Internalisasi Civic Engagement di Perguruan Tinggi melalui Program Kuliah Kerja Nyata

Sunarto Sunarto* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Sutrisno Sutrisno -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/jpk.v6.n1.2021.pp57-67

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Internalisasi civic engagement mahasiswa melalui program KKN tematik di Institut Teknologi Bandung (ITB) baik dari aspek perencanaan dan pelaksanaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi khusus di ITB pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara pada pengelola lembaga, mahasiswa pelaksana serta observasi dan dokumentasi pada kegiatan KKN. Analisis data dilakukan dengan membaca keseluruhan transkrip untuk memperoleh informasi, melakukan kompilasi, kemudian memperoleh hasil pola umum data, pengelompokan data, dan melakukan urutan kejadian, kategori, dan tipologinya. Penelitian dilaksanakan di ITB, pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.  Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa civic engagement yang dikembangkan terintegrasi pada program kuliah kkerja nyata tematik (KKN-T). Civic engagement diaktualisasikan dalam bentuk empat tema dasar yakni tema air, tema pendidikan, tema infrastruktur dan tema energi. Keempat tema ini menjadi isu utama yang dilakukan mahasiswa untuk berpartisipasi pada lingkungan masyarakat guna menyiapkan generasi muda yang memiliki rasa sosial kemanusiaan yang tinggi dalam ber kehidupan berbangsa dan bernegara dengan berlandaskan atas dasar nilai-nilai filosofi bangsa Indonesia.

Internalization of Civic Engagement in Higher Education through Real Work Program. This study aims to determine the internalization of student engagement through the thematic KKN program at the Bandung Institute of Technology (ITB). This research is a qualitative research, with a special study approach at ITB at the Institute for Research and Community Service. Data collection was carried out by interviewing institution managers, implementing students as well as observing and documenting KKN activities. Data analysis was carried out by reading the entire transcript to obtain information, compiling it, then obtaining the results of the general pattern of data, grouping data, and carrying out the sequence of events, categories and typologies. The research was conducted at ITB, data collection was obtained by means of observation, interviews and documentation. The results of this study explain that civic engagement developed at the Bandung Institute of Technology is integrated in the thematic real work lecture program (KKN-T). Civic engagement is actualized in the form of four basic themes, namely the theme of water, the theme of education, the theme of infrastructure and the theme of energy. These four themes are the main issues for students to participate in the community environment in order to prepare young people who have a high sense of social humanity to live as a nation and state based on the philosophical values of the Indonesian nation.

Keywords
Internalization, Civic Engagement, Higher Education
  1. Adler, R. P., & Goggin, J. (2005). What Do We Mean By "Civic Engagement"? Journal of Transformative Education, 236-253.
  2. Gunawan, Ary H. (2000). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Jacoby, B. (2009). Civic engagement in higher education: concepts and practices. San Francisco: Jossey-Bass
  4. Keeter, S, Cliff Zukin, Molly Andolina, Krista Jenkins. 2002. The Civic and Political Health of the Nation: A Generational Portrait. (The center for information and research on civiclearning and engagement, www.wikipedia.org/wiki/civic_engagement (on line)
  5. Karliani, E. (2017). Pengembangan Model Belajar Melayani (MBM) Berbasis Nilai Sosial-Spritual untuk Memperkokoh Pelibatan Kewarganegaraan Keindonesia. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
  6. Lembaga Kemahasiswaan ITB. (2016). KKN Tematik ITB 2016 Berdikari Negeri Jangan Bangun Tanpa Membangun. Bandung: Institut Teknologi Bandung.
  7. Nur Huda Arif. (2016). KKN-Tematik ITB 2016: Sarana Berbagi Berbasis Ilmu dan Teknologi. Retrieved November 20, 2018, from https://www.itb.ac.id/news/read/5172/home/kkn-tematik-itb-2016-sarana-berbagi-berbasis-ilmu-dan-teknologi
  8. Sitti Mauludy Khairina. (2017). KKN Tematik ITB 2017 : Ajang Perubahan Untuk Diri dan Negeri. Retrieved November 14, 2018, from https://www.itb.ac.id/news/read/56357/home/kkn-tematik-itb-2017-ajang-perubahan-untuk-diri-dan-negeri
  9. Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
  10. Winataputra, U. S. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Pendidikan untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa (Gagasan, Instrumentasi, dan Praksis). Bandung: Widya Aksara Press

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-01-01
Published: 2021-03-06
Section: Artikel
Article Statistics: