PRESENTASI DIRI PEKERJA RUMAH TANGGA PADA SITUS JEJARING SOSIAL FACEBOOK

Nuria Astagini* -  Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya, Tangerang Selatan, Indonesia

DOI : 10.24269/ars.v4i2.189

Abstrak

Pengguna situs jejaring sosial Facebook kini sudah merambah berbagai kalangan, mulai dari pemimpin negara, hingga para pekerja rumah tangga (PRT). Meski sering diasosiasikan sebagai kalangan kelas bawah, para pekerja rumah tangga  ini merupakan pengguna aktif situs jejaring sosial. Melalui metode penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam kepada informan yang berprofesi sebagai pekerja rumah tangga; diketahui bahwa mereka menggunakan situs jejaring sosial Facebook karena Facebook telah menjadi pengganti sahabat atau teman dekat yang mereka miliki di dunia nyata. Oleh karena itu penting bagi informan untuk menampilkan diri secara berbeda pada halaman profil Facebook mereka. Kedua informan mempresentasikan diri pada situs jejaring sosial ini sesuai dengan peran, naskah dan kostum mereka masing-masing.  Hal ini terlihat melalui berbagai konten yang mereka unggah, interaksi yang terjalin melalui halaman profil dan foto-foto yag ditampilkan pada profil mereka. Adapun terkait dengan profesi mereka sebagai PRT, keduanya sama-sama melemahkan stigma negatif dengan tidak mengasosiasikan profil mereka dengan profesi sebagai pekerja rumah tangga. Keberhasilan pengelolaan kesan pada panggung depan dinilai melalui tanda suka (like) dan komentar positif yang diberikan audience kepada informan. Bagi informan kedua hal ini merupakan bentuk perhatian dan penerimaan yang diberikan kepada mereka

Kata kunci:Pekerja Rumah Tangga, Domestik, Facebook, Situs Jejaring Sosial, Presentasi Diri, Dramaturgi

Keywords
Pekerja Rumah Tangga, Domestik, Facebook, Situs Jejaring Sosial, Presentasi Diri, Dramaturgi
  1. Bagaimana Industri Hiburan dapat Mendukung Sosialisasi Kerja Layak bagi Pekerja Rumah Tangga dan Penghapusan Pekerja Rumah Tangga Anak? (1st ed., p. 1). Retrieved from http://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public/---asia/---ro-bangkok/---ilo-jakarta/documents/publication/wcms_349660.pdf
  2. Creswell, J. & Creswell, J. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design. Thousand Oaks: Sage Publications
  3. Collett, Jessica L, dan Ellen Childs. (2009). Meaningful Performances: Considering The Contributions of The Dramaturgical Approach to Studying Family. University of Notre Dame.
  4. Eisenlauer, V. A critical hypertext analysis of social media
  5. Goffman, E. (1956) (1st ed.). Edinburgh: Social Science Research Centre University of Edinburgh. Retrieved from https://monoskop.org/images/1/19/Goffman_Erving_The_Presentation_of_Self_in_Everyday_Life.pdf
  6. Keough, C. (2015). Self Presentation on Fan Sites on Social media (Master). Gonzaga University. Keogh, C. (2015). Self Presentation on Fan Sites on Social media (Master). Gonzaga University.
  7. Kivisto, Peter dan Dan Pittman. (2007). Goffman’s Dramaturgical Sosiology. Augustana College: Amerika Serikat.
  8. Lembar Fakta tentang Pekerja Rumah Tangga di Indonesia (1st ed). Jalarta. Retrieved from http://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public/@asia/@ro-bangkok/@ilo-jakarta/documents/publication/wcm_041843.pdf
  9. Lestari, M. (2008). Tinjauan Psikologi Anak yang Bekerja sebagai Pekerja Rumah Tangga (Studi terhadap Pekerja Rumah Tangga BInaan LSM Perisai Ngaliyan Semarang) (Bachelor). Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang
  10. Naibaho, R. (2009). Pembantu Rumah Tangga (Studi Antropologi Perkotaan Tentang Pembantu dan Majikan) (Bachelor). FISIP Universitas Sumatera Utara.
  11. Patton, M. (2015). Qualitative Research and Evaluation Methods (4th ed.). Sage Publication.
  12. Pennington, R. (2015). Identity, connection, community: A Studi of the Uses and Gratifications of Muslin Tumblr Bloggers. (Ph.D). Indiana University.
  13. Profil Pengguna Internet Indonesia 2014. (2015) (1st ed.). Jakarta. Retrieved from https://beta.apjii.or.id/downfile/file/PROFILPENGGUNAINTERNETINDONESIA2014.pdf.
  14. Sunarto, Kamanto. (2000). Pengantar Sosiologi (edisi kedua). Jakarta. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
  15. Tech in Asia Indonesia - Komunitas Online Startup di Asia. (2016). Id.techinasia.com. Retrieved 1 May 2016, from https://id.techinasia.com/laporan-pengguna-website-mobile-media-sosial-indonesia
  16. Wilcox-Ugurlu, C. (2011). Social Media, Existence, Identity Dynamic and Experiental Comsumption.(Ph. D). University of Rhode Island

Full Text:
Article Info
Submitted: 2016-08-05
Published: 2016-08-05
Section: Artikel
Article Statistics: