PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP PENERAPAN PEMINJAMAN MANDIRI DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 5 MAGELANG

Authors

  • Suryanto Suryanto SMA Negeri 5 Magelang

DOI:

https://doi.org/10.24269/pls.v3i1.1690

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi pemustaka terhadap penerapan peminjaman mandiri di Perpustakaan SMA Negeri 5 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif
dengan jenis survei. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 89 responden menggunakan teknik purposive sampling yang dihitung menggunakan rumus slovin. Metode kuesioner, observasi dan dokumentasi adalah teknik yang digunakan untuk
pengumpulan datanya. Variabel penelitian diukur untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap variabel peminjaman mandiri berdasarkan skala likert yaitu 1 – 5. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif statistik. Hasil yang ditunjukkan dalam
penelitian ini yaitu persepsi pemustaka mengenai variabel peminjaman mandiri termasuk pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata skor jawaban sebesar 4,24.
Peneliti memberikan rekomendasi agar Perpustakaan SMA Negeri 5 Magelang mengadakan survey mengenai jam buka layanan perpustakaan. Aplikasi yang digunakan untuk melakukan peminjaman mandiri perlu di update mengenai menu dan
tampilan agar siswa lebih nyaman dan mudah dalam menggunakannya. Fitur penghitungan denda juga perlu diperbaiki agar penghitungan denda sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan di perpustakaan SMA Negeri 5 Magelang.
Keywords: Persepsi Pemustaka, Peminjaman Mandiri, Perpustakaan SMA Negeri 5 Magelang


Abstract. This study aims to determine how the user’s perceptions on the implementation of self-loan in the Library of SMA Negeri 5 Magelang. This research is a quantitative research with a descriptive method with a type of survey. This study took a sample of 89 respondents using purposive sampling technique which was calculated using the Slovin formula. Questionnaire, observation and documentation methods are the techniques used for data collection.
The research variables were measured to determine the user’s perceptions of self-loan variables based on the Likert scale namely 1 - 5. The data analysis technique used was descriptive statistical analysis. The results shown in this study are the
user’s perceptions regarding self-loan variables included in the very high category with an average score of answers of 4.24. The researcher gave a recommendation that the Library of SMA Negeri 5 Magelang conduct a survey regarding theopening hours of library services. Applications that are used to make self-loan need to be updated on menus and displays so students are more comfortable and easier to use. The calculation feature of the fine also needs to be corrected so that the
calculation of fines is in accordance with the rules set at the library of SMA Negeri 5 Magelang.
Keywords: User’s Perceptions, Self-Loan, Library of SMA Negeri 5 Magelang

References

Beatson A, Coote L and Rudd J. “Determining
consumer satisfaction and commitment through
self-service technology and personal service
usage”. Journal of Marketing Management 22:
853–882. (2006), diunduh
eprints.qut.edu.au/21113/1/c21113.pdf. pada
tanggal 18 Oktober 2016,

Hamim, Muhammad. “Penerapan Peminjaman
Mandiri Berbasis SLiMS Versi Desktop (Studi
Kasus di Perpustakaan STAIN Kediri)”.
Pustakaloka: Jurnal Kajian Informasi dan
Perpustakaan., Vol. 8, No. 1 (2016), dalam
http://jurnal.stainponorogo.ac.id/index.php/pust
akaloka/article/view/495/389, diakses tanggal 2
Desember 2016

Mashuri, Ilham. 2012. Mengelola Perpustakaan
Sekolah: Problem dan Solusinya. Yogyakarta:
Naila Pustaka
Meuter M, Ostrom L, Roundtree R, et al. “Self-service
technologies: Understanding customer
satisfaction with technologybased service
encounters.” Journal of Marketing 64: 50–64
(2000), diunduh
www.ida.liu.se/~steho87/und/htdd01/3383341.p
df. pada tanggal 18 Oktober 2016

Perpustakaan Kemdikbud. SLiMS. Dalam
http://perpustakaan.kemdikbud.go.id/perpus/?p
age_id=224. diakses tanggal 12 Januari 2016

Robbins, Stephen P. 2009. Perilaku Organisasi.
Jakarta: Erlangga

Sudarmo, Indriyo Gito dan Sudita, I Nyoman. 2008.
Perilaku Keorganisasian Edisi Pertama”.
Yogyakarta: BPFE

Sulistyo-Basuki. 2006. Metode Penelitian. Jakarta:
Wedatama Widya Sastra

Sulistyo-Basuki. 2010. Pengantar Ilmu Perpustakaan.
Jakarta: Universitas Terbuka

Suryanto. 2018. Pengaruh Penerapan
Technology-Based Self-Service terhadap
Kepuasan Pemustaka pada Layanan Peminjaman
di Perpustakaan SMA Negeri 5 Magelang (Tesis).
Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang
Perpustakaan

Published

2019-08-01

How to Cite

Suryanto, S. (2019). PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP PENERAPAN PEMINJAMAN MANDIRI DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 5 MAGELANG. Publication Library and Information Science, 3(1), 31–39. https://doi.org/10.24269/pls.v3i1.1690

Issue

Section

Articles