PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK PESERTA DIDIK SMP

Yunda Kurniawan* -  Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia
Ayu Tsurayya -  Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia
Syafika Ulfah -  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v4i2.1032

ABSTRAK

 

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis LKPD yang teruji kevalidan dan keefektifannya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan (research and development), dengan model pengembangan yang dipilih adalah model pengembangan 4D, yaitu define, design, develop, and disseminate. Tahap perancangan akan menghasilkan draf bahan  ajar yang dievaluasi berdasarkan evaluasi materi dan media. Selanjutnya draf diujicobakan dalam skala kecil dengan 15 orang responden yang sudah pernah mendapat mata pelajaran garis dan sudut  dan uji coba lapangan pada kegiatan pembelajaran geometri di kelas.  Hasil penelitian ini adalah : 1) Hasil review dari ahli materi menyatakan modul pembelajaran berada pada kualifikasi layak, yaitu sebesar 83 %. 2) Ahli media memberikan tanggapan modul pembelajaran berada pada kualifikasi sangat layak, yaitu berada pada 83,5 % . 3) Hasil tanggapan peserta didik diperoleh persentase tingkat pencapaian berada pada 82,33 % yang termasuk dalam  kualifikasi layak. Modul yang dikembangkan sudah valid dan layak digunakan pada proses pembelajaran untuk dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Bahan ajar tersebut menarik dan dapat menimbulkan motivasi belajar di tengah keterbatasan bahan ajar dan waktu dalam kelas.

 

 Kata Kunci: Pengembangan, LKPD, Komunikasi Matematik.

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Anwar, Ilham. 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Direktori UPI. Bandung.
  3. Gartmann & Freiberg (tanpa tahun). The Mathematics Educator Volume 6 Number 1. http:// math.coe.uga.edu/tme/v06n1/3gartmann.pdf (diakses 5 November 2007).
  4. Killen, R. 1998. Effective Teaching Strategies. Lessons from Research and Practice. Second Edition. Australia: Social Science Press.
  5. Lange, J. 1987. Mathematics Insight and Meaning. OW & OC. Utrecht.
  6. Lasmiyati & Harta, I. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika 9(2): 161-174.
  7. Murtado, S. & Tambunan, G. 1987. Materi PokokPengajaran Matematika. Jakarta: Karunika.
  8. Mulyatiningsih, Endang. 2011. Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY Press.
  9. NCTM (National Council of Teachers of Mathematics). 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
  10. Ramdani, I. 2014. Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Memfasilitasi Pencapaian Literasi Matematika Siswa Kelas VII. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
  11. Rohmah, N. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Buku Fabel Berkarakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Materi Bangun Datar Kelas IV A SD Islam As-Salam Malang. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Malang.
  12. Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  13. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
  14. Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.Widyawati
  15. Suparman, Atwi. 1997. Desain Instruktional. Jakarta: Rineka Cipta.
  16. Suryaningsih, Nunik Setiyo. 2010. Pengembangan media cetak modul sebagai media pembelajaran mandiri pada mata pelajaran teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VII semester 1 di SMPN 4 Jombang. Surabaya: Skripsi yang tidak dipublikasikan.
  17. Utomo, Tjipto. 1991. Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  18. Winkel. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta :
  19. Zamroni. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing
  20. Zamroni. 2006. Pergeseran Paradigma Pembelajaran Matematika Sekolah. Makalah Direktorat Profesi Pendidik. Direktorat Jenderal Penajaminan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2018-06-22
Published: 2020-04-18
Section: Artikel
Article Statistics: 38 21
Citation :