FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA MIN JANTI

Hadi Cahyono* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.2426/dpp.v7i1.1636

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan siswa sulit dalam belajar. Kerangka pemikiran penelitian ini adalah pembelajaran seharusnya siswa bisa konsentasi dan menjalani pembelajaran dengan baik. Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal siswa tidak boleh mengalami kesulitan belajar. Berawal dari hal tersebut perlu diketahui faktor-faktor kesulitan belajar siswa. Setelah diketahui faktor-faktor kesulitan tersebut maka akan dapat diambil rumusan penyelesainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Analisis data secara kualitatif digunakan untuk menganalisis data kualitatif. Data kualitatif yaitu data yang berupa informasi berbentuk kalimat yang memberikan gambaran tentang kesulitan belajar siswa, tingkat pemahaman terhadap suatu mata pelajaran (kognitif), proses pembelajaran berlangsung, pandangan atau sikap siswa (afektif), antusiasme, dan motivasi belajar. Kajian dipusatkan pada faktor-faktor kesulitan belajar siswa di kelas. Responden yang dipilih adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Janti Kecamatan Slahung. Metode pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mengikuti pola azas penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa di MIN Janti Slahung mengalami kesulitan belajar, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu faktor kurangnya motivasi dari guru, kurangnya minat mengikuti pelajaran karena kurangnya penggunaan alat peraga. Sedangkan faktor eksternal yaitu guru masih bingung menjalankan kurikulum yang berjalan, kurangnya buku-buku bacaan pendukung.
Keywords
learning difficulties; students of MIN Janti
  1. Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  2. Irham, M dan Wiyani.A.N. 2013. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  3. Mulyadi, 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta. Nuha Litera.
  4. Rahmah, dkk. 2013. Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XII IPS di MA Syarif Hidayatullah Pontianak. Pontianak.
  5. Slameto. 2005. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
  6. Sri, Anitah. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka Persada.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2019-03-28
Published: 2019-03-29
Section: Artikel
Article Statistics: 108 50