Air Bersih untuk Kesejahteraan Masyarakat Desa Ciaruteun Ilir Menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

Abdul Haris* -  Institut Teknologi PLN, Indonesia
Hengki Sikumbang -  Institut Teknologi PLN, Indonesia
Indrianto Indrianto -  Institut Teknologi PLN, Indonesia

DOI : 10.24269/adi.v5i2.1998

Air bersih merupakan kebutuhan setiap masyarakat sehingga dengan tersedianya air bersih maka kebutuhan standar minimal masyarakat terpenuhi, masyarakat desa ciaruteun Ilir merupakan desa yang jarak tempuh dengan ibu kota Jakarta sangat dekat yakni lebih kurang 40 km namun tingkat perekonomian, Pendidikan yang masih rendah dan suplai air bersih khususnya yang masih sangat sulit, masyarakat memanfaatkan mata air disekitaran sungai untuk diminum namun jaminan kualitas air yang belum ada standar sehingga menyebabkan warga sering mengalami berbagai penyakit. Selain itu dengan ketersediaan air masyarakat juga bisa membangun kolam ikan dan Usaha lain sebagai usaha rumahan untuk meningkatkan ekonomi keluarga, faktor ketersediaan air ini sangat penting bagi warga guna meningkatkan taraf hidup. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan solusi yang mampu membantu kebutuhan air bagi masyarakat di wilayah desa ciaruteun ilir, pembangkit ini akan menjadi sumber energi yang berfungsi untuk memompa air yang telah disuling dari sumber mata air yang telah layak konsumsi. Pengabdian ini telah dilaksanakan pada tanggal 27 April sampai 3 Mei  2019, Ada beberapa tahap dalam pelaksanaan program ini yang pertama adalah membangun desain pembangkit yang digunakan sebagai sumber energi pemompa air, yang kedua adalah membangun penampungan air, membangun pembangkit dan instalasi pembangkit dan pompa air, tahap ketiga adalah menyiapkan proses distribusi air ke rumah-rumah warga dengan pipa sebagai media distribusi air. Dari pelaksanaan program kemitraan masyarakat ini dapat menghasilkan sumber energi baru untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat selain itu juga dapat membantu proses belajar bagi mahasiswa dan media implementasi hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya.

Keywords
Air Bersih; Desa Ciaruteun Ilir; PLTS
  1. P. Dewi, A. Fariyanti, D. Agribisnis, F. Ekonomi, D. Manajemen, and I. Pertanian Bogor, “PENDAPATAN USAHATANI BAYAM DI DESA CIARUTEUN ILIR KECAMATAN CIBUNGBULANG KABUPATEN BOGOR JAWA BARAT,” 2017.
  2. D. Normansyah, S. Rochaeni, and A. D. Humaerah, “ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI SAYURAN DI KELOMPOK TANI JAYA, DESA CIARUTEUN ILIR, KECAMATAN CIBUNGBULANG, KABUPATEN BOGOR,” Jurnal Agribisnis, vol. 8, no. 1, 2014.
  3. A. Haris et al., “Optimasi Sistem Irigasi Lahan Tada Hujan Menggunakan Algoritma Ant Colony Optimization Berbasis Tenaga Surya,” Petir: Jurnal Pengkajian dan Penerapan Teknik Informatika, vol. 14, no. 1, pp. 45–51, 2020, doi: 10.33322/petir.v14i1.1064.
  4. A. Haris and E. Hendrian, “Sistem Monitoring dan Klaster Ketersediaan Energi Menggunakan Metode K-Means pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya,” vol. 4, no. 2, pp. 266–271, 2019.
  5. R. N. Aziza, ; Abdul Haris, ; Budi Prayitno, and E. Putra, “Pengembangan Teknologi Smart Powerplant Untuk Mendukung Sistem Irigasi Lahan Kering menggunakan Metode Learning Vector Quantization,” KILAT, vol. 9, no. 2, pp. 192–200, 2020, doi: 10.33322/kilat.v9i2.1126.
  6. A. Haris et al., “Technology Sun Tracking System for Solar Power Plants Base on Recurrent Neural Networks,” Dec. 2020. doi: 10.2991/aer.k.201221.038.
  7. Bogor, K. (2011). Profil desa ciaruteun ilir, kecamatan cibungbulang, kabupaten bogor, 21–24.
  8. Haris, A., Wahyuzi, Z., & Prayitno, B. (2014). sistem kendali dengan algoritma perceptron pada pembangkit listrik tenaga surya( PLTS).

Full Text:
Article Info
Submitted: 2019-10-06
Published: 2021-12-07
Section: Articles
Article Statistics: