RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BUKU TAMU PADA DINAS PEMUDA, OLAHRAGA DAN PARIWISATA KOTA BALIKPAPAN DENGAN METODE PERSONAL EXTREME PROGRAMMING

Ahmad Maulana Fikri* -  Institut Teknologi Kalimantan, Indonesia
I Putu Deny Arthawan Sugih Prabowo -  Institut Teknologi Kalimantan, Indonesia

DOI : 10.24269/mtkind.v14i2.2568

ABSTRAK

 

Pada Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan, teknologi informasi kerap digunakan pada kegiatan operasional pegawai. Namun, tidak semua kegiatan operasional pegawai telah diakomodasi oleh teknologi informasi. Salah satunya yaitu proses administrasi tamu yang datang ke DPOP Balikpapan yang masih menggunakan buku tamu. Waktu yang cukup lama dapat terjadi dalam proses perekapan tiap bulannya dari pihak DPOP Balikpapan. Selain itu, human error juga kemungkinan besar akan terjadi jika proses administrasi tamu masih berbasis kertas karena proses perekapan data secara manual. Oleh karena itu, dilakukan penelitian di DPOP Balikpapan dengan merancang dan membangun Sistem Informasi Buku Tamu (SI-KUTA) berbasis website khusus untuk DPOP Balikpapan dengan metode Personal Extreme Programming (PXP). Metode  PXP memungkinkan terjadinya komunikasi yang baik antara pengembang laman web dengan klien. Implementasi metode PXP sangat cocok digunakan pada penelitian ini dikarenakan kebutuhan klien yang dapat berubah sewaktu-waktu seiring dengan jalannya proses pengembangan sistem. Hasil dari penelitian ini berupa implementasi dari aplikasi SI-KUTA yang dapat digunakan oleh pegawai DPOP Balikpapan. Dengan dibuatnya aplikasi SI-KUTA, pegawai DPOP Balikpapan khususnya Subbagian Umum dapat dengan mudah merekap, menghitung dan menyimpan data-data pengunjung DPOP Balikpapan.

 

ABSTRACT

 

At the Balikpapan City Youth, Sports and Tourism Office (DPOP), information technology is often used in employee operational activities. However, not all employee operational activities have been accommodated by information technology. One of them is the administration process of guests coming to DPOP Balikpapan who are still using guest books. This certainly requires quite a long time in the recording process each month from the DPOP Balikpapan. In addition, human error is also likely to occur if the guest administration process is still paper-based due to the manual data recording process. Therefore, research was conducted at DPOP Balikpapan by designing and building a Website-based Guest Book Information System (SI-KUTA) specifically for DPOP Balikpapan using the Personal Extreme Programming (PXP) method. The PXP method allows for good communication between the website developer and the client. The implementation of the PXP method is very suitable to be used in this study because the client's needs can change at any time along with the course of the system development process. The results of this research are the implementation of the SI-KUTA application that can be used by Balikpapan DPOP employees. With the application of SI-KUTA, DPOP Balikpapan employees, especially the General Subdivision, can easily recap, calculate, and store DPOP Balikpapan visitor data.

Keywords
DPOP Balikpapan; Personal Extreme Programming; SI-KUTA
  1. S. Maharsi, "Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi terhadap Bidang Akuntansi Manajemen," Jurusan Akuntansi & Keuangan, vol. 2, no. 2, pp. 127-137, 2000.
  2. A. Nasir and R. Oktari, "Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Instansi Pemerintah," Jurnal Ekonomi, vol. 19, no. 2, 2011.
  3. K. C. Laudon and J. P. Laudon, Management Information System, 8th ed., New Jersey: Prentice-Hall, Inc., 2004.
  4. N. Noviari, "Pengaruh Kemajuan Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan Akuntansi," Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 2007.
  5. B. Yanto and A. S. Putra, "Sistem Informasi Buku Tamu Front End Berbasis Android Pada Badan Pusat Statistik Rokan Hulu," Riau Journal of Computer Science, vol. 4, no. 1, pp. 119-128, 2017.
  6. R. Pamungkas, "Implementasi Model Personal Extreme Programming (PXP) Dalam Pengembangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Flora dan Fauna di Taman Nasional Meru Betiri," Universitas Jember, Jember, 2018.
  7. A. Suharto and L. Winarti, "Rancang Bangun Sistem Point of Sale Dengan Metode Personal Extreme Programming," Jurnal Teknologi Informasi ESIT, vol. 15, no. 1, pp. 30-35, 2020.
  8. R. Anjuliani, L. W. Astuti and Hartini, "Aplikasi ISC (Informatics Student Center) Menggunakan Metode Personal Extreme Programming Berbasis Android," Jurnal Informatika Global, vol. 6, no. 1, pp. 20-25, 2015.
  9. A. Solichin, Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL, Jakarta: Budi Luhur, 2016.
  10. Y. Dzhurov, I. Krasteva and S. Ilieva, "Personal Extreme Programming – An Agile Process for Autonomous Developers," Faculty of Mathematics and Informatics, Sofia University, pp. 252-259, 2009.
  11. R. A. Azdy and A. Rini, "Penerapan Extreme Programming dalam Membangun Aplikasi Pengaduan Layanan Pelanggan (PaLaPa) pada Perguruan Tinggi," Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 2, pp. 197-206, 2018.
  12. Fatmawati, "Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Katering Berbasis Web Pada Rumah Makan Tosuka Tangerang," Jurnal Teknik Komputer Aamik BSI, vol. II, no. 2, pp. 33-41, 2016.
  13. J. Enterprise, Pemrograman Bootstrap untuk Pemula, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2016.
  14. A. Zakir, "Rancang Bangun Responsive Web Layout Dengan Menggunakan Bootstrap Framework," Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, 2016.
  15. S. Nurajizah, "Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Lagu Anak-Anak Berbasis Multimedia," Jurnal PROSISKO, vol. 3, no. 2, pp. 14-19, 2016.
  16. Y. A. Pratama and E. Junianto, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ginjal dan Saluran Kemih dengan Metode Breadth First Search," Jurnal Informatika, vol. II, no. 1, pp. 212-221, 2015.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-04-08
Published: 2021-01-04
Section: Artikel
Article Statistics: