KEGIATAN E-MARKETING KEWIRAUSAHAAN PRODUK MAKANAN LOKAL DESA SINAR PETIR KABUPATEN TANGGAMUS

Nukhbatul Bidayati Haka* -  universitas islam negeri raden intan lampung, Indonesia
Sofyan Ansori -  Fakultas Ushuludin Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
Nur Karisma Dewi -  Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
Reni Salsa Bilah -  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
Alek Pratama Haryanto -  Fakultas Ushuludin Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI : 10.24269/adi.v4i1.2208

Desa Sinar Petir kaya akan hasil alam, mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani. Hasil alam tersebut banyak dimanfaatkan menjadi produk yang bernilai ekonomis. Seperti kunyit dapat dijadikan bubuk kunyit alami, cake kunyit, keripik paruh daun singkong, nata de aloe vera. Kelompok Wanita Tani desa Sinar Petir merupakan kelompok yang mengelola permasalahan pertanian di desa Sinar Petir. Kelompok usaha ini merupakan mitra kegiatan pengabdian yang memiliki beberapa permasalahan tata kelola manajerial, antara lain: 1) pemasaran produk masih sangat sederhana belum merambah masyarakat luar daerah, 2) pengemasan produk yang kurang menarik belum tertera label merk dagang, 3) pemasaran belum memanfaatkan teknologi informasi sehingga produk hanya dapat dipasarkan di kecamatan setempat. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan kemampuan manajerial dan pemasaran pada kelompok wanita tani di desa sinar petir kecamatan talang padang, kabupaten tanggamus. Tujuan tersebut dicapai melalui pendampingan Kelompok Wanita Tani dibidang pembukuan/pengelolaan keuangan serta strategi marketing berbasis online (Facebook, Whatsapp, Instagram). Kelompok wanita tani ini bergerak dalam bidang pembuatan keripik paruh daun singkong, dan nata de aloevera. Pembuatan produk makanan lokal ini memberdayakan ibu-ibu rumah tangga di daerah sekitar yang ingin menambah pengetahuan dan penghasilan ibu-ibu anggota kelompok usaha tersebut. Pelatihan pemasaran online berbasis internet dilakukan dengan memberikan wawasan untuk memaksimalkan teknologi yang ada untuk memasarkan produk desa tersebut. Metode yang dipakai menggunakan penyuluhan dan pendampingan hingga kelompok wanita tani memiliki pembukuan yang rapih dan memiliki toko online di media sosial.Hasil kegiatan membawa implikasi  peningkatan pengetahuan dan keterampilan Kelompok Wanita Tani dalam mengembangkan elektronik marketing, serta meningkatkan kemampuan memasarkan secara online.
Keywords
E-Marketing, Kelompok Wanita Tani, Kewirausahaan, Produk Makanan Lokal
  1. Bariyyah & Permatasari. D. Pelatihan Pemanfaatan Media Online dalam Layanan Bimbingan Konseling bagi Konselor Sekolah Menengah Pertama diKabupaten Pamekasan Madura. J Pengabdi Kpd Masy IKIP PGRI Jember. 2017;1(1):63–9.
  2. Harahap K, Lubis2 I, Effiyanti3 T. Inisiasi Pemasaran Daring Di Kelompok Usaha Melur Di Desa Sambirejo, Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat IKIP PGRI Jember. 2017;23(1):233–7.
  3. Kotler. manajemen pemasaran : analisis, Perencanaan dan pengendalian. jakarta: salemba empat; 2001.
  4. Dwi Krisbiantoro, 2)Abdul Azis 3)Banu Dwi Putranto. Pendampingan Penggunaan Aplikasi Rt Online. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat. 2019;3(2):315–9.
  5. Brad, Kleindl and James, L B. E-Commerce Marketing. Lakewoods, editor. Ohio: Top Floor; 2005.
  6. Boone, Louis E D l. K. Contemporary Marketing 2005. Ohio, USA: Thomson South Western; 2005.
  7. Ann Rockley, Pamela Kostur SM. Managing Enterprise Content: A Unified Content Strategy. New Riders.; 2003.
  8. Munawir Nasir1 JB 2Aditya HPK. Kegiatan E-Marketing sebagai bentuk Kewirausahaan Dini Bagi Pelajar. Celeb Abdimas J Pengabdi Kpd Masy. 2019;1(1):01–8.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2019-12-15
Published: 2020-05-15
Section: Articles
Article Statistics: 123 131
Citation :