GERAKAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR MELALUI TUTOR SEBAYA

Kemil Wachidah* -  Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Tri Linggo Wati -  Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI : 10.24269/adi.v2i2.971

Tujuan PKM ini adalah menumbuhkan minat literasi siswa MI Muhammadiyah Kedungbanteng melalui gerakan literasi dengan mengusung tutor sebaya. Tujuan tersebut untuk menjawab masalah dari rendahnya minat baca anak Indonesia pada umumnya, dan khususnya siswa MI. Muhammadiyah Kedungbanteng. Solusi yang ditawarkan ada 3 macam, yaitu 1) membentuk tim pustakawan cilik; 2) pelatihan membaca dengan speed reading; dan 3) pelatihan menulis melalui media Big Book.

Supplement Files

Keywords
Literasi, Tutor Sebaya, Speed Reading, Big Book
  1. Sumber: Litbang “Kompas”/STI, diolah dari Badan Pusat Statistik, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. World’s Literarte Nations dan pemberitaan “Kompas”.
  2. Gerakan Literasi Sekolah Wujudkan Nawa Cita. https://nasional.tempo.co/read/870509/gerakan-literasi-sekolah-wujudkan-nawa-cita. Di akses tanggal 03 Oktober 2017.

Full Text: Supp. File(s):
GERAKAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR MELALUI TUTOR SEBAYA
Subject Literasi, Tutor Sebaya, Speed Reading, Big Book
Type Research Instrument
  Download (3MB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2018-05-22
Published: 2019-02-24
Section: Articles
Article Statistics: