PEMBELAJARAN BAGI MAHASISWA DALAM PENYUSUNAN PERATURAN DAERAH

Asri Agustiwi* -  Universitas Surakarta, Indonesia

DOI : 10.24269/ls.v4i2.2979

Tujuan dari artikel ini untuk memberikan masukan terkait bagaimana seharusnya
pembelajaran bagi mahasiswa diperguruan tinggi dalam Penyusunan Peraturan
Daerah. Bagaimana pembelajaran diberikan pada kurikulum dengan mata kuliah diklat
praktek penyusunan perundang-undangan, pada mahasiswa semester enam atau genap.
Perlu mempertajam inovasi baru, sehingga mahasiswa dapat terlatih dan trampil
dalam membuat rancangan Produk Daerah. Metode penelitian yang digunakan dengan
dengan penelitian doktrinal yaitu undang-undang seperti peraturan-peraturan yang
berkaitan dengan pembentukan perundang-undangan. Data yang gunakan yaitu studi
kepustakaan yang berupa peraturan-peraturan resmi negara, serta data sekunder yang
bersifat publik yaitu jurnal-jurnal penelitian, buku dan berita-berita lainnya. Untuk
menjawab penelitian ini penulis mengunakan penelitian diskriptif yaitu proses
penyelidikan yang dapat mengambarkan subyek ataupun obyekyang diteliti.
Kesimpulan yang diperoleh yaitu inovasi baru dengan mempertajam pada konsep
implentasi penyusunan Peraturan Daerah dengan berbagai rangkaian kegiatan yang
diberikan seperti kerjasama dengan lembaga penyusun Peraturan Daerah; Kuliah kerja
lapangan di lembaga daerah yaitu DPRD; kegiatan seminar legal drafting; Forum
Grup Disscusion(FGD) Perancangan Peraturan Daerah; kopetisi kemahiran dalam
legal drafting, sehingga kedepannya mahasiswa memiliki good skill dan shoff skill.

Keywords
Mahasiswa, Pembelajaran Penyusunan Peraturan Daerah, Implementasi
Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-09-10
Published: 2020-09-28
Section: Articles
Article Statistics: