Pengembangan Aplikasi Repositori Publikasi Penelitian dan Pengabdian Menggunakan Framework PHP Berbasis MVC

Hisyam Fahmi* -  Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Wina Permana Sari -  Computer Science Department, School of Computer Science, Bina Nusantara University, Indonesia
Ari Kusumastuti -  Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI : 10.24269/pls.v4i1.2396

Project ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem informasi yang terbebas dari resiko yang mungkin terjadi ketika mengolah data secara manual seperti hilangnya berkas, pudarnya tulisan, kesulitan dalam mencari data publikasi penelitian dan pengabdian masyarakat. Sistem Informasi Publikasi Penelitian dan Pengabdian ini dibangun dalam bentuk katalog yang berisi informasi mengenai publikasi penelitian dan pengabdian yang dibuat dengan dua (2) jenis pengguna yaitu tamu (umum) dan admin. Sistem dikembangkan menggunakan framework PHP yang menggunakan pendekatan Model-View-Controller (MVC), yaitu Laravel. Sistem ini diharapkan mampu mengelola data penelitian dan pengabdian masyarakat baik dosen maupun mahasiswa yang menjadi penerapan karakteristik Ulul Albab di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang salah satunya adalah konteks keluasan ilmu dalam melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Keywords
Basis Data; Laravel; Penelitian; Publikasi
  1. Das, R., & Saikia, L. P. (2016). Comparison of Procedural PHP with Codeigniter and Laravel Framework. International Journal of Current Trends in Engineering & Research (IJCTER), 2(6), 42–48. Retrieved from http://www.ijcter.com
  2. Edi, D., & Betshani, S. (2009). Analisis Data dengan Menggunakan ERD dan Model Konseptual Data Warehouse. Jurnal Informatika, 5(1), 71--85.
  3. Elmasri, R., & Navathe, S. B. (1994). Fundamentals of Database Systems, 2nd Edition. Benjamin/Cummings.
  4. Laguador, J. M., Tupaz, A., De Castro, E. L., & Dotong, C. I. (2016). Development and evaluation of an institutional research repository using content management system. International Journal of Applied Engineering Research, 11(6), 4017–4023.
  5. Leff, A., & Rayfield, J. T. (2001). Web-application development using the model/view/controller design pattern. Proceedings Fifth Ieee International Enterprise Distributed Object Computing Conference, 118--127. IEEE.
  6. Mills, H. D. (1980). The management of software engineering, Part I: Principles of software engineering. IBM Systems Journal, 19(4), 414--420.
  7. Nugroho, A. (2011). Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data. Yogyakarta: Andi.
  8. Pressman, R. S. (2005). Software Engineering: A Practitioner’s Approach. Palgrave Macmillan.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-02-03
Published: 2020-08-19
Section: Articles
Article Statistics: