IMPROVING THE UNDERSATNDING OF THE GEOMETRIC SHAPES THROUGH GEOBOARD (CLASSROOM ACTION RESEARCH IN GROUP B TK AL-WAFA, SAWANGAN, KOTA DEPOK, 2017)

Nur Aini Zaida* -  Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI : 10.24269/jin.v3i2.1067

The purpose of this research is to explain the process and the result by using geoboard in improving the form of the children in group B TK Islam Al-Wafa, Sawangan, Depok in 2017. This research method using action research method. The research method used is Kemmis & Taggart action research model which consists of: (a) planning, (b) action and observation, and (c) reflection. The instruments used in this research are observation, interview, and documentation. The data scores of children's understanding of geometric shapes were analyzed using quantitative and qualitative approaches. Wake shows the child's understanding of geometric shapes has increased. When the pre-test of understanding of the child to the geometry shapes significantly 56.16% and in the first cycle to 66.33%. Score on the second cycle increased approximately 13.33% and got a score of 79.66%. B TK Islam Al-Wafa, Sawangan, Depok in 2017, (2) the understanding of geometry on the group of children of B TK Islam Al-Wafa, Sawangan, Depok in 2017 increased from pre cycle to first cycle and second cycle.

  1. Agung Triharso, Permainan Kreatif dan Edukatif Untuk Anak Usia Dini (Yogyakarta: Andi Ofset, 2013).
  2. Anita Yus, Perkembangan Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak (Jakarta: PT.Kencana Prenada Media Group, 2011).
  3. Burung J, Matematika Dasar Teori & Aplikasi (Alih bahasa Refina Andriasari), (Jakarta, Erlangga, 2002).
  4. Claudia Eliason, Loa Jenkins, Panduan Praktis Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, (Pearson, 2008).
  5. Carmen S.Brown, Mengajar Matematika Anak, April 2009, Volume 15, Edisi 8, h.474
  6. Carol Seefeldt & Barbara A Wasik, Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat dan Lima Tahun Masuk Sekolah (Indeks 2006).
  7. Daitin Tarigan, Pembelajaran Matematika Realistik, (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Pendidikan & Ketenagaan Perguruan Tinggi, 2002).
  8. David Hopkins, Panduan Guru untuk Penelitian Kelas (Edisi Ketiga) (Philadelphia: Open University Press, 2002).
  9. Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Jakarta: Balai Pustaka, 2000).
  10. Diane Trister Dogde dan Laura J Chokker. Kurikulum Kreatif untuk Anak Usia Dini (Washington DC, 2000)
  11. Ekawarna, Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi) (Jakarta: Referensi GP Press Group, 2013).
  12. Ellen C.Frede dan W. Steven Barnett, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Di Prasekolah "Institut Nasional untuk Penelitian Pendidikan Dini 2009/19.
  13. Ernest T.Stringer, Penelitian Tindakan-Edisi Ketiga (California: Sage Publication, Inc, 2007).
  14. Fergusen O Hughes, Bermain dan Pengembangan Anak (Editone 4) (Usa; Sage Publication, 2010).
  15. Frank D'Angelo, Mengajar Matematika untuk Anak Muda Melalui Penggunaan Manipulatif Beton dan Virtual, Jurnal Pendidikan Matematika 03/12/2012.
  16. Geoffrey EMills, Action Researc; Panduan untuk Peneliti Guru (New Jersey: Prentice-Hall Pearson Inc, 2000).
  17. George S. Morison, Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini.
  18. John G. Nicholls, Etos Kompetitif dan Pendidikan Demokratis (Amerika Serikat, Harvard Collage, 1989).
  19. Jo An Brewer, Pendidikan Dini Dini Preschool Thourh Primary Grades (A Pearson Education Inc, 2007)
  20. Josep N Payne, Matematika untuk Anak Muda (New York: The National Council of Theacher of Mathematics Inc, 1993).
  21. Ika Rifqiawati, Terampil Matematika (Surabaya Al Maktabah, 2011).
  22. Kenneth A.Lane, Mengembangkan Kecerdasan Motorik dan Kecakapan Visual Perceptual: Suatu Kegiatan Buku Wajan (New York: Slack Incorporated, 2005).
  23. Lestari KW, Matematika, (Jakarta.Departemen Pendidikan & Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan AUD Nonformal & Informal, Direktorat Pembinaan AUD, 2011).
  24. Lexy. J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010).
  25. Martini Jamaris, Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak, (Jakarta: Grasindo, 2006).
  26. M. Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran (Jakarta, Remaja Rosda Karya)
  27. MK Mandal, MB Bulman-Fleming, G. Tiwari, Sisi Bias: Perspektif Neuropsikologis (Dordrecht, Belanda: Kluwer Academic Publisher, 2000).
  28. Myrnawati Crie Handini, Metodologi Penelitian Untuk Pemula (Jakarta: FIP Press, 2012).
  29. Rika Izzaty, Siti Partini Suardiman, Yuli Ayriza, Purwandari, Hiryanto, & Rosita E.Kusmaryani (2008). Perkembangan Peserta Didik, Yogyakarta: UNY Press.
  30. Rosalind Charlesworth dan Karen K.lind. Matematika & Sains untuk Anak Muda, edisi ke 7 (Kanada: Cengage Learning, 2011).
  31. Rusli Yatiningsih dan Maryadi "Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Ada Pokok Bahasan Geometri Melalui Media Geoboard" Jurnal Nasional FKIP UNS 2010.
  32. Sally, Moomaw, 2015, Menganggap Tingkat Kesulitan Permainan Dewan Matematika untuk Anak Muda, Jurnal Penelitian Pendidikan Anak, Vol 29, hal. 492-509.
  33. Schandrett, H (2008). Menggunakan Geoboards Dalam Matematika Primer: Going ... Going ... Gone? Australian Primary Mathematics Classroom, 13 (2), 29-32.
  34. Slamet Suyato, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, 2005).
  35. Stephen P.Robbins, Timothy A, Hakim, Perilaku Organisasi (Edisi 12) (New Jersey; Pearsson Education, 2008).
  36. Steven Tipps, Art Johnson, Leonard M. Kenndy, Mempandu Pembelajaran Childeren tentang Matematika, Ed ke-11 (Kanada: Cengage Learning, 2010).
  37. Susan Sperry Smith, Matematika Anak Usia Dini (Pearson Education 2009).
  38. Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen (Bandung: PT Alfabeta, 2013)
  39. Soenardi Djiwandono, Tes Bahasa Pegangan bagi Pengajar Bahasa Edisi 2 (Jakarta: PT.Indeks, 2011) h. 168.
  40. Sugiyono, Statistika untuk Penelitian (Bandung: Alfabeta, 2010).
  41. Suwarsih Madya, Penelitian Tindakan (Action Research) (Bandung: Alfabeta, 2011).
  42. Terry McMorris, Akuisisi dan Kinerja Keterampilan Olahraga (Sussex Barat, Inggris: John Wiley and Sons Ltd, 2004).
  43. Tommy Suprapto, Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi (Yogyakarta: MedPress, 2009).
  44. Terry McMorris, Akuisisi dan Kinerja Keterampilan Olahraga (Sussex Barat, Inggris: John Wiley and Sons Ltd, 2004).
  45. Wendy Koza dan Jonede Smith, Mengelola Kelas Anak Usia Dini (Calrifornia: Shell Education, 2001).
  46. Yudha M Saputra Dan Rudyanto, Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatan Keterampilan Ana k TK, (Jakarta: Depdikbud, 2005)
  47. Depi Dwi Winasis. (2012). Alat Peraga Papan Berpaku. Diakses dari http://coretantangann.blogspot.com/2012/04/alat-peraga-papan berpakugeoboard.html. Pada tanggal 7 November 2016, Jam 13.00 WIB.
  48. Standar Matematika DoDEA Pre-Kindergarten melalui Grade 8 dari web http://www.dodea.edu/curriculum/mathematics/standards.cfm diakses tanggal 9 oktober 2016.
  49. Lisa Nolan, Montesori & Manfaat Geoboard, http // montessoriconfesion.blogspot.com / 2104/04 / montessori-manfaatd-of-geoboard.html diakses 2 november 2016.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2018-07-04
Published: 2018-09-06
Section: Artikel
Article Statistics: