Supervision Planning at Islamic Education Institutions: Google Scholar Library Studies and Mendeley's Reference Manager

Imron Muttaqin

Abstract


Supervision management is an important quality control mechanism to ensure education quality; this article provides an overview of the research findings concerning supervision management within Islamic education institution. This article divides the research findings broadly in two categories; “supervision planning”, supervision implementation and evaluation”. A qualitative approach used to understand the phenomena that occur, the data collected by reviewing and analyzing the literature sources using google scholar and Mendeley reference manager. The content analysis used to analyze supervision planning, implementing, and evaluating, which interprets as a method of analyzing the contents of the result. The research findings are; 1) supervision planning carried out with establishing the object, describing the purpose, needs identification, establishing the right indicator, determining an instrument, implementing, and following up 2) Implementation of supervision in Islamic Education Institutions using observation, managerial skill, using individual or group techniques, assessment and evaluation skill, and communication skills. For further research recommended, discuss the implementation of the supervision use Closed Circuit Television (CCTV) or integrated e-learning website.

Manajemen supervisi merupakan mekanisme kendali mutu yang penting untuk menjamin mutu pendidikan; Artikel ini memberikan gambaran tentang temuan penelitian tentang manajemen supervisi di lingkungan institusi pendidikan Islam. Artikel ini membagi temuan penelitian secara luas menjadi dua kategori; “Perencanaan supervisi”, pelaksanaan supervisi dan evaluasi ”. Pendekatan kualitatif digunakan untuk memahami fenomena yang terjadi, pengumpulan data dilakukan dengan mereview dan menganalisis sumber pustaka menggunakan google scholar dan pengelola referensi Mendeley. Analisis isi digunakan untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pengawasan yang diartikan sebagai metode menganalisis isi hasil. Temuan penelitian adalah; 1) Perencanaan supervisi dilakukan dengan menetapkan objek, mendeskripsikan tujuan, mengidentifikasi kebutuhan, menetapkan indikator yang tepat, menentukan instrumen, melaksanakan, dan menindaklanjuti 2) Pelaksanaan supervisi di Lembaga Pendidikan Islam dengan observasi, keterampilan manajerial, menggunakan individu atau teknik kelompok, keterampilan penilaian dan evaluasi, dan keterampilan komunikasi. Untuk penelitian selanjutnya disarankan membahas pelaksanaan supervisi menggunakan Closed Circuit Television (CCTV) atau website e-learning terintegrasi.

Keywords


Supervision Management, Islamic Education, Google Scholar, Library Studies, Mendeley

References


Abrori, M. S., & Hadi, M. S. (2020). Integral Values in Madrasah: to Foster Community Trust in Education. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 160-178.

Alex Sabour, Semiotika Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006, cetakan ketiga, p.197-198.

Amat Mukadis, 2003, Statistik Pendidikan, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum, p.41.

Ametembun, N. A, Supervisi untuk Perbaikan Pengajaran di Sekolah Dasar dan Menengah, IKIP Bandung, Terbitan Kedua, 1981, p.260.

Arikunto, Suharsimi, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2007, cetakan kedua, p.82.

Black, James Menzies, the Basic of Supervisory Management; Mastery the Aert of Effective Supervison. Mc. Grwa-Hill, Kogakusha, 1975.

Burhanuddin, dkk, 2007, Supervisi Pendidikan dan Pengajaran (Konsep, Pendekatan & Penerapan Pembinaan Profesional). FIP Universitas Negeri Malang, p.129.

Busono, Merdiati, Diagnosis dalam Pendidikan, Jakarta: Depdikbud, Dirjen Perguruan Tinggi, 1988, p.1

Bafadhol, I. (2017). Lembaga Pendidikan Islam Di Indoesia. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam.

Calorina, G., & Hasbullah, D. (2020). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas, Motivasi Kerja, Iklim Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMKN. JURNAL SIPATOKKONG BPSDM SULSEL.

Daryanto, Evaluasi Pendidikan, PT. Rineka Cipta, Bandung, 1999, p.2.

Davys, A. M., & Beddoe, L. (2016). ‘Going Live’: An Exploration of Models of Peer, Supervisor Observation and Observation for Assessment. Practice, 28(1), 3-20.

Indonesia, T. R. K. B. B. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Ghoni, M. Djunaidi, Penelitian Tindakan Kelas, UIN-Malang Press, 2008, p.6.

Harahap. S, Sofyan, Sistem Pengawasan Manajemen (Management Information System), Jakarta: PT. Pustaka Kuantum, 2002, cetakan kedua, p.149.

Hilgert, Supervision, Concept and Practices of Management, Cincinnati, South-Western Publishing. Co,.

Ikhwan, A. (2019). Sistem Kepemimpinan Islami: Instrumen Inti Pengambil Keputusan pada Lembaga Pendidikan Islam. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 111-154.

Ismail, B. (2014). Supervisi akademik pengawas sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T)(studi multisitus pada UPTD Kecamatan Elar dan UPTD Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur,(NTT) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Jacobsen, David, etc, Methods for Teaching, A A Skill Approach, Ohio: Merril Publishing, 1989, Third Edition, p.235.

Effendi, Onong Uchjana, Komunikasi, Teori dan Praktek, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1998, p.32.

Hadi Sumarsono, & Sriwidodo, U. (2010). Pengaruh Supervisi, Motivasi Dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Guru Di SMA Negeri 1 Karanganyar. Jurnal Manajemen Sumberdaya Manusia.

Hardono, Haryono, A. Y. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah , Supervisi Akademik , dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Unnes.

Hasanati, H., Akram, A., & Irwan, M. (2017). Pengaruh Tindakan Supervisi, Kompleksitas Tugas dan Profesionalisme Auditor terhadap Kepuasan Kerja Auditor. Jurnal Akuntansi Dan Investasi. https://doi.org/10.18196/jai.18158

Ira, M. (2015). Sistem Pendidikan di Indonesia: antara keinginan dan realita. Jurnal Auladuna.

MEI OKPRINA, D. I. R. K. A. (2014). Strategi Komunikasi Pengawas Pendidikan Menengah Di Lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4).

Murniasih, Y., Djuniadi, D., & Rahardjo, T. J. (2016). Pengaruh Supervisi Akadmik, Komunikasi Iinterpersonal dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Jepara. Educational Management, 5(2), 148-155.

N, A. Ametemben, Supervisi Pendidikan, Penuntun Bagi Para Penilik, Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru, Bandung: Penerbit SURI, 1981.

N. Awangga, Suryaputra, Desain Proposal Penelitian, Jogjakarta: Pyramid Publisher, 2007, p.134.

Nasution, W. N. (2016). Kepemimpinan pendidikan di sekolah. Jurnal Tarbiyah, 22(1).

Mohd Yusuf Ahmad. (2013). Konsep Pendidikan Islam. Pengajian Islam.

Mujahidin, M. (2017). Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Terhadap Kinerja Guru Mata Pelajaran IPA di SMPN Tungkal Jaya. Biota. https://doi.org/10.20414/jb.v10i1.20

Pendidikan, B. S. N. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Peterson, A. D. C, Techniques of Teaching, New York: Pergamon Press, 1965, vol. 2, p.88.

Piet A. Sahertian, Konsep Dasar & Tehnik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumberdaya Manusia, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2000, p 18.

Purwanto, M. Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007. Cetakan Ketujuhbelas, p.85.

Rifaldi Muhammad Aldi, R. N. (2014). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kepuasan kerja guru di smk adb invest se-kota surabaya. Jurnal Inspirasi Manjemen Pendidikan.

Ruhiyat, M. Y. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Supervisi Pengawas Madrasah terhadap Kinerja Guru untuk Mewujudkan Mutu Pendidikan di Madrasah. Jurnal Pendidikan Universitas Garut.

Rohiat, Manajemen Sekolah, Teori Dasar dan Praktik dilengkapi dengan contoh Rencana Strategis dan Rencana Operasional, Bandung: PT. Refika Aditama, 2008, p.118.

Rosidah, R., Rabbani, M. D., & Subky, B. H. (2020). Madrasah Head of Leadership Style with Performance Teachers. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 179-191.

Syarif, H. M. (2011). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Media Akademika.

Salabi, A. (2015). Hubungan Perilaku Pengawas, Keterampilan Manajerial Kepala Marasah dan Motivasi Berprestasi Guru dengan Efektifitas Organisasi Madrasah Aliyah Se-Kota Banjarmasin. Management of Education, 1(2).

Soetopo, 2006, Supervisi Klinis, Kerjasama Pemerintah Lumajang dengan Universitas Negeri Malang, p.7.

Sugiyanti, S., & Narimo, S. (2016). Pengelolaan supervisi akademik oleh kepala sekolah di SD Negeri 6 Putatsari Grobogan. Manajemen Pendidikan, 11(1), 75-82.

Sukarno, A., & Sarjono, Y. (2015). Pengelolaan Supervisi Klinis (Studi Kasus di SMKN 1 Karangayar). Jurnal VARIDIKA, 27(1), 10-22.

Sutapa, M. (2006). Membangun komunikasi efektif di sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan UNY, 112720

Terry, George, Programmed Learning For Supervision, USA: Illionis, Richard D. Irwin, 1982.

The Concise Oxford Dictionary, 2001, CD-ROOM

Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Indonesia, P. R. (2005). Undang-undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Indonesia, P. R. (2009). Undang-undang Republik Indonesia nomor 9 tahun 2009 tentang Badan Hukum Pendidikan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Virgana, V. (2015). Kepuasan Kinerja Guru Matematika Ditinjau dari Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i1.135

Yaqin, N. (2016). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Madinah: Jurnal Studi Islam.

Yin, Robert, K. Studi Kasus dan Metode, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002(1), 70.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ijpi.v5i2.2847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Imron Muttaqin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.