KREATIFITAS DAN EKONOMI MELALUI PELATIHAN HASTA KARYA DARI BAHAN BEKAS DAN OLAHAN SINGKONG DI DUSUN KIRINGAN, DESA KARANGLO KIDUL KECAMATAN JAMBON, KABUPATEN PONOROGO

Dewi Iriani -  IAIN Ponorogo, Indonesia
Andhita Dessy Wulansari -  IAIN Ponorogo, Indonesia
Martha Eri Safira -  IAIN Ponorogo, Indonesia
Arief Budiono* -  Universitas PGRI Madiun, Indonesia

DOI : 10.24269/adi.v4i2.2190

Pelaksanaan Kuliah Pengabdian masyarakat atau dikenal dengan KPM yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM) IAIN Ponorogo tidak hanya dalam bidang pendidikan, namun juga KPM dari kelompok 43 dan kelompok 44 di Dusun Krajan dan Dusun Kiringan Desa Karanglo Kidul. Kecamatan Jambon. Kabupaten Ponorogo menggunakan sistem Asset Based Community – driven development (ABCD) adalah pendekatan dalam pemberdayaan masyarakat dengan memfokuskan pada aset yang dimiliki masyarakat, dengan memiliki tujuh prinsip pengembangan masyarakat berbasis asset. Semua punya potensi (specialized potention), Partisipasi (Participation), Kemitraan (Partnership), perilaku positif (Positive behaviour), Berasal dari dalam masyarakat (indogenous), Mengarah pada sumber energi (Heliotropic). Memanfaatkan asset yang ada yakni melimpahnya pohon singkong maka pelaksanaan pengabdian masyarakat melalui KPM mengadakan pelatihan pembuatan Kue putu ayu dan nugget dari bahan singkong, KPM juga mengadakan pelatihan hasta karya dari bekas air gelas mineral dan Koran bekas. Tujuannya warga Dusun Krajan dan dusun Kiringan di desa Karanglo Kidul dapat mengembangkan hasil perkebunan singkong dan dapat mengurangi limbah bekas dari air mineral dan koran yang ada di lingkungan desa krajan sehingga kesejahteraan meningkat.

Keywords
Program ABCD, Pengembangan asset, Pelatihan, Desa Krajan
  1. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIN Ponorogo “Buku Pedomam KPM ABC (Asset Based Community-Driven Develompent)”. LPPM IAIN Ponorogo Tahun 2019.
  2. Dokumentasi KPM Kelompok 44 Dusun Kiringan. Desa Karanglo Kidul. Kecamatan Jambon. Kabupaten Ponorogo.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2019-12-12
Published: 2020-10-06
Section: Articles
Article Statistics: 60 34
Citation :