PEMANFAATAN APLIKASI MOODLE DALAM PEMBELAJARAN STATISTIK PADA MAHASISWA INFORMATIKA

Slamet Riyanto* -  Informatika, Universitas PGRI Madiun, Indonesia
Fatim Nugrahanti -  Universitas PGRI Madiun, Indonesia

DOI : 10.24269/mtkind.v12i1.679

Perkembangan teknologi informasi dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dari segi metode dan media pembelajaran. Salah satu teknologi informasi yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran adalah aplikasi Moodle. Aplikasi Moodle telah banyak digunakan banyak orang untuk proses pembelajaran e-learning.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pemanfaatan aplikasi moodle dalam pembelajaran statistik pada mahasiswa informatika. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi dengan pola nonequivalent control group design (postest yang tidak ekuivalen). Variabel yang digunakan adalah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis yang digunakan adalah uji beda t test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang mendapat perlakuan aplikasi Moodle memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak mendapat perlakuan aplikasi Moodle. Perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dinilai signifikan. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi moodle dalam pembelajaran statistik dapat dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa
Keywords
aplikasi moodle, pembelajaran statistik, hasil belajar
Full Text:
Article Info
Submitted: 2017-11-09
Published: 2018-09-05
Section: Artikel
Article Statistics: