Implementasi Pancasila di Kalangan PNS Generasi Milenial dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

Tarmujianto Tarmujianto* -  BPSDM Provinsi DKI Jakarta, Indonesia

DOI : 10.24269/jpk.v6.n1.2021.pp25-34

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yang terdiri dari nilai Ketuhanan yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan dan nilai Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia di kalangan generasi milenial Pegawai Negeri Sipil pada Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, dalam menghadapi masa pandemi covid-19. Pegawai Negeri Sipil yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah para alumni pelatihan dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (latsar CPNS) pada tahun 2019. Penelitian ini menggunakan analisa deskriptif kuantitatif dengan variabel tunggal yakni implementasi nilai-nilai Pancasila. Data dikumpulkan menggunakan google form. Hasil penelitian menunjukkan pengamalan nilai praksis dari Pancasila di kalangan generasi milenial PNS Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah sangat baik, hal ini tergambar dari hasil rata-rata presentasi dari implementasi nilai-nilai Pancasila sebesar 96%. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diharapkan dapat menjadi sumber data mengenai tingkat pengamalan nilai-nilai Pancasila secara praktik dalam kehidupan bernegara di kalangan generasi milenial Pegawai Negeri Sipil Provinsi DKI Jakarta

Implementation of Pancasila among Millennial Generation Civil Servants in Facing the Covid-19 Pandemic. The purpose of this research is to explain the practice of the values contained in Pancasila, which consists of the value of One Godhead, Just and Civilized Humanity, Indonesian Unity, Democracy led by Wisdom in Representative Consultations and the value of Social Justice for all Indonesian people. among the millennial generation of Civil Servants in the Provincial Government of the Special Capital Region of Jakarta, in the face of the Covid-19 pandemic. Civil Servants who are the population in this study are alumni of basic training for Civil Servant Candidates (CPNS latsar) in 2019. This study uses quantitative descriptive analysis with a single variable, namely the implementation of Pancasila values. Data collected using google form. The results showed that the practice of the practical value of Pancasila among the millennial generation of civil servants of the DKI Jakarta Provincial Government was very good, this is reflected in the average presentation results of the implementation of Pancasila values of 96%. Based on the results of the research that has been done, it is hoped that it can become a source of data regarding the level of practicing Pancasila values in state life among the millennial generation of Civil Servants of DKI Jakarta Province.

Keywords
Covid-19, Millennial Generation, Pancasila.
  1. Anggorowati, P., & Sarmini. (2015). Pelaksanaan Gotong Royong di Era Global (Studi Kasus di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan). Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 01(03), 39–53.
  2. Arifin, J. (2018). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi (kedua). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
  3. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 440–450. https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1077
  5. Dewantara, A. (2017). Alangkah Hebatnya Negara Gotong Royong (Indonesia dalam Kacamata Soekarno) (1 ed.). Sleman, Yogyakarta: PT. Kanisius. https://doi.org/10.31227/osf.io/e7cqk
  6. Eddy, I. W. T. (2018). Aktualisasi Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan, 18(1), 116–123. https://doi.org/10.32795/ds.v1i18.108
  7. Kusnoto, Y. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 247–256.
  8. Mifdal Zusron Alfaqi, Abd. Mu’id Aris Shofa, M. M. H. (2019). Peran pemuda dalam pelestarian wayang suket sebagai aktualisasi nilai moral Pancasila. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 368–374.
  9. Muchtar, Mahanani, P., & Rosyadi, M. I. (2015). Pemahaman Mahasiswa PGSD Terhadap Implementasi Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 24(2), 180–186. Diambil dari http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/1360
  10. Nugroho, R. S. (2016). Pengantar Teori Generasi Strauss-Howe. Diambil 13 Oktober 2020, dari https://medium.com/@reysatrio/pengantar-teori-generasi-strauss-howe-8c59f051eb7
  11. Octavian, W. A. (2018). Urgensi Memahami dan Mengimplementasikan Nilai- nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari sebagai Sebuah Bangsa. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 5(2), 123–128. Diambil dari https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/download/7904/pdf
  12. Pergub-DKI-Nomor-49. (2020). tentang Rasionalisasi Penghasilan PNS dalam Rangkan Penanganan COVID-19. Jakarta: Biro Hukum, Setda DKI Jakarta.
  13. Pujiati, S., & Muhsin, I. (2020). Aktualisasi Nilai Pancasila dalam Memperkuat Negara Hukum Indonesia Perspektif Sosiologis. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 13–22. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n2.2020
  14. Putri, G. S. (2020). WHO Resmi Sebut Virus Corona Covid-19 sebagai Pandemi Global. Diambil 13 Oktober 2020, dari https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/12/083129823/who-resmi-sebut-virus-corona-covid-19-sebagai-pandemi-global
  15. Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel – Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  16. Riswanto, D. (2019). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Dan Kebangsaan Kepada Peserta Didik Pada Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(1), 13–19. https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.903
  17. Saputra, I. (2017). Implementasi Nilai Pancasila Dalam Mengatasi Korupsi Di Indonesia. JPPKn, 2(1), 9–17.
  18. Subagyo, A. (2020). Implementasi Pancasila Dalam Menangkal Intoleransi, Radikalisme Dan Terorisme. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 6(1), 10–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29100/jr.v6i1.1509
  19. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  20. Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  21. Umasugi, R. A. (2020). TKD PNS DKI Dipotong, Pesan Anies: Jangan Lemah dan Mudah Mengeluh... Diambil dari https://megapolitan.kompas.com/read/2020/05/29/15432091/tkd-pns-dki-dipotong-pesan-anies-jangan-lemah-dan-mudah-mengeluh
  22. Widayanti, W. P., Armawi, A., & Andayani, B. (2018). Wawasan Kebangsaan Siswa Sekolah Menengah Atas Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa (Studi Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Umum Berasrama Berwawasan Nusantara, SMA Umum Di Lingkungan Militer Dan SMA Umum Di Luar Lingkungan Militer Di K. Jurnal Ketahanan Nasional, 24(1), 1–26. https://doi.org/10.22146/jkn.32229
  23. Yuliani, P. A. (2020). Sekda Tegaskan Gaji TGUPP Ikut Dirasionalisasi. Diambil 13 Oktober 2020, dari https://mediaindonesia.com/read/detail/317129-sekda-tegaskan-gaji-tgupp-ikut-dirasionalisasi

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-12-03
Published: 2021-03-06
Section: Artikel
Article Statistics: 785 639
Citation :