PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PEMETAAN SEBARAN PASIEN KETERBELAKANGAN MENTAL DI KABUPATEN PONOROGO

Didik Riyanto

Abstract


Penelitian ini mengangkat tema perancangan sistem informasi geografis yang digunakan untuk memetakan sebaran pasien keterbelakangan mental. Sistem ini dibangun untuk mengolah data pasien keterbelakangan mental yang berada di kabupaten Ponorogo,dimana kabupaten Ponrogo merupakan salah satu kabupaten yang berada di propinsi jawa timur dimana sebagian warganya mengalami gangguan keterbelakangan mental. Para pasien keterbelakangan mental di kabupaten Ponorogo tersebar di tiga kecamatan, yakni kecamatan Badegan, kecamatan Jambon, dan kecamatan Balong. Sistem dibangun untuk menampilkan data pasien keterangan mental secara detil mulai dari profil, tingkatan kemampuan, lokasi pasien serta petunjuk jalur menuju lokasi pasien, yang ditampilkan dalam peta. Sistem dibuat untuk memberikan informasi data terkait keterbelakangan mental yang dibutuhkan oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab terhadap penanganan keterbelakangan mental di kabupaten Ponorogo yakni dinas sosial dan dinas kesehatan. data yang ditampilkan merupakan data yang diberikan oleh aparatur desa setempat yang terdapat pasien keterbelakangan mental. Adapun fitur utama yang diberikan pada sistem ini meliputi peta sebaran pasien berdasarkan tempat tinggal, profil pasien, kemampuan pasien, populasi pasien setiap tahun,dan petunjuk arah jalur menuju lokasi tempat tinggal pasien. Sitem dibuat berbasis web dengan mengaplikasikan google maps sebagai peta tampilan lokasi sebaran pasien sehingga diperlukan koneksi internet dalam menjalankan system ini.

Keywords


Sistem Informasi Geografis, keterbelakangan mental, Pemetaan, Kabupaten Ponorogo

Full Text:

PDF

References


S.K. Kenue, “Limited angle multifrequency deffiaction tomography,” IEEE Trans. Sonic Ultrason, vol. SU-29, no. 6, pp. 213-217, July 1982.

P.M. Morse and H. Feshback, Methods of Theoretical Physic, New York: McGraw Hill, 1953.

R. Frinkel, R. Taylor, R. Bolles, R. Paul, “An overview of AL, programming system for automation,” in Proc. Fourth Int. Join Conf Artif.Intel., pp. 758-765, Sept. 3-7, 2006.

A.S.R. Ansori, M. Hariadi, W. Endah,"Pemodelan Retakan Tiga Dimensi Akibat Ledakan Untuk Serious Games", in Proc. Semnasteknomedia 2013, pp.13-1, Januari 13,2013.


Article Metrics

Abstract view : 77 times
PDF - 4 times

DOI: http://dx.doi.org/10.24269/mtkind.v11i2.730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.