STRATEGI BELAJAR SISWA PARTISIPAN KOMPETISI BAHASA INGGRIS

Niken Reti Indriastuti* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v5i2.495

Keikutsertaan siswa-siswa sekolah dari tingkat sekolah dasar sampai dengan sekolah lanjutan atas di Kabupaten Ponorogo dalam berbagai kompetisi Bahasa Inggris dari tahun ke tahun cukup menggembirakan. Kemampuan mereka dalam menampilkan kecakapan berbahasa Inggris lewat lomba storytelling, speech, dan reading news rata-rata cukup bagus bahkan ada yang sangat bagus. Keberhasilan mereka tentu saja dipengaruhi olah banyak faktor dan salah satunya adalah strategi pembelajaran yang mereka gunakan dan yang dipakai oleh guru pembina  ketika melatih mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pembelajaran bahasa siswa partisipan kompetisi Bahasa Inggris  dan guru pembina siswa tersebut ketika melakukan latihan. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan subyek sejumlah siswa dan guru SMP dan  SMA di Kabupaten Ponorogo yang aktif berpartisipasi dalam berbagai kompetisi Bahasa Inggris. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi sedangkan analisa data menggunakan model Miles dan Huberman dengan langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil data yag diperoleh menunjukkan bahwa para siswa partisipan lomba bahasa Inggris di Ponorogo menerapkan seluruh jenis strategi baik direct maupun indirect strategi.

Kata Kunci: strategi pembelajaran, kompetisi Inggris
Keywords
strategi pembelajaran; kompetisi Inggris
Full Text:
Article Info
Submitted: 2017-05-31
Published: 2017-07-28
Section: Artikel
Article Statistics: