Transformasi Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang

Authors

  • Yuni Astuti Iriantika Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Sigit Dwi Laksana Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Ayok Ariyanto Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Safira Hartiana Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.24269/muaddib.v14i2.12526

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai sektor kehidupan, termasuk pendidikan Islam. Transformasi ini menghadirkan tantangan sekaligus peluang yang harus direspon secara adaptif oleh para pendidik, institusi, dan peserta didik. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dinamika perubahan pendidikan Islam di era digital dengan pendekatan kualitatif berbasis studi pustaka. Hasil kajian menunjukkan bahwa tantangan utama meliputi kesenjangan akses teknologi, rendahnya kompetensi digital sebagian tenaga pendidik, dan risiko penyalahgunaan media digital yang dapat mengaburkan nilai-nilai moral dan spiritual. Tantangan etis juga muncul dalam bentuk penyebaran informasi keagamaan yang tidak terverifikasi, sehingga diperlukan literasi digital dan keagamaan yang seimbang. Lembaga pendidikan Islam perlu berperan aktif dalam membangun sistem pembelajaran yang adaptif, inovatif, namun tetap berlandaskan pada nilai-nilai akhlakul karimah. Namun, di sisi lain, era digital membuka peluang besar dalam perluasan akses belajar, inovasi metode pembelajaran, dan integrasi teknologi dengan nilai-nilai Islam. Diperlukan strategi sinergis antara teknologi dan prinsip pendidikan Islam agar transformasi ini berjalan seimbang dan berkelanjutan.

References

Abidin, Z. (2021). Digitalisasi Pendidikan Islam di Indonesia: Peluang dan Tantangan. Jakarta: Pustaka Al-Bayan.

Ahmad, A., & Saefullah, U. (2022). Digitalisasi Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 99–110.

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Kencana.

Fauzan, A. (2022). Integrasi Nilai Islam dalam Teknologi Pendidikan. Al-Tarbawi, 14(1), 22–35.

Hamdani, M. (2020). “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 45–56.

Hasan, S. (2022). “Pengaruh E-Learning Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Islam di Masa Pandemi.” Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 10(2), 23–34.

Hidayat, R. (2021). Modernisasi Pendidikan Islam di Era Digital. Al-Fikr, 12(4), 144–157.

Hajri, Muhammad Fatkhul. (2023). Pendidikan Islam di Era Digital:Tantangan dan Peluang pada Abad 21. AL- MIKRAJ. Vol. 4 No. 1. Hal 33-41.

Ismail, F. (2022). Kompetensi Digital Guru Madrasah. EduIslamika, 8(1), 23–33.

Kementerian Agama RI. (2023). Peta Jalan Transformasi Digital Madrasah 2023–2027. Jakarta: Dirjen Pendis.

Latif, M. (2021). Peluang dan Tantangan Pendidikan Islam di Era Disrupsi Teknologi. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 18(2), 76–85.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks, CA: Sage.

Nasution, H. (2018). Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Nugroho, T. (2021). Digitalisasi Media Pembelajaran Al-Qur’an di Sekolah Islam. Jurnal Pendidikan Islam Modern, 7(3), 100–115.

Rahman, M. (2021). Peran Guru dalam Era Pembelajaran Digital. EduTarbiyah, 6(2), 88–96.

Rahmawati, S. (2022). Etika Digital dalam Pendidikan Islam. Al-Muaddib, 8(1), 66–78.

Suryana, A. (2020). Revolusi Industri 4.0 dan Pendidikan Islam. Jurnal Al-Tarbiyah, 11(2), 88–99.

Syah, M. (2020). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyudin, D. (2021). “Pendidikan Islam di Tengah Transformasi Digital.” Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 6(1), 101–112.

Downloads

Published

2024-10-25

Issue

Section

Artikel