PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS VIII SMP Al IHSAN DAN SMP TASHFIA KOTA BEKASI

Aster Pujaning Ati* - 
Sigit Widiyarto - 
Nana Suyana - 

DOI : 10.24269/adi.v2i1.887

Abstrak

Pengajaran bahasa Indonesia terdiri dari beberapa aspek kemampuan berbahasa dan bersastra. Kemampuan berbahasa dan bersastra meliputi empat aspek keterampilan, yaitu keterampilan membaca, menulis, menyimak, dan berbicara, salah satu dari keempat keterampilan itu yakni keterampilan menulis. Keterampilan menulis tidak dapat diperoleh secara alamiah, tetapi melalui proses belajar mengajar. Karangan narasi merupakan suatu cara pengembangan paragraf yang dirangkai sesuai kronologinya dengan urutan awal, tengah, dan akhir. Karangan narasi lebih condong kepada tujuan untuk memperluas wawasan dan menghibur pembaca. Model pembelajaran Picture and Picture adalah suatu metode belajar yang menggunakan gambar dan dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan logis. Pembelajaran ini memiliki ciri Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Menyenangkan. Nilai Menulis Karangan Narasi Sebelum Penyuluhan 70.10 sedangkan Nilai Menulis Karangan Narasi Sesudah Penyuluhan 75.90
  1. Agung Leo. (2014). Sejarah Kurikulum. Jakarta : Penerbit ombak
  2. Alwasilah, C., Alwasilah, S. & Suzanna. (2007). Pokoknya Menulis, Cara Baru Menulis
  3. dengan Metode Kolaborasi. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.
  4. Anitah, S. (2009). Media Pembelajaran. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13
  5. FKIP UNS Surakarta.
  6. Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: CV Yrama
  7. Eko. Model Pembelajaran Picture and Picture. [Online].
  8. Iskandarwassid & Sunendar, D. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung:
  9. Rosdakarya.
  10. Keraf, G. (2007). Argumentasi dan Narasi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
  11. Nurgiyantoro, B. (1987). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta:
  12. Isyoni. (2007). Pembelajaran Visioner. Jakarta : Pustaka Pelajar
  13. Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:
  14. Angkasa.
  15. Widya. Hamid, M. S. (2011). Mendesain Kegiatan Belajar-Mengajar Begitu
  16. Menghibur, Metode Edutainment. Jogjakarta: Diva Press.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2018-02-15
Published: 2018-07-03
Section: Articles
Article Statistics: 74 96