TBLT Three Phase Technique dalam Meningkatkan Kemampuan Listening TOEFL Preparation

Risqi Ekanti Ayuningtyas Palupi

Abstract


Listening merupakan salah satu kemampuan berbahasa reseptive yang memiliki peranan penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Namun pada kenyataannya masih banyak yang belum bisa menguasai keterampilan mendengarkan ini dengan baik. TOEFL merupakan salah satu jenis uji kompetensi berbahasa yang merupakan upaya dalam menstandardisasi penguasaan berbahasa. Listening merupakan salah satu dari bagian yang dirasa cukup sulit pada TOEFL tersebut.

Berdasarkan hasil pre-observasi yang dilakukan peneliti di Universitas Muhammadiyah Ponorogo, diketahui bahwa kemapuan Listening mahasiswa pada pembelajaran Listening for TOEFL Preparation masih kurang. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa hasil antara lain, nilai pre-test mahamahasiswa pada mata kuliah Listening for TOEFL Preparation masih dibawah standar yang ditetapkan pada  kriteria penilian TOEFL. Oleh karena itu diperlukan sebuah tehnik yang tepat untuk meningkatkan kemampuan listening mahasiswa sehingga dipilihlah TBLT Three Phase Technique sebagai tehnik yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan ini.

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui apakah TBLT Three Phase Technique dapat meningkatkan kemampuan listening mahasiswa Bahasa Inggris; 2) Langkah-langkah yang dilakukan dalam penggunaan TBLT Three Phase Technique untuk meningkatkan kemampuan listening mahasiswa Bahasa Inggris.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Peneliti mengadakan penelitian selama lima bulan pada mahasiswa semester 8 Prodi Bahasa Inggris, Fakultas Kepengajaran dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Peningkatan penguasaan kemampuan mendengarkan mahasiswa dapat pula dilihat dari hasil test yaitu pre-test adalah 68,3, post-test 1 adalah 75,4 dan post-test 2 adalah 87,4. Hasil penghitungan signifikansi kenaikan dilihat dari 5% dengan t table ( dari 23 mahasiswa adalah t obtained   2,02 adalah 4,6 dan 8,6 untuk .

Keywords


Listening, TBLT Three Phase Technique

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF - 28 times

DOI: http://dx.doi.org/10.2426/dpp.v6i2.1012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran

 

Creative Commons License
Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats