MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN AKTIFITAS SISWA TERHADAP MATERI HUKUM MELALUI PENGIMPLEMENTASIAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA PENGADILAN NEGERI PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.24269/jpk.v1i1.305Abstract Judul artikel ini "Meningkatkan Pemahaman,aktifitas dan sikap Siswa SMAN I Ponorogo terhadap materi perlindungan dan penegakan hukum melalui Pengimplementasian Model Pembelajaran Langsung Pada Pengadilan Negeri Ponorogoâ€. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas XI semester ganjil di SMAN 1 serta tumbuhnya pemahaman, dan aktifitas melalui penerapan model pembelajaran langsung. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pembelajaran,kegiatan pembelajaran tersebut diberikan dengan arahan guru yang dilakukan siswa. Setting penelitian ini dilaksankan di SMAN 1 Ponorogo dan di Gedung Pengadilan Negeri Ponorogo. Variabel penelitian: Variabel input; hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran. Variabel proses; kegiatan penerapan model pembelajaran langsung. Dan variable output; peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran PPKn. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes,angket dan skala sikap dan data dianalisa dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dilakukan melalui dua siklus, yang masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Siklus I pelaksanaan di kelas sedangkan siklus dua pertemuan ketiga dilaksanakan di gedung Pengadilan Negeri Ponorogo ,selanjutnya pada pertemuan ke empat dibawa kembali ke kelas. Kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran PKn kelas XI IPA 3 dapat meningkatkan pemahaman siswa serta meningkatkan aktifitas .
References
Arikunto, Suharsimi & Suhardjono & Supardi, (2006), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara
Madjid,Abdul,(2013),Strategi Pembelajaran,Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.
Rusman,(2013),Model-model Pembelajaran :Jakarta : Raja Grafindo Persada
Trianto, 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.
Uno, B., Hamzah, 2007, Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif, Jakarta : Bumi Aksara.
Sutikno, Sobry, M., 2007. Menggagas Pembelajaran Efeklif dan Bermaknaf Mataram : NTP Press.
Kunandar, 2007, Guru Profesional; Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Surya, Muh., 1985, Psikologi Pendidikan, Bandung : Fakultas Ilmu Pendidikan, IKIP.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.