LAYANAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pada Perpustakaan Uin Suka Yogyakarta, Uin Syarif Hidayatullah Jakarta Dan Uin Sunan Ampel Surabaya)
DOI:
https://doi.org/10.24269/pls.v4i2.3105Abstract
Era pandemi Covid-19 yang saat ini tengah melanda berbagai belahan dunia, telah membuat berbagai sektor lembaga mengalami kecemasan. Hal ini menimbulkan berbagai kekhawatiran yang diperkuat pula dengan berbagai berita yang hadir silih berganti. Beberapa cara menghindari pandemi Covid-19 ini dengan menggunakan masker, selalu mencuci tangan, menggunakan handsanitizier, dan melakukan jaga jarak atau social distancing. Selain hal tersebut, work from home turut menjadi salah satu acuan yang diterapkan pemerintah agar para pegawai bekerja dari rumah. work from home pada akhirnya sampai kepada perpustakaan, yang mana pustakawan tidak dapat datang secara langsung ke perpustakaan untuk bertatap muka, melayani pemustaka secara offline, dan lain sebagainya. Akibat hal ini, perpustakaan harus membuat suatu inovasi layanan dalam rangka tetap melakukan penyebaran informasi dan pelayanan yang biasa dilakukan secara offline. Terlebih pada perpustakaan perguruan tinggi yang melayani berbagai macam mahasiswa, dosen dan lain sebagainya. Layanan yang semula bersifat offline, kini mulai berubah menjadi layanan daring sehingga perpustakaan tetap dapat melayani para pemustaka tanpa perlu bertatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi layanan apa saja yang diberikan perpustakaan perguruan tinggi selama era pandemi Covid-19 ini berlangsung, terutama pada perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan UIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan studi kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga perpustakaan perguruan tinggi ini melakukan inovasi layanan agar dapat digunakan secara daring oleh para pemustaka. sehingga mareka dapat mengakses koleksi perpustakaan kapan dan dimana saja. Memanfaatkan media sosial seperti Instagram perpustakaan memberikan informasi-informasi mengenai layanan mereka kepada pemustaka sehingga pemustaka tidak perlu khawatir ketinggalan informasi. Mereka hanya perlu untuk melihat feed yang diberikan oleh perpustakaan secara Up To Date.
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Atin Istiarni, T. (2018). Jejak Pena Pustakawan. Yogyakarta: Azyan Mitra Media.
Aulia, F. (2020, 9 Rabu). Promosi Jasa Layanan Perpustakaan Pada Generasi Millenial di Masa Pandemi. Diambil kembali dari Repositori UIN Suka: http://repository.uinsu.ac.id/9171/1/PROMOSI%20JASA%20LAYANAN%20PERPUSTAKAAN%20PADA%20GENERASI%20MILLENIAL%20DI%20MASA%20PANDEMI.pdf
Basuki, S. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Cakti indra gunawan, Y. (2020). anomalia Covid-19: dampak positif virus corona untuk dunia. Malang: IRDH.
Dhifa Nabila, dkk. (2020). Peradapan Media Sosial di Era Industri 4.0. Malang: Prodi Ilmu Komunikasi.
dkk, L. R. (2014). Layanan Perpustakaan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Dzulfaroh, Ahmad Naufal. 2021. Update Corona Dunia 15 Februari: 5 Negara Dengan Kasus Covid-19 Terbanyak. https://www.kompas.com/tren/read/2021/02/15/095600465/update-corona-dunia-15-februari--5-negara-dengan-kasus-covid-19-terbanyak?page=all
Hasugian, Jonner. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Medan: USU Press.
Indonesia, K. K. (2020). Pedoman Kesiagaan Menghadapi Infeksi Novel Coronavirus (2019-nCoV). Jakarta: Kementrian Kesehatan.
Moelong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya..
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosiotekniknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Pamuntjak, Sjahrial. 2000. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan. Jakarta: Djambatan.
Rahmah, E. (2018). Akses dan Layanan Perpustakaan: teori dan aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Ratriani, Virdita Rizki. 2020. https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/16/195035165/jokowi-instruksikan-bekerja-dari-rumah-ini-arti-work-from-home?page=all
Sari, E. A. (2019, May 31). Peran Pustakawan AI (ARTIFICAL INTELLIGEN) Sebagai Strategi Promosi Perpustakaan Perguruan Tinggi di Era Revolusi 4.0. Diambil kembali dari BIBLIOTIKA: Junal Kajian Perpustakaan dan Informasi: http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika
Satuan Tugas Penanganan Covid-19. 2021. dalam
https://covid19.go.id/peta-sebaran
Semiawan, C.R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.
Sudirman Anwar, d. (2019). Manajemen Perpustakaan. Tembilahan, Riau: Indragiri Dot Com.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Licence
This Journal will place Author as Copyright Holder, The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Plagiarism Notice
PUBLIS Editorial board recognizes that plagiarism is not acceptable and therefore establishes the following policy stating specific actions (penalties) upon identification of plagiarism/similarities in articles submitted for publication in PUBLIS. PUBLIS will use Turnitin's originality checking software as the tool in detecting similarities of texts in article manuscripts and the final version articles ready for publication. A maximum of 30% of similarities is allowed for the submitted papers. Should we find more than 30% of the similarity index, the article will be returned to the author for correction and resubmission.
_baru.png)






