PELATIHAN PENGELASAN BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN TAFIDZUL QUR’AN “HASAN MUNADI” BADEGAN PONOROGO

Alfi Tranggono Agus Salim* -  Politeknik Negeri Madiun, Indonesia
Agus Choirul Arifin -  Politeknik Negeri Madiun, Indonesia
Yoga Akhdiat Fakhrudin -  Politeknik Negeri Madiun, Indonesia
Mitha Anandya Qathrunnada -  Politeknik Negeri Madiun, Indonesia
Muhammad Narrokhim Amrullah -  Politeknik Negeri Madiun, Indonesia
Kanjeng Sunan Lawu -  Politeknik Negeri Madiun, Indonesia

DOI : 10.24269/adi.v4i2.1599

Pondok Pesantren merupakan sentral pendidikan tradisional yang merupakan sebuah lembaga di bidang pendidikan dengan basic agama sebagai kurikulum utama. Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an “Hasan Munadi” yang berlokasi di desa Karangan Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo Jawa Timur. Tingkat kemampuan berwirausaha terkait dibidang pengelasan masih rendah, karena tidak adanya materi tersebut, Oleh karena itu dilaksanakan pelatihan pengelasan di pondok pesantren yang juga mengarah ke hardskill pengelasan, dan yang dikemudian hari akan dikembangkan ke pendirian unit usaha termasuk sebuah bengkel pengelasan. Penyelenggaraan kegiatan program pelatihan wirausaha Pengelasan ini dilaksanakan dengan beberapa parameter yang dapat dicapai luaran dari kegiatan ini adalah produk berupa kemampuan teknik las dasar yang diperoleh santri dan diharapkan terbentuk wirausaha bengkel pengelasan yang akan bermanfaat bagi lingkungan Pondok Pesantren Tafidzul Qur’an “Hasan Munadi” Karangan Badegan Ponorogo. Tahapan pelaksanaan terdiri dari teori pengelasan, kesehatan dan keselamatan kerja (K3), serta praktek dan pendampingan pengelasan dasar dan lanjut yang menghasilkan produk berupa tangga lipat. Dan semua materi pengabdian pengelasan mengadopsi materi dari pengajaran praktek pengelasan di politeknik negeri madiun. Hasil dari pengabdian (pelatihan) Pengelasan ini peserta memiliki pengetahuan dalam hal pengelasan, dan dapat menerapkan proses peneglasan dengan mengutamakan K3 (Keselamatan Kesehatan Kerja

Keywords
Pelatihan pengelasan, Pondok Pesantren Hasan Munadi
  1. Kepala Pondok Pesantren "Hasan Munadi" Karangan Badegan Ponorogo, Tipe Wawancara. 2018. Ponorogo.
  2. Hendro. 2011.”Dasar-Dasar Kewirausahaan”.Jakarta : Erlangga
  3. Meredith, G. G., et. al. 1996. Kewirausahaan (Teori dan Praktek), Seri Manajemen No. 97, Alihbahasa : Andre Asparsayogi. edisi ke V. Jakarta : Pustaka Binaman Pressindo
  4. Fredy Susanto, Alfi Tranggono Agus Salim, Indarto Yuwono, Wahyu Pribadi, Sulfan Bagus Setyawan, Khairul Anam Basyar, Jovial Auliya Furqan, Muhammad Abdul Aziz, Ubaeydilah ma’ruf. 2019. Pelatihan Pengelasan Aplikatif Bagi Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an “Darul Ulum” Magetan. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, Vol.3 No.2, November 2019.
  5. Sukirno. 2007. Pengembangan Modul las Listrik pada Mata Kuliah Praktik Pengelasan. Surabaya: JPTM FT Unesa
  6. Salim, Alfi Tranggono Agus. 2017. Modul Workshop 1 Kerja bangku dan Pengelasan. Prodi DIII Mesin Otomotif. PNM. Madiun.
  7. Salim, Alfi Tranggono Agus, dkk. 2019. Teknologi Terapan Bidang Pengelasan (2F) Pada Lingkup Masyarakat Pedesaan di Sektor Pertanian. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Dikemas Vol. 3, No. 3 Tahun 2019. ISSN : 2581-1932.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2019-02-23
Published: 2020-10-06
Section: Articles
Article Statistics: 44 26
Citation :