PELATIHAN PENURUNAN WAKTU PRODUKSI DAN PENINGKATAN DAYA SIMPAN TELUR ASIN PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA ELDONA DAN RUMAH TELUR WAFA

Irfan Irfan -  Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
Jainal Arifin -  Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Indonesia
Muhammad Saukani* -  Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari, Indonesia

DOI : 10.24269/adi.v5i1.2782

Produsen Telur Asin “Eldona” dan “Wafa” merupakan mitra dalam proram pengabdian masyarakat ini. Mitra masih menggunakan metode pemeraman konvensional dalam memproduksi telur asin yang memerlukan waktu hingga 15 hari. Selain itu, umur simpan telur asin hanya mencapai 3 minggu. Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman baru kepada mitra ternik percepatan proses pengasinan dan perpanjangan umur simpan telur asin. Pendekatan yang dilakukan adalah memberikan pengetahuan tentang implementasi metode modifikasi osmosis untuk mempersingkat waktu pemeraman telur dan penerapan metode pengasapan untuk memperpanjang umur simpan produk telur asin. Mitra tidak hanya mendapatkan pengetahun secara teori tetapi juga langsung mempraktikan pengetahuan yang didapatkan. Penerapan metode modifikasi osmosis dapat mempercepat waktu produksi hingga 65% dibandingkan metode konvensional. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan mitra tentang metode modifikasi osmosis untuk mempersingkat waktu pemeraman telur.

Keywords
Fenol, Telur asin, Osmosis, Pemeraman.
  1. R. Samudera dan Abd. Malik, “Berbagai Media Pembuatan Telur Asin Terhadap Kualitas Organoleptik,” Al Ulum Sains Dan Teknol., vol. 4, no. 1, hlm. 46–49, Nov 2018.
  2. A. Nursiwi, P. Darmadji, dan S. Kanoni, “Pengaruh Penambahan Asap Cair Terhadap Sifat Kimia dan Sensoris Telur Asin Rasa Asap,” J. Teknol. Has. Pertan., vol. 6, no. 2, Agu 2013, doi: 10.20961/jthp.v0i0.13518.
  3. A. Jaelani dan M. I. Zakir, “Kualitas Organoleptik Telur Asin Asap dengan Lama Pengasapan yang Berbeda,” dalam Seminar Hasil Penelitian Dosen-Dosen UNISKA, Banjarmasin, Mei 2018, hlm. 215–230.
  4. R. Kastaman, Sudaryanto, dan B. H. Nopianto, “Kajian Proses Pengasinan Telur Metode Reverse Osmosis pada Berbagai Lama Perendaman,” J. Teknol. Ind. Pertan., vol. 19, no. 1, hlm. 30–39, 2005.
  5. M. Saukani, I. Irfan, dan A. Jaelani, “Penerapan Lemari Asap Terkontrol untuk Produksi Telur Asin Asap di Industri Rumah Tangga Eldona, Banjarbaru,” Panrita Abdi - J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 3, no. 2, hlm. 170–176, Okt 2019.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-06-26
Published: 2021-06-08
Section: Articles
Article Statistics: