Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pelayanan Publik melalui Metode Virtual Learning

Yuni Lestari* -  Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Agus Prastyawan -  Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Dian Arlupi Utami -  Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Noviyanti Noviyanti -  Universitas Negeri Surabaya
Gading Gamaputra -  Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v8i2.2510

Perkembangan industri 4.0 yang tak dapat dibendung menjadikan metode pembelajaran berbasis digital menjadi tuntutan baru dalam dunia pendidikan. Melalui media pembelajaran digital yang bervariatif dan menarik diharapkan dapat meningkatkan minat dan pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah Pelayanan Publik. Metode v-learning sebagai salah satu solusi bagi pengajar atau dosen dalam melakukan perkuliahan secara virtual atau dengan kata lain perkuliahan tidak harus dilakukan secara konvensional di ruang kelas.

Dalam penelitian pengembangan v-learning Matakuliah Pelayanan Publik menggunakan metode penelitian ADDIE. Metode penelitian tersebut dengan mengedepankan 5 (lima) tahapan, yang meliputi: Analyze (analisis), Design (desain), Develop (pengembangan), Implement (pelaksanaan), dan Evaluate (evaluasi). Dengan menggunakan metode tersebut, maka langkah-langkah penelitian yang akan diambil oleh peneliti adalah (1) Merancang Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang berisi rancangan kegiatan dan perkuliahan v-learning yang akan diberikan kepada mahasiswa; (2) Peneliti membuat v-learning untuk perkuliahan; dan (3) Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan akhirnya disusunlah laporan penelitian ini serta tersusunnya laporan penelitian. Data yang telah dihasilkan selanjutnya dianalisis secara deskriptif menggunakan tabel, grafik, dan pemaparan data yang dikolaborasikan dengan konsep maupun penelitian terdahulu.
Keywords
Virtual learning; innovative learning; method of ADDIE
  1. Branch, Maribe Robert. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. University of Georgia. Diakses pada tanggal 03 Mei 2019 melalui alamat surel: https://books.google.co.id/
  2. Denhardt, Janet V. dan Denhardt, Robert B. 2002. “The New Public Service (Serving, not Steering)”. M.E. Sharpe: New York
  3. Rinaldi, Rudi. 2012. “Analisis Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada Biro Umum Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara)”. OJS UMA Vol. 1 No. 1 Juni 2012. Diakses pada tanggal 3 Mei 2019 melalui alamat surel: http://ojs.uma.ac.id/index.php/adminpublik/article/download/945/955
  4. Munawaroh, Isniatun. 2005. “Virtual Learning dalam Pembelajaran Jarak Jauh”. Majalah Ilmiah Pembelajaran Vol. 1 No.2. Diakses pada tanggal 3 Mei 2019 melalui alamat surel: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/Virtual%20Learning%20dalam%20Pembelajaran%20Jarak%20Jauh.pdf
  5. Sinambela, Lijan Poltak. 2014. “Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi”. Bumi Aksara: Jakarta
  6. Widarto. 2019. “Model Pendidikan Vokasi yang Efektif dan Efisian”. Diakses pada tanggal 3 Mei 2019 melalui alamat surel: http://staffnew.uny.ac.id/upload/131808327/penelitian/Model+Pendidikan+Vokasi.pdf
  7. Sari, Indah Purnama. 2018. “Implementasi Model ADDIE dan Kompetensi Kewirausahaan Dosen Terhadap Motivasi Wirausaha Mahasiswa”. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan Vol. 6 No. 1 Hal. 83-94. Diakses pada tanggal 3 Mei 2019 melalui alamat surel: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jepk
  8. Yerusalem, Muhammad Rozi dkk. 2015. “Desain dan Implementasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh di Program Studi Sistem Komputer”. Diakses pada tanggal 3 Mei 2019 melalui alamat surel: https://jtsiskom.undip.ac.id/index.php/jtsiskom/article/view/12668
  9. Kamarni, Neng. 2011. “Analisis Pelayanan Publik terhadap Masyarakat (Kasus Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Agam”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 3 September 2011. Diakses pada tanggal 3 Mei 2019 melalui alamat surel: http://journal.unitas-pdg.ac.id/downlotfile.php?file=5.%20Analisis%20pelayanan%20publik%20terhadap%20masyarakat%20_kasus%20pelayanan%20kesehatan%20di%20kabupaten%20agam_.pdf
  10. Winangun, Kuntang. 2017. “Pendidikan Vokasi sebagai Pondasi Bangsa Menghadapi Globalisasi”. Diakses pada tanggal 3 Mei 2019 melalui alamat surel: http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi/article/view/1493
  11. Trisiana, Anita dan Wartono. 2016. “Desain Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui ADDIE Model Untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa di Universitas Slamet Riyasi Surakarta. PKn Progresif, Vol. 11 No. 1 Juni 2016. Diakses pada tanggal 15 Agustus 2017 melalui alamat surel: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/progresif/article/download/9728/7182
  12. Tegeh, I Made dan Kirna, I Made. 2013. “Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model”. Jurnal IKA Vol. 11, No. 1. 2013. ISBN: 1829-5282. Diakses pada tanggal 15 Agustus 2017 melalui alamat surel: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145/1008

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-03-13
Published: 2020-03-25
Section: Artikel
Article Statistics: