Menggali Bakat Mahasiswa ESP dengan “English Talent Competition”

Siti Asiyah

Abstract


Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang sangat penting untuk dikuasai dalam era globalisasi dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) saat ini. Terlebih bagi kaum akademisi yang notabene membutuhkan peningkatan keilmuan dari segala bidang. Peneliti yang merupakan praktisi ESP selama delapan sebagai Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Universitas Muhammadiyah Ponorogo pada saat penelitian ini berlangsung  merasa perlu mengungkap lebih dalam dan ingin mendeskripsikan program yang dirasa mempunyai signifikansi pada penggalian bakat berbahasa Inggris mahasiswa ESP (English for Specific Purposes) yang ada di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Adapun yang disebut mahasiswa ESP di sini adalah mahasiswa non-program studi pendidikan Bahasa Inggris seperti prodi akuntansi, ilmu pemerintahan, komunikasi, keperawatan, kebidanan, informatika, dan lain-lain yang mendapatkan mata kuliah Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu sesuai dengan bidang ilmunya. Berbagai program telah dicanangkan dalam rangka peningkatan SDM yang berkaitan dengan penguasaan Bahasa asing khususnya Bahasa Inggris diantaranya adalah English Learning Day, Video Field Trip, English Community, dan English Talent Competition. Namun pada penelitian ini, peneliti hanya ingin konsentrasi pada pelaksanaan English Talent Competition (ETC) yang telah berlangsung sebanyak tiga kali mulai tahun 2014 sampai dengan tahun 2016. Dari data yang ada, mulai dari banyaknya mahasiwa ESP yang berminat mengikuti lomba, kualitas kompetensi atau ketrampilan berbahasa Inggris yang ditunjukkan oleh peserta saat tampil di panggung, respon peserta lomba dan mahasiswa ESP pada umumnya, komentar dari para pimpinan mulai dari ketua program studi, dekan dan jajaran rektorat, juri baik lokal maupun internasional, instruktur ESP, dan mahasiswa prodi Bahasa Inggris, menunjukkan bahwa ETC merupakan program yang sangat berkontribusi dalam penggalian bakat berbahasa Inggris mahasiswa ESP seperti speech, ESP presentation, news reading, singing English songs dan lain sebagainya.  Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan masukan pada pengelolaan ESP course dan bisa ditingkatkan ke level yang lebih tinggi dan lebih luas seperti English debate dan Olympiad pada tingkat regional dan bahkan nasional.

 

Keywords: Bakat Bahasa Inggris, Mahasiswa ESP, English Talent Competition (ETC)


Full Text:

PDF

References


Belcher, D. (2009) What ESP is and can be:An introduction . In D. Belcher (ed.), English for Specific c Purposes in Theory and Practice 1 – 20. Ann Arbor, MI: University of Michigan Press

Genius Edukasi. 2015. Faktor Penunjang Keberhasilan Belajar Bahasa Inggris. www.geniusedukasi.com

Hadi, Sutrisno. 1987. Metodologi Riset I. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM

McKay, S. L. (2012). Principles of teaching English as an international language. In Alsagoff, et al. (eds). Principles and practices for teaching English as an international language. New York and London: Routledge.

Moleong, Lexy J.2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Rosniah Mustaffa. (2006). The effects of culture on students' learning styles. 3L The Southeast Asian Journal of English Language Studies, 12, 83-94.

Sembiring, Immanuel. 2015. Pengertian Bakat dan Tes Bakat.

Sityamurti, Ayu. 2012. Divusi Inovasi Pembelajaran. Universitas Negeri Jakarta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.www.kompasiana.com


Article Metrics

Abstract view : 18 times
PDF - 9 times

DOI: http://dx.doi.org/10.2426/dpp.v6i2.%25y.pp%25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran

 

Creative Commons License
Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats