INTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PENDIDIKAN ISLAM

katni - katni* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/muaddib.v1i1.1826

Paper ini mengkaji tentang nilai strategis integrase model pembelajaran kontekstual dan pendidikan karakter bagi pendidikan Islam. Model pembelajaran  kontekstual merupakan model yang tepat dan  dapat diintegrasikan untuk pendidikan karakter. Model pembelajaran kontekstual dapat memperkaya khasanah keilmuan  peserta didik dan mengkonsruk pengetahuan secara deduktif menuju pengetahuan induktif. Model ini dapat menghasilkan meaningful learning dan Joyfull learning dalam pendidikan Islam. faktor pendukung dan pengehambat dalam mengintegrasi model pembelajaran kontektual  dan pendidikan karakter pada lembaga pendidikan islam dari faktor intrinsic dan ekstrinsic peserta didik

Keywords
Integrasi, Model Pembelajaran Kontekstual, Pendidikan Karakter
  1. Afriani, Andri. Pembelajaran Kontekstual Dan Pemahan Konsep Siswa. Jurnal Al-Muta’aliyah, Volume 1, nomor 3, Tahun 2018.
  2. Basri, Hasan. Ahmad Saebani, Beni, 2010. Ilmu Pendidikan Islam (Jilid II), Bandung: Pustaka Setia.
  3. Hamruni, 2009. Strategi dan Model-Model Pembelajaran Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
  4. Hasnawati, Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungannya Dengan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 3 Nomor 1, April 2006
  5. Johnson , Eliene B, 2010. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna, Bandung: Kaifa.
  6. Komalasari, Kokom, 2010, Pembelajaran Kontektual: Konsep dan Aplikasi, Bandung: PT Refika Aditama.
  7. Laksana, Sigit Dwi, Urgensi Karakter Bangsa di Sekolah, Muaddib Vol. 05 No. 01 Januari-Juni 2015
  8. Majid, Abdul, 2014, Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  9. Muchith, Saekhan. 2008, Pembelajaran Kontekstual, Semarang: RaSAIL Media Group.
  10. Nurudin, 2012, “Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Kemanusiaan: Ikhtiar Mengatasi Konflik Sosial-Keagamaan Di Indonesia”, Dialog, Volume 35 No 2, Desember.
  11. Pakpahan, Tiraya, 2011, Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran, Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
  12. Sanjaya, Wina, 2009, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.
  13. Suyadi, 2013, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  14. Taniredja, Tukiran. Miftah Faridli, Efi. 2013. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif, Bandung: Alfabeta.
  15. Zubaedi, 2011, Desain Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2019-07-16
Published: 2020-04-21
Section: Artikel
Article Statistics: 50 32
Citation :