Pengembangan Materi Allah Pencipta Alam Semesta Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Eksperimen Sains di SD Muhammadiyah Bayen

Rafika Dwi Rahmah MZ* -  Ahmad Dahlan University, Indonesia
Hendro Widodo -  , Indonesia

DOI : 10.24269/muaddib.v1i2.1868

Permasalahan yang terjadi di SD Muhammadiyah Bayen berdasarkan wawancara dan observasi yang telah dilakukan adalah pembelajaran yang berlangsung tidak sesuai dengan tujuan kurikulum 2013 yang menekankan integrasi antar mata pelajaran dan siswa kesulitan dalam mengingat pelajaran yang telah diterangkan oleh guru. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah sebagai upaya dalam penanggulangan masalah yang terjadi di SD Muhammadiyah Bayen dengan mengintegrasikan antara materi Allah Pencipta Alam Semesta pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan metode eksperimen sains yang umumnya digunakan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Metode penelitian yang digunakan adalah kombinasi antara penelitian lapangan dan studi pustaka jenis deskriptif kualitatif. Penggunaan metode eksperimen pada penelitian-penelitian terdahulu menujukkan bahwa dengan metode eksperimen dapat meningkatnya aspek afektif, kognitif dan psikomotorik siswa. Hasil dari penelitian kombinasi ini adalah diperlukannya integrasi antara pendidikan agama islam dan mata pelajaran lainnya agar anak menjadi lebih paham konsep materi agama secara menyeluruh dan tidak bersifat dogmatis serta siswa dapat mengingat materi dengan bantuan eksperimen yang akan dilakukannya sendiri.

Keywords
pendidikan agama islam, eksperimen, sains, integrasi
  1. A. Rusdiana. Integrasi Pendidikan Agama Islam dengan Sains dan Teknologi. Vol 8 No 2 2014, 126-128
  2. Abdurrahman R Effendi dan Gina Puspita. Membangun Sains dan Teknologi Menurut Kehendak Tuhan,
  3. Jakarta: Giliran Timur. 2007
  4. Al-Farisi. Startegi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres 2005, 2.
  5. Aneng Dewi Saputri. Integrasi Tembang Pocung dalam Pembelajaran Kooperatif Tebak Kata Pada Tema Alat
  6. Optik untuk Mendeskripsika Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa. Physics Education Journal. Vol 5
  7. No 2 2016, 88
  8. Artikel Publikasi Universitas Negeri Medan oleh: Pardomuan Nauli Josip Mario Sinambela.
  9. Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. 2013, 17.
  10. Buku Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kelas 4 semester 1 SD Muhammadiyah
  11. Bayen, guru Pendidikan Agama Islam (Rifatul Khairiyah, S.Ag)
  12. D. Rahmawati, S.E. Nugroho, N.M.D. Putra Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbasis
  13. Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Vol 3 No 1 2014, 44.
  14. Dr. H. Farid Hasyim., MA. Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Filosofi Pengembangan Kurikulum
  15. Transformatif antara KTSP dan Kurikulum 2013. Malang: Madani 2015, 82-83
  16. Hasbullah. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan.
  17. Jakarta: RajaGrafindo, 1999, cet. ke-3
  18. Hasil wawancara dengan guru pendidikan agama islam (Rifatul Khairiyah, S.Ag) pada Kamis, 02
  19. Mei 2019 di Ruang guru SD Muhammadiyah Bayen, Pukul 10.00 WIB
  20. Hayat, M. S., S. Anggraeni, & S. Redjeki. Pembelajaran berbasis praktikum pada konsep invertebrata untuk
  21. pengembangan sikap ilmiah siswa. Jurnal Bioma, Vol. 1 No. 2 tahun 2011, 15.
  22. Jalaluddin Rahmad. Psikologi Agama sebuah Pengantar. (Bandung: Mizan, 2003), 28.
  23. M. Qurbaniah dan N. Awaliyah. Eksperimen Sains Berbasis Kreasi Warna Alami Sebagai Inovasi dalam
  24. Pembelajaran Biologi. Vol 1 2018, 94
  25. Marimba Ahmad D. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT. Al-Maarif,1984
  26. Muhaimin. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers, 2011
  27. Nandang Kosim. Pengembangan dan Aplikasi Pembelajaran PAI di SD: Nandang Kosim. Vol. 2 No. 2 Tahun
  28. , 122.
  29. Nur Lindah Aisyah dan Luthfiyah Nurlaela. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match
  30. Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jasa Boga Pada Kompetensi Dasar Potongan Bahan
  31. Makanan Di SMK Negeri 11 Cerme, Gersik. Vol 4 No 1. 2015,143-144.
  32. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 66 tahun 2013 tentang
  33. Standar Penilaian Pendidikan.
  34. Rina Asuti, Widha Sunarno dan Suciati Sudarisman. Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keterampilan
  35. Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi dan Eksperimen Terbimbing Ditinjau
  36. dari Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa. Vol 1 No 1 2012, 54-59
  37. Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Ed ke 4. Jakarta: Kencana 2010, 23.
  38. Samsul Nizar. Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, Teoritis, Dan Praktis. Jakarta: Ciputat Pers.
  39. , 41-42.
  40. Sudarmojo Agus Haryo. Menyibak Rahasia Sains Bumi dalam Al-Qur’an. Bandung: Mizan Pustaka, 2008.
  41. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  42. , 93.
  43. Umah, S.K., Sudarmin, N. R. Dewi. Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Terpadu Berbasis Inkuiri
  44. Terbimbing pada Tema Makanan dan Kesehatan. Unnes Science Education Journal: 3(2). 2014

Full Text:
Article Info
Submitted: 2019-08-04
Published: 2019-12-19
Section: Artikel
Article Statistics: 53 25
Citation :