PENGEMBANGAN PEMIKIRAN JAMES A. BANKS DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN

Prihma Sinta Utami

Abstract


Artikel ini ditulis untuk memberikan gambaran kepada guru dalam mengimplementasikan dimensi pendidikan multikultural dari pemikiran James A. Banks sesuai dengan realitas masyarakat Indonesia. Seperti yang sudah diketahui konteks masyarakat Indonesia yang beragam mulai dari perbedaan agama, suku, budaya, ras, bahasa daerah hingga adat istiadat menunjukkan bahwa Indonesia merupakan masyarakat multikultural. Indonesia dengan populasi didominasi oleh masyarakat beragama muslim, namun tidak menyatakan bahwasannya negara ini adalah negara muslim tetapi negara dengan berbagai agama yaitu Kristen, Hindu, Budha, dan Kong Hu Chu. Realitas tersebut menjadikan Indonesia dikenal dengan negara yang menganut sistem demokrasi terbesar ketiga di dunia. Hal ini juga yang mendorong negara ini untuk terus mengembangkan arus demokratisasi dalam masyarakat untuk membentuk civil society dengan mengangkat semboyan Bhineka Tunggal Ika. Pendidikan multikultural menjadi salah satu cara untuk dapat membantu merealisasikan tujuan tersebut. James A. Bank mempunyai suatu gagasan untuk pengembangan dimensi pendidikan multikultural pada sekolah-sekolah di negara yang mengembangkan tentang konteks pendidikan multikultural. Pengembangan dimensi pendidikan multikultural tersebut dijabarkan menjadi 14 point utama yang dapat dijadikan sebagai acuan guru dalam proses pembelajaran

Keywords


pendidikan multikultural, pembelajaran multikultural, James A. Banks

Full Text:

PDF

References


Banks, James A. (2009). The Routledge Internasional Companion to Multicultural Education. New York: Routledge.

Banks, J dan Chery A. McGee Banks. (2010). Multicultural Education: Issues and Perspectives. Canada: Garfinkel Publications, inc.

Banks, James A. (2014). The Canon Debate, Knowladge Construction, and Multikultural Education. American Educational Research Association Vol.22, No.5, 4-14

Domnwachukwu, C.S. (2008). An Introduction to Multicultural Education. Rowman & Littlefielf Publisher, Inc.

Hanum, F dan Rohmadonna, S. (2010). Implementasi Model Pembelajaran Multikultural Di Sekolah Dasar Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 03 No. 1, 89-102.

Mahfud, Choirul. (2011). Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rosyada, Dede. (2014). Pendidikan Multikultural Di Indonesia Sebuah Pandangan Konsepsional. Jurnal Sosio Didaktika Vol.1, No.1, 1-12

Roziqin, M.Z. (2007). Moral Pendidikan di Era Global. Malang: Averroes Press.

Vickers, Andrean. (2013). A History of Modern Indonesia. New York: Cambridge University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24269/v2.n2.2017.68-76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                          

JPK: Journal Pancasila and Civic Education  Department Muhammadiyah University of Ponorogo Jl. Budi Utomo No. 10 Ponorogo, East Java, Indonesia

                                                                                                                                                                          

 

JPK INDEXED BY:

 

                                                                                                           

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.