PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MIN 1 PASAMAN BARAT

Mahyudin Ritonga* -  Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Indonesia
Yeddawati Matondang -  Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Padang, Indonesia
Miswan Miswan -  Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Padang, Indonesia
Parijas Parijas -  Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Padang, Indonesia

DOI : 10.24269/adi.v4i2.2106

Artikel ini memuat tentang hasil pengabdian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Pelaksanaan kegiatan ini dilatarbelakangi rendahnya pemahaman guru terhadap masalah penelitian tindakan kelas, sehingga dipandang sebagai penghambat dalam pengajuan kenaikan pangkat. Terlaksananya pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru di MIN 1 Pasaman Barat khususnya dalam bidang Penelitian Tindakan Kelas. Metode Pelaksanaan yang digunakan ialah pelatihan dengan jenis demonstrasi dan contoh, penggunaan metode ini dianggap sesuai dengan target dan objek dampingan. Peserta pelatihan ini terdiri dari semua guru yang ada di MIN 1, pelaksana kegitan ialah dosen dan mahasiswa, dosen sebagai narasumber sementara mahasiswa sebagai fasilitator dan moderator, adapun waktu pelaksanaan ialah selama tiga hari, yakni 9-11 September 2019, bertempat di MIN 1 Pasaman Barat. Hasil pelaksanaan kegiatan ini menunjukkan bahwa pada awal kegiatan belum ada guru yang membuat PTK secara terstruktur sehingga tidak yakin untuk mengajukannya sebagai kelengkapan penilaian angka kredit. Dari hasil pelaksanaan pelatihan diketahui bahwa semua guru bisa memahami secara baik tentang: 1) konsep penelitian tindakan kelas, 2) bisa membuat desain penelitian tindakan kelas, 3) membuat proposal serta laporan penelitian tindakan kelas.

Keywords
Guru, Kompetensi, Meningkatkan, Pelatihan, PTK
  1. Tisnelly, M. Ritonga, and A. Rasyid, “The Competency of Islamic Education Teachers in Madrasah Ibtidaiyah 1 West Pasaman After Certification,” Ruhama Islam. Educ. J., vol. 3, no. 1, pp. 45–56, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/ruhama/article/view/1940/1616.
  2. N. Ulia, R. F. KD, Y. Ismiyanti, S. Yustiana, Jupriyanto, and A. P. Cahyaningtyas, “Pendampingan Kelompok Guru SD di Kecamatan Genuk Tentang Pemahaman Metodologi Penelitian Pendidikan (Action Research & Experiment) dan Penyusunan Artikel Jurnal,” Indones. J. Community Serv., vol. 1, no. 1, pp. 32–47, 2019.
  3. D. S. Mulia and Suwarno, “PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dan Penulisan Artikel Ilmiah di SD Negeri Kalisube, Banyumas,” KHAZANAH Pendidik. J. Ilm. Kependidikan, vol. IX, no. 2, pp. 1–11, 2016.
  4. E. R. Narag and R. Arellano-Tamayo, “Classroom Participation: College Students Perceptions,” Asian EFL J., vol. 24, no. 4, pp. 293–312, 2019.
  5. Z. A. Ni’mah, “Urgensi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Peningkatan Profesionalitas Guru Antara Cita dan Fakta,” Realita, vol. 15, no. 2, pp. 1–22, 2017.
  6. M. R. Young, E. Rapp, and J. W. Murphy, “Action Research: Enhancing Classroom Practice and Fulfilling Educational Responsibilities,” J. Instr. Pedagog., vol. 5, no. 1, pp. 1–10, 2010.
  7. E. Ferrance, “Action Research,” in Action Research, 2000, p. 1.
  8. R. Ananda, T. Rafida, and Syahrum, Penelitian Tindakan Kelas, no. 1. Bandung: Cipustaka Media, 2015.
  9. C. E. Hong and S. A. Lawrence, “Action Research in Teacher Education: Classroom Inquiry, Reflection, and Data-Driven Decision Making,” J. Inq. Action Educ., vol. 4, no. 2, pp. 1–17, 2011.
  10. R. J. Beaulieu, “Action Research: trends and Variations,” CJAR Can. J. Action Res., vol. 14, no. 3, pp. 29–39, 2013.
  11. P. Jarvinen, On Various Characteristics of Action Research, no. 1. Tampere: University of Tampere, 2009.
  12. T. Cain, “The Characteristics of Action Research in Music Education,” Br. J. Music Educ., vol. 25, no. 8, pp. 283–313, 2008, doi: 10.1017/S0265051708008115.
  13. D. Rahdiyanta, “Penelitian Tindakan Kelas (Pengertian, Prinsip, dan Karakteristik,” 2012, pp. 1–9.
  14. G. MJ, S. B, and S. H, “Research, Evaluation and Audit: ten Practical Steps to Demonstracting Your Value’,” Univ. Northampt., vol. 28, no. 1, pp. 1–24, 2013.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2019-11-27
Published: 2020-10-06
Section: Articles
Article Statistics: 84 35
Citation :