PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI DI DESA SOMPAK KECAMATAN SOMPAK KABUPATEN LANDAK MELALUI DIVERSIFIKASI OLAHAN BERBASIS LABU KUNING

Dwi Zulfita* -  UNIVERSITAS TANJUNGPURA, Indonesia
Sri Rahayu -  Prodi Manajemen Sumber Perairan, Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia

DOI : 10.24269/adi.v2i2.1139

Permasalahan yang dihadapi oleh Kelompok wanita tani Padagi dan kelompok wanita tani Nuk Diri adalah  selama ini buah labu kuning hanya dijual dalam kondisi masih muda untuk keperluan sebagai sayuran atau dijual pucuk daunnya  sehingga petani sering menghadapi masalah taraf hidup masih dibawah garis kemiskinan. Buah labu kuning yang masih muda tersebut dijual dari rumah ke rumah atau dijual di pasar desa. Mitra tidak mengetahui cara diversifikasi aneka produk olahan labu kuning yang mempunyai nilai tambah, lebih tahan disimpan dan mempunyai  harga jual yang lebih tinggi. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah penyuluhan, demonstrasi, pelatihan dan bimbingan dalam proses pembuatan aneka produk olahan labu kuning seperti nugget, selai, brownies, stik dan permen jelly. Evaluasi dilakukan terhadap semua kegiatan. Dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa tingkat partisipasi mitra memberikan dampak yang positif bagi pelaksanaan program pada saat pelatihan dan pendampingan.

Supplement Files

Keywords
Aneka olahan produk, Labu Kuning
  1. Badan Pusat Statistik Kalimantan Barat. 2015. Kalimantan Barat Dalam Angka 2017. BAPPEDA – BPS Propinsi Kalimantan Barat. Pontianak.
  2. Monografi Kecamatan. Profil Kecamatan Sompak Kabupaten Landak. Kecamatan Sompak.

Full Text: Supp. File(s):

Subject
Type Research Instrument
  Download (6MB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2018-08-05
Published: 2019-02-24
Section: Articles
Article Statistics: 27 38