Development of Work-Based Skills Competence Test Model For Vocational High School Student on Internship Program

Kusmini Kusmini -  Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
Budi Santosa -  Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
Pramudita Budiastuti -  Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
Fatwa Tentama* -  Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
Esfan Sofyan -  Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v9i1.2486

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model uji kompetensi perbankan syariah yang layak diimplementasikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kompetensi keahlian perbankan syariah. Model uji kompetensi yang dimaksud adalah uji kompetensi yang memadukan antara proses pembelajaran di dunia industri melalui Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan uji kompetensi yang dilaksanakan di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) yang dikembangkan oleh Borg & Gall dan dimodifikasi oleh Sukmadinata, yang terdiri dari tahap pendahuluan, pengembangan dan pengujian. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Cilacap, dan enam tempat PKL yaitu, Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Gunung Slamet, BPRS Suriyah, Baitul Mal waTamwil (BMT) Muhammadiyah, BMT Mentari Umat, BMT BEST, dan BMT Syariah Manfaat. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi terlibat, dan dokumentasi di SMK Muhammadiyah 1 Cilacap dan enam tempat PKL yang terdiri dari 2 BPRS dan 4 BMT di Kabupaten Cilacap. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa model uji kompetensi keahlian  berbasis kerja siswa SMK dengan nama model UKKPBS, sangat  layak  dan efektif diterapkan pada SMK kompetensi keahlian perbankan Syariah.

Abstract

This study aims develop a model for assessments in the area of sharia banking for Vocational High School (SMK) students. The proposed competency assessment model in this study refers to the combination of the learning process in the industry through apprenticeship (PKL) and assessments carried out in schools. This research uses a research and development method developed by Borg & Gall and modified by Sukmadinata, which consists of preliminary, development, and testing stages. This research employed a research and development method developed by Borg & Gall and modified by Nana Syaodih Sukmadinata, which consists of preliminary, development, and testing stages. This research was conducted at SMK Muhammadiyah 1 Cilacap and six locations of PKL, namely, Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Gunung Slamet, BPRS Suriyah, Baitul Mal Wa Tamwil (BMT) Muhammadiyah, BMT Mentari Umat, BMT BEST, and BMT Syariah Manfaat. Data collection was carried out through in-depth interviews, participatory observations, and documentation at SMK Muhammadiyah 1 Cilacap and six PKL places consisting of 2 BPRS and 4 BMT in Cilacap Regency. The results show that the discovery of work-based assessment models on vocational students with the name of the UKKPBS model, very feasible and effective to be applied applied to vocational competencies of sharia banking expertise

Supplement Files

Keywords
Competency-based assessment, sharia banking, SMK
  1. REFERENCES
  2. Kemendikbud. (2018). Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta. Direktorat Pembinaan SMK.
  3. Muksin, A. (2019). Pengembangan Model Uji Kompetensi Akuntansi Untuk Menghasilkan Lulusan Yang Siap Kerja. Jakarta. Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPI Y.A.I.
  4. Muljono, P. (2006). Kajian Relevansi Kurikulum SMK dengan Kebutuhan Pengembangan.
  5. Purwana, B. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Kejuruan Dengan Model Sistemik. Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Mesin FT UNY.
  6. Santosa, B. & Sulisworo, D. (2018). Work Based Assessment at Vocational High School in Indonesia. International Journal of Research Studies in education, 8 (1), 89-98.
  7. Teknologi Masa Depan di Indonesia. Bogor. Departemen SKPM- FEMA IPB.
  8. Wahzudik, N. (2018). Kendala dan Rekomendasi Perbaikan Pengembangan Kurikulum di Sekolah Menengah Kejuruan. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 6(2), 87-97.

Full Text: Supp. File(s):
DEVELOPMENT OF WORK-BASED SKILLS COMPETENCE TEST MODEL FIELD OF SHARIA BANKING IN VOCATIONAL HIGH SCHOOL
Subject
Type Other
  Download (95KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2020-03-03
Published: 2021-01-30
Section: Artikel
Article Statistics: