Muhammadiyah Final Year Students' Perceptions of Cadre Education

Binti Anisaul Khasanah* -  Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI) Lampung, Indonesia
Nurmitasari Nurmitasari -  Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI) Lampung, Indonesia
Robia Astuti -  Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI) Lampung, Indonesia

DOI : 10.24269/ijpi.v5i2.2918

The purpose of this study was to explain the perceptions of the final year students of FKIP UMPRI towards Muhammadiyah and as a material for evaluating the advancement of Muhammadiyah cadre education methods within the university scope. This analysis is categorized as a descriptive study with a survey method. The research subjects during this study were all final year students in the 2019-2020 academic years from five study programs in FKIP UMPRI. The data analysis technique in this study was the following subsequent steps: (1) determining the score; (2) confirming the category; (3) creating the evaluation results using the program Excel Microsoft 2010. The results of this study are the perceptions of UMPRI final year students towards Muhammadiyah at the amount of antipathy to Muhammadiyah by 7%, the level of neutrality towards Muhammadiyah by 38%, the level of sympathy for Muhammadiyah by 35%, and also the level of Muhammadiyah cadres by 20%.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan persepsi mahasiswa tingkat akhir FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) UMPRI (Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung) terhadap Muhammadiyah dan sebagai bahan evaluasi kemajuan metode pendidikan kader Muhammadiyah di lingkungan universitas. Analisis penelitian ini metode deskriptif dengan metode survei, subjek penelitian selama penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tingkat akhir tahun akademik 2019-2020 dari lima prodi di FKIP UMPRI. Teknik analisis data dalam penelitian ini: (1) menentukan skor; (2) mengkonfirmasikan kategori; (3) Membuat hasil evaluasi dengan menggunakan program Excel Microsoft 2010. Hasil penelitian ini adalah persepsi mahasiswa tahun akhir UMPRI terhadap Muhammadiyah yaitu tingkat antipati terhadap Muhammadiyah sebesar 7%, tingkat netralitas terhadap Muhammadiyah sebesar 38%, tingkat simpati terhadap Muhammadiyah sebesar 35%, demikian pula tingkat kader Muhammadiyah sebesar 20%.

Supplement Files

Keywords
Student Perception, Muhammadiyah, Cadre Education
  1. Ali, M. (2016). Membedah Tujuan Pendidikan Muhammadiyah. Profetika: Jurnal Studi Islam, 17(01), 43–56. https://doi.org/10.23917/profetika.v17i01.2099
  2. Arifin, Z., & Yu’timaalahuyatazaka, Y. (2017). Persepsi Santri dan Kiai terhadap Pluralisme Agama di Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) dan Aswaja Nusantara Yogyakarta. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 17(1), 179–203. https://doi.org/10.21154/altahrir.v17i1.722
  3. Dartim, D., & Afianto, D. (2016). Muhammadiyah dan gerakan pencerahan. Tajdida: Jurnal Pemikiran Dan Gerakan Muhammadiyah.
  4. Djazman, M. (1989). Muhammadiyah Peran Kader dan Pembinaannya.
  5. Fatimah, A., & Fuad, N. (2018). Purifikasi Dan Modernisasi Di Muhammadiyah Ranting Ulujami Jakarta Selatan, 9(1), 47–58.
  6. Hendra, F. (2013). Persepsi Mahasiswa terhadap Proses Pembelajaran Kemahiran Bahasa (Mata Kuliah Kemahiran Bahasa Arab di Program Studi Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Al Azhar Indonesia). JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 2(1), 66–86. https://doi.org/10.36722/sh.v2i1.118
  7. Huda, M., Ikhwan, A., Khoirurrijal, K., Dacholfany, M. I., Susminingsih, S., Hashim, A., … Muhamad, N. H. N. (2019). Empowering Learning Ethics Culture in Islamic Education. In Global Perspectives on Teaching and Learning Paths in Islamic Education (pp. 244–267). https://doi.org/10.4018/978-1-5225-8528-2.ch013
  8. Ikhwan, A., Ju’subaidi, Rohmad, A., & Muawanah, E. (2019). Development of Curriculum Keaswajaan (Nahdlatul ‘Ulama) in Character Formation. In Global Perspectives on Teaching and Learning Paths in Islamic Education (pp. 92–117). IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-8528-2.ch006
  9. Jurdi, S. (2011). Muhammadiyah dalam Dinamika Politik Indonesia 1966-2006. Tajdida, 9(1), 127–132.
  10. Lestari, M. D. (2017). Perkaderan Intelektual Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo. Tajdida, 15(1), 38–48.
  11. Listiowaty, E. dan M. M. (2019). STRATEGI PENGEMBANGAN KARAKTER DALAM KEGIATAN KEPANDUAN HIZBUL WATHAN (HW) Studi Kasus pada Sekolah Dasar Muhammadiyah 5 Kebayoran Baru. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 103–110. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.4.2.103-110
  12. Lubis, Y. A. (2010). Pendidikan Politik Muhammadiyah Studi: Analisis Filosofis.
  13. Mas’ulil Munawaroh dan Abdul Muhaimin. (2019). Korelasi antara Perencanaan pembelajaran dengan Hasil Belajar di SMP Baburrohmah Mojosari Mojokerto 2017-2018. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 310–327.
  14. Mesra, Adek Cerah Kurnia Azis, W. W. A. (2013). Kontribusi Motivasi Belajar dan Lingkungan Tempat Tinggal terhadap Hasil Belajar Mahasiswa jurusan Seni Rupa Universitas Negeri Medan.
  15. Nursikin, M. (2016). STRATEGI MUHAMMADIYAH MEMBANGUN MASYARAKAT MASA DEPAN: REFLEKSI HISTORIS-KRITIS PENDIDIKAN NASIONAL. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–27. https://doi.org/10.24269/ijpi.v1i2.170
  16. Pinaryo. (2014). Persepsi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo terhadap Program Kewirausahaan Mahasiswa. Aristo, 2(2), 53–56.
  17. Rusydi, S. R. (2016). Peran Muhammadiyah Konsep pendidikan dan Tokoh. Tarbawi, Vol. 1(2), 139–148.
  18. Sri Wahyuni, Nuraini, N. A. (2018). Strategi Pendidikan Unggul Berbasis Organisasi di Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Ponorogo. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 97–110. https://doi.org/10.24269/ijpi.v3i2.1502
  19. Sulistiono, A. (2018). PROGRAM KADERISASI PEMUDA PIMPINAN ANAK CABANG IKATAN. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 7(2), 673–684.
  20. Suwarno. (2012). Analisis Sikap Pustakawan Referensi Dalam Melayani Mahasiswa Di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Semarang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(1 Seri A).
  21. Syarifudin, f. A., Ikhwan, A., Tantowi, A., Hubur, A. A., & Susilawati, S. (2020). Determinant factor of personality changes in education. Journal of Critical Reviews, 7(17), 518–524. https://doi.org/10.31838/jcr.07.17.72
  22. Tahir, G. (2010). Muhammadiyah (Gerakan Sosial Keagamaan dan Pendidikan). Jurnal Adabiyah, 10(2), 160–169.
  23. Tantri Puspita Yazid dan Ridwan. (2017). PROSES PERSEPSI DIRI MAHASISWI DALAM BERBUSANA MUSLIMAH. Jurnal An-Nida’ Jurnal Pemikiran Islam ISSN, 41(2), 193–201.

Full Text: Supp. File(s):
Supplement File
Subject
Type Research Instrument
  Download (82KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2020-08-15
Published: 2020-10-27
Section: Table of Contents
Article Statistics: