RANCANG BANGUN E-COMMERCE HASIL PANEN DAN OLAHAN HASIL TANI BERBASIS WEBSITE

Tjut Awaliyah Zuraiyah -  Unoversitas Pakuan, Indonesia
Halimah Tus Sadiah* -  Universitas Pakuan, Indonesia
Yetty Husnul Hayati -  Universitas Pakuan, Indonesia
Lia Dahlia Iryani -  Universitas Pakuan, Indonesia

DOI : 10.24269/mtkind.v16i1.4048

Abstrak

Serikat Petani Indonesia menyatakan bahwa masalah utama yang dialami petani hingga saat ini adalah kesulitan pemasaran hasil panen. Harga hasil panen banyak ditetapkan oleh tengkulak sehingga para petani mengalami kerugian karena modal kerja yang sudah dikeluarkan tidak sebanding dengan hasil penjualan hasil panen yang diperoleh. Selain itu kondisi pandemi Covid 19 juga mempengaruhi proses penjualan hasil panen. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sistem penjualan online atau e-commerce yang dapat memfasilitasi para petani untuk menjual hasil panen dan olahan taninya langsung baik kepada distributor maupun langsung kepada konsumen. Tahapan dari penelitian ini meliputi analisis kebutuhan fungsional, perancangan, implementasi dan pengujian. Penelitian ini telah menghasilkan produk berupa e-commerce hasil panen dan olahan tani yang memiliki fitur menampilkan daftar produk dan harganya, fitur pemesanan, fitur penawaran, fitur laporan penjualan produk dan grafik penjualan. Aplikasi ini telah diuji menggunakan blackbox testing. Skor hasil pengujian sistem ini adalah 100%, yaitu sistem berjalan sesuai dengan output yang diharapkan.

 

Abstract

 

The Indonesian Farmers Union stated that the main problem faced by farmers to date is the difficulty of marketing their crops. The price of the harvest is mostly determined by middlemen so that the farmers suffer losses because the working capital that has been issued is not proportional to the sales of the harvests obtained. In addition, the Covid-19 pandemic condition also affects the sales process of harvested crops. The purpose of this research is to create an online sales system or e-commerce that can facilitate farmers to sell their harvests and agricultural products directly to distributors and directly to consumers. This research method uses the waterfall method. The stages of this research include functional requirements analysis, design, implementation and testing. This research has produced products in the form of e-commerce of harvested and processed agricultural products which have features displaying a list of products and their prices, ordering features, offering features, product sales report features and sales charts. This application has been tested using blackbox testing. The score of the results of testing this system using blackbox testing is 100%, that is, the system runs according to the expected output.

Keywords
E-commerce, Penjualan online, Hasil panen, Olahan hasil tani, Website
  1. U. Isbah, R.Y. Iyan. Analisis Peran Sektor Pertanian Dalam Perekonomian Dan Kesempatan Kerja di Provinsi Riau. Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan, vol.7, No.19, pp.45-54, November 2016.
  2. Z. Majidah, Sukidin, W. Hartanto. Peranan Sektor Pertanian dalam Pembangunan Ekonomi Kabupaten Jember (Ditinjau dari PDRB, Penyerapan Tenaga Kerja Dan Indeks Harga Konsumen). Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial. vol.15, No1,pp. 97-102. 2021.
  3. L.A.Megasari. Ketergantungan petani terhadap tengkulak sebagai patron dalam kegiatan proses produksi pertanian (studi di Desa Baye Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri).Universitas Airlangga. 2019. https://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmntsce92630dfefull.pdf.
  4. Kasmi. A.N.Candra. Penerapan E-Commerce Berbasis Business to Consumers untuk Meningkatan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara. vol.15, No.2, pp.109-116. Desember 2017.
  5. I.M.A.Pranata, G.S.Darma. Strategi Penerapan E-Commerce dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Jurnal Manajemen dan Bisnis. vol.11,No.1, pp.69-81, februari 2014.
  6. H.A. Mumthana, S. Nita, A.W. Tito. Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran.Khazanah Informatika Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, vol 3, No.7, pp. 6-15. Juni 2017.
  7. D. Apriadi and A. Y. Saputra, “E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian”, RESTI, vol. 1, No. 2, pp. 131 - 136, Oktober. 2017.
  8. R.Sengkey.Tulung. IBM Pemanfaatan E-Commerce dalam Memasarkan Hasil-Hasil Pertanian. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, vol. 6, No. 3, pp.111-115. 2017.
  9. M. Tabrani, E. Pudjiarti. Penerapan Metode Waterfall pada Sistem Informasi Inventory PT. Pangan Sehat Sejahtera. Jurnal Inkofar, vol. 1, No.2, pp, 30-40. Desember 2017.
  10. G. W. Sasmito. Penerapan metode Waterfall pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), vol 2,No1,pp. 6-12. Januari 2017.
  11. A.R. Sinulingga, M.Zuhri, R.B.Mukti, Ziasyifa, A. Saifudin. 2020. Pengujian Black Box pada Sistem Aplikasi Informasi Data Kinerja menggunakan Teknik Equivalence Partitions, Jurnal Teknologi Sistem Infomasi dan Aplikasi, vol. 3, no. 1, pp. 9-14, Januari 2020.
  12. T.S. Jaya. Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundry Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri lampung). Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), vol.03, No.02, pp. 45-48, Januari 2018.
  13. W. N. Cholifah, Yulianingsih, S. M. Sagita. Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android Dengan Teknologi Phonegap. Jurnal String, vol. 3, No.2, pp. 206-210, Desember 2018.
  14. U.Hanifa, R.Alit, S Sugiarto. Penggunaan Metode Black Box Pada Pengujian Sistem Informasi Surat Keluar Masuk. Jurnal Teknologi dan Komunikasi, vol.9, No.2, pp. 33-40. Juni 2016.
  15. M.S.A.K.Jaya, P.Gumilang, Tresnawati, Y.P.Andersen, T. Desyani. Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Penunjang Keputusan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol.4, No.4, pp. 131-136. Desember 2019.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-07-24
Published: 2022-08-02
Section: Artikel
Article Statistics: