236-243.
  4. Harrington, H. 1996. Teaching and Teacher Education . Vol.12.No.1, Januari 1996.
  5. Krulik, S. dan Rudnick J.A. Innovative Tasks to Improve Critical and Creative- Thinking Skills. Developing Mathematical Reasoning in Grade K-12. Stiff. L.V dan Curcio FR. Ed. 1999 Yearbook NCTM, Reston, Virginia.
  6. Mason,J., Burton,L., Stacey K. 1985. Thinking Mathematically. Addison Wesley Publishing Company, New York.
  7. NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. NCTM, Reston, Virginia.
  8. Polya, G. 1975. How to Solve it. Princeton. New Jersey
  9. Ramlah, B.J. 2014. “Relationship between Students’ Cognitive Style (FD and FI Cognitive Styles) with Their Mathematics Achievement in Primary School”. International Journal of
  10. Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE). Vol.1. No.1. Hal 88-93.
  11. Surbeck, E., Han, E. P., & Moyer, J. (1991). “Assessing reflective responses in journals”. Educational Leadership 48, pp. 25-27. (EJ 422 850).
  12. Suriasumantri, Jujun S. 1986. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
  13. Soetriono dan Rita Hanafie. 2007. Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi
  14. Steven, D. S. 1991. An Introduction to Critical Thinking. Tersedia: http://www.Freeinquiry.Com/naturalism.html.
  15. Witkin, H.A., Moore, C.A., Goodnough D.R., & Cox, P.W. (1977). ―Field Dependent and Field Independent Cognitive Style and Their Educational Implication‖. Review of Educational Researh Winter. Vol 47 (1). Pp 1-64
  16. Zulkardi. 2010. How to Design Mathematics Lessons Based on the Realistic Approach? Diperoleh dari www.reocities.com/ratuilma/rme.html (Diunduh 22 Januari 2016).

Full Text:
Article Info
Submitted: 2018-08-20
Published: 2019-01-07
Section: Artikel
Article Statistics: