ANALISIS PENERIMAAN DAN KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP SISTEM INFORMASI DI PERPUSTAKAAN INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA

M. Ali Nurhasan Islamy* -  Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Indonesia

DOI : 10.24269/pls.v3i1.1438

Penelitian ini berjudul “Analisis Penerimaan dan Kepuasan Pemustaka terhadap Sistem Informasi di Perpustakaan Institut Seni Indonesia Surakarta”.  Tujuan penelitian untuk menguji penerimaan dan kepuasan pemustaka menggunakan  Model  End User Computing Satisfaction  (EUCS)  yang  dikembangkan   oleh  Doll   dan  Torzhadeh (1998).   Metode  dalam   penelitian  ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yakni meneliti sekelompok manusia, suatu objek tertentu dengan tujuan membuat deskripsi, gambaran sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat, hubungan antara fenomena yang diteliti. Subjek penelitian adalah para pengguna akhir sistem   informasi   di   Perpustakaan   Institut   Seni   Indonesia   (ISI)   Surakarta.   Pengguna   sistem informasi di dalam penelitian ini merupakan pemustaka (responden)  potensial yang secara acak  (random)   ditemui   di   perpustakaan   dan   diberikan   kuisioner   yang   terdiri   dari   20   pernyataan.  Variabel  penelitian    merupakan   variabel  dalam   model   EUCS  yakni   mencakup isi  (content), akurasi (accuracy), bentuk (format), kemudahan penggunaan (ease of use) dan ketepatan waktu  informasi  (timeliness)  dalam   sistem   informasi   untuk   mendukung   pelayanan   di   Perpustakaan   ISI  Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan sistem informasi perpustakaan  telah diterima dengan baik oleh pemustaka  dan pemustaka  merasakan manfaat yang tinggi.  Pemustaka menyatakan sudah   cukup   puas   menggunakan   sistem   informasi   perpustakaan.  Namun   pada   dimensi keakuratan (accuracy) dan kecepatan (timelines)  pemustaka merasa kurang puas dengan kinerja sistem informasi. Diharapkan penelitian ini menjadi landasan bagi pihak perpustakaan dalam menentukan kebijakan terkait dengan pengembangan sistem informasi perpustakaan, perbaikan dan penyempurnaan sistem informasi yang sudah ada di Perpustakaan ISI Surakarta
Keywords
sistem informasi perpustakaan; End User Computing Satisfaction; penerimaan dan kepuasan
  1. Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  2. Bungin, Burhan. (2006) Metode Penelitian Kuantitatif . Jakarta: Kencana.
  3. Creswell, John W. (2010) Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Edisi 3. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
  4. Davis, Gordon B. (1988) Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen: Bagian I Pengantar. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.
  5. Fuandara, R. Lalan dan Ade H. (2012) Buku Panduan Otomasi Perpustakaan. Surakarta: ISI Press.
  6. Hartono, Jogiyanto, M. (2005). Sistem Teknologi Informasi: Pendekatan Terintegrasi: Konsep Dasar, Teknologi, Aplikasi, Pengembangan dan Pengelolaan. Edisi II.Yogyakarta: Andi Offset.
  7. Idrus, Muhammad. (2000) Metode Penelitian Ilmu Sosial, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Bandung: Alfabeta.
  8. Indrajit, Richardus Eko. (2000) Pengantar Konsep Dasar Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, Jakarta: Elex Media Komputindo.
  9. Istiarti, Atin .(2016) Analisis Penerimaan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Technology Acceptance Model Dan End-User Computing Satisfaction Di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Magelang. Tesis. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Yogyakarta.
  10. Itmamudin. (2014).Analisis Kepuasan Pengguna OPAC dan Dampaknya Terhadap Loyalitas di Perpustakaan STAIN Salatiga , Tesis. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Yogyakarta.
  11. Kristyanto, Dian. (2016) Analisis Pengaruh Human Organization Technology (HOT) Fit Model Terhadap Pemanfaatan Sistem Informasi Di Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya. Tesis. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Yogyakarta.
  12. Kumorotomo, Wahyudi dan Margono, Subando Agus. (1994) Sistem Informasi Manajemen dalam Organisasi-organisasi Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  13. Nasir, Moh. (2003) Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
  14. Pramesti, Kiki Ayu. (2014).Evaluasi Pemanfaatan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) Menggunakan HOT-FIT Model di Kota Surabaya”, Tesis (tidak diterbitkan), Surabaya : Universitas Airlangga, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Program Studi Administrasi dan Kebijakan Kesehatan.
  15. Prasetyo, Bambang. (2010). Metode Penelitian Kualitatif .Jakarta: Rajawali Press.
  16. Sugiyono. (2014) “Metode Penelitian Manajemen : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Kombinasi (Mix Methods), Penelitian Tindakan ( Action Research), Penelitian Evaluasi”, Bandung : Alfabeta.
  17. Sugiyono. (2010) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  18. Sugiyono. (2010) Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  19. Sukmadinata, Nana Syaodih. ( 2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  20. Sulistyo-Basuki. (1991) Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta: Gramedia.
  21. Wahyudi, J.B. (1992) Teknologi Informasi dan Produksi Citra Bergerak, Jakarta: Gramedia.
  22. Xiao, Li and Dasgupta, Subhasish. (2002), Measurement Of User Satisfaction Withweb-Based Information Systems:An Empirical Study. Eighth Americas Conference on Information Systems, George Washington University.
  23. Zwass, Vladimir. (1997) Foundations of Information Systems. Boston: Irwin McGraw-Hill.
  24. WEB:
  25. http://sipadu.isi-ska.ac.id/sigilib/cari.php diakses 10 Desember 2017, 20.50 WIB
  26. Sekundera, Charlesto P.L. (2006) Analisis Penerimaan Pengguna Akhir Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model Dan End User Computing Satisfaction Terhadap Penerapan Sistem Core Banking Pada Bank Abc. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro. Diakses melalui http://eprints.undip.ac.id/ 10 Desember 2017, 20.03 WIB

Full Text:
Article Info
Submitted: 2018-12-28
Published: 2019-08-01
Section: Articles
Article Statistics: 105 63
Citation :