PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP PENERAPAN PEMINJAMAN MANDIRI DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 5 MAGELANG

Suryanto Suryanto* -  SMA Negeri 5 Magelang, Indonesia

DOI : 10.24269/pls.v3i1.1690

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi pemustaka terhadap penerapan peminjaman mandiri di Perpustakaan SMA Negeri 5 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif
dengan jenis survei. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 89 responden menggunakan teknik purposive sampling yang dihitung menggunakan rumus slovin. Metode kuesioner, observasi dan dokumentasi adalah teknik yang digunakan untuk
pengumpulan datanya. Variabel penelitian diukur untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap variabel peminjaman mandiri berdasarkan skala likert yaitu 1 – 5. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif statistik. Hasil yang ditunjukkan dalam
penelitian ini yaitu persepsi pemustaka mengenai variabel peminjaman mandiri termasuk pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata skor jawaban sebesar 4,24.
Peneliti memberikan rekomendasi agar Perpustakaan SMA Negeri 5 Magelang mengadakan survey mengenai jam buka layanan perpustakaan. Aplikasi yang digunakan untuk melakukan peminjaman mandiri perlu di update mengenai menu dan
tampilan agar siswa lebih nyaman dan mudah dalam menggunakannya. Fitur penghitungan denda juga perlu diperbaiki agar penghitungan denda sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan di perpustakaan SMA Negeri 5 Magelang.
Keywords: Persepsi Pemustaka, Peminjaman Mandiri, Perpustakaan SMA Negeri 5 Magelang


Abstract. This study aims to determine how the user’s perceptions on the implementation of self-loan in the Library of SMA Negeri 5 Magelang. This research is a quantitative research with a descriptive method with a type of survey. This study took a sample of 89 respondents using purposive sampling technique which was calculated using the Slovin formula. Questionnaire, observation and documentation methods are the techniques used for data collection.
The research variables were measured to determine the user’s perceptions of self-loan variables based on the Likert scale namely 1 - 5. The data analysis technique used was descriptive statistical analysis. The results shown in this study are the
user’s perceptions regarding self-loan variables included in the very high category with an average score of answers of 4.24. The researcher gave a recommendation that the Library of SMA Negeri 5 Magelang conduct a survey regarding theopening hours of library services. Applications that are used to make self-loan need to be updated on menus and displays so students are more comfortable and easier to use. The calculation feature of the fine also needs to be corrected so that the
calculation of fines is in accordance with the rules set at the library of SMA Negeri 5 Magelang.
Keywords: User’s Perceptions, Self-Loan, Library of SMA Negeri 5 Magelang

Keywords
Persepsi Pemustaka; Technology-Based Self-Services; Layanan Peminjaman; Perpsutakaan SMA Negeri 5 Magelang
  1. Beatson A, Coote L and Rudd J. “Determining
  2. consumer satisfaction and commitment through
  3. self-service technology and personal service
  4. usage”. Journal of Marketing Management 22:
  5. –882. (2006), diunduh
  6. eprints.qut.edu.au/21113/1/c21113.pdf. pada
  7. tanggal 18 Oktober 2016,
  8. Hamim, Muhammad. “Penerapan Peminjaman
  9. Mandiri Berbasis SLiMS Versi Desktop (Studi
  10. Kasus di Perpustakaan STAIN Kediri)”.
  11. Pustakaloka: Jurnal Kajian Informasi dan
  12. Perpustakaan., Vol. 8, No. 1 (2016), dalam
  13. http://jurnal.stainponorogo.ac.id/index.php/pust
  14. akaloka/article/view/495/389, diakses tanggal 2
  15. Desember 2016
  16. Mashuri, Ilham. 2012. Mengelola Perpustakaan
  17. Sekolah: Problem dan Solusinya. Yogyakarta:
  18. Naila Pustaka
  19. Meuter M, Ostrom L, Roundtree R, et al. “Self-service
  20. technologies: Understanding customer
  21. satisfaction with technologybased service
  22. encounters.” Journal of Marketing 64: 50–64
  23. (2000), diunduh
  24. www.ida.liu.se/~steho87/und/htdd01/3383341.p
  25. df. pada tanggal 18 Oktober 2016
  26. Perpustakaan Kemdikbud. SLiMS. Dalam
  27. http://perpustakaan.kemdikbud.go.id/perpus/?p
  28. age_id=224. diakses tanggal 12 Januari 2016
  29. Robbins, Stephen P. 2009. Perilaku Organisasi.
  30. Jakarta: Erlangga
  31. Sudarmo, Indriyo Gito dan Sudita, I Nyoman. 2008.
  32. Perilaku Keorganisasian Edisi Pertama”.
  33. Yogyakarta: BPFE
  34. Sulistyo-Basuki. 2006. Metode Penelitian. Jakarta:
  35. Wedatama Widya Sastra
  36. Sulistyo-Basuki. 2010. Pengantar Ilmu Perpustakaan.
  37. Jakarta: Universitas Terbuka
  38. Suryanto. 2018. Pengaruh Penerapan
  39. Technology-Based Self-Service terhadap
  40. Kepuasan Pemustaka pada Layanan Peminjaman
  41. di Perpustakaan SMA Negeri 5 Magelang (Tesis).
  42. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
  43. Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang
  44. Perpustakaan

Full Text:
Article Info
Submitted: 2019-05-03
Published: 2019-08-01
Section: Articles
Article Statistics: 108 75
Citation :