Reader Comments

PERAWATAN BAYI BARU LAHIR YANG BOLEH DAN TIDAK BOLEH DILAKUKAN

by Adelle Putri (2020-10-20)


Hal yang Boleh Dilakukan

Perawatan bayi baru lahir pertama yang bisa moms lakukan adalah mengASIhi. Yang dimaksud dengan mengASIhi adalah memberikan ASI eksklusif sampai dengan umur 6 bulan lamanya. Memberikan ASI ini tidak mudah moms karena selain harus bisa merangsang produksi ASI, moms juga harus mengajari baby bagaimana caranya minum ASI secara langsung, bisa juga moms memberikan ASIP namun ikatan batin akan lebih terasa saat direct breastfeeding atau memberikan ASI secara langsung. Perawatan selanjutnya yang bisa moms lakukan adalah merawat tali pusat. Kesalahan dalam merawat tali pusat hanya akan menyebabkan baby terkena infeksi. Infeksi pada tali pusat akan membuat baby rewel bahkan mengalami demam.

 

Baca Juga: 5 Tips Perawatan Bayi Baru Lahir Yang Wajib Moms Lakukan

 

Saat berada di dalam rahim baby akan selalu merasa hangat. Berbeda kondisinya saat baby sudah dilahirkan dimana kulitnya tidak bisa beradaptasi dengan suhu dingin sekitarnya. Untuk menjaga tubuhnya tetap hangat moms bisa membedong baby dengan kain yang hangat, tidur kan di alas yang bersih dan juga hangat.

 

Hal penting dalam merawat baby baru lahir yang penting untuk moms dan pasangan perhatikan adalah gunakanlah produk yang diformulasikan untuk baby seperti sabun, tisu, dan juga baby oil. Khusus untuk baby yang baru lahir moms bisa memberikan produk khusus kulit sensitif karena memang kulit baby yang masih lembut dan tipis.



Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Selain memperhatikan beberapa cara perawatan bayi baru lahir di atas, ada beberapa hal yang tidak boleh moms lakukan kepada baby baru lahir. Hal yang tidak boleh dilakukan adalah mengguncangkan baby. Saat baby menangis moms akan terbiasa untuk mengguncangkan tubuh baby padahal hal ini tidak boleh dilakukan karena akan menyebabkan organ tubuh baby rusak.

 

Hal yang tidak boleh dilakukan oleh moms selanjutnya adalah memberikan air putih kepada baby. Banyak orang tua muda yang memberikan air putih ini saat baby menangis terus menerus karena mengira baby haus dan lapar. Untuk baby baru lahir sampai dengan usia 6 bulan mereka hanya membutuhkan ASI dan tidak membutuhkan makanan dan minuman yang lainnya. Memberikan makanan dan minuman selain ASI saat baby menangis terus menerus tidak disarankan karena organ pencernaan baby belum sempurna dan belum siap menerima selain ASI.

 

Demikianlah perawatan bayi baru lahir yang disarankan dan tidak disarankan yang penting untuk moms dan pasangan perhatikan, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Sumber: http://www.im-creator.com/free/adriansehat/tulisan/perawatan-bayi-baru-lahir-yang-boleh-dan-tidak-boleh-dilakukan

 

Artikel Lainnya:

https://smarteragriculture.org/members/1970/blog/2020/07/perawatan-bayi-baru-lahir-5-hal-yang-harus-diperhatikan-ketika-ganti-popokhttps://mitubabe.webs.com/apps/blog/show/49092770-agar-tidak-stres-berikut-anjuran-yang-harus-dilakukan-dalam-perawatan-bayi-baru-lahirhttp://tipsbayi.wifeo.com/perawatan-bayi-baru-lahir.php