Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Pancasila melalui Keteladanan dan Pembiasaan di Sekolah Dasar

fitri kusumawardani* -  Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
Akhwani Akhwani -  Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
Nafiah Nafiah -  Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
Mohammad Taufiq -  Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia

DOI : 10.24269/jpk.v6.n1.2021.pp1-10

Menurunnya kesadaran untuk menghayati dan menjiwai nila-nilai Pancasila akan menyebabkan terjadinya degradasi karakter bangsa. Jika terus dibiarkan akan berdampak pada moral dan akhlak generasi muda yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Pancasila melalui keteladaan dan pembiasaan. Penelitian didasarkan pada proses studi kepustakaan atau library research. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif-kritis yakni dengan lebih menekankan pada kemampuan analisis dan penelaahan terhadap sumber-sumber kepustakaan terpilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai Pancasila melalui keteladanan (role model) dilakukan dengan cara meningkatkan sisi religius siswa, memberikan bimbingan dan melatih ketaatan siswa untuk mematuhi tata tertib, membangkitkan semangat kebangsaan dan rasa cinta tanah air, menanamkan sikap demokratis pada siswa, mengajarkan peduli sosial dan tidak apatis. Implementasi nilai-nilai Pancasila melalui pembiasaan (habituation) dilakukan dengan membiasakan siswa memiliki sikap toleransi beragama, saling mencintai  dan menghargai sesama manusia, tidak menjadikan perbedaan sebagai alasan untuk terpecah belah, terbiasa mengambil keputusan secara musyawarah, berteman dengan siapa saja dan memiliki solidaritas yang tinggi

Character Education Based on Pancasila Values through Modeling and Habit in Elementary Schools. Decreased awareness to internalize and inspire the values of Pancasila will lead to the degradation of the nation's character. If left unchecked will have an impact on the morale and attitudes of the younger generation that are not in accordance with the values of Pancasila. This study aims to determine the implementation of character education based on Pancasila values through role models and habituation. This research is based on the library research process. The type of research used is descriptive qualitative-critical, namely by emphasizing the ability of analysis and analysis of selected library sources. The results showed that the implementation of Pancasila values through role models was done by improving the religious side of students, providing guidance and training students' obedience to obey the rules, arouse the national spirit and love of the motherland, instilling democratic attitudes in students, teaching social care and not apathetic. Whereas the implementation of the values of Pancasila through habituation is done by accustoming students to having an attitude of religious tolerance, mutual love and respect for fellow human beings, not making a difference as an excuse to be divided, accustomed to making deliberative decisions, making friends with anyone and having solidarity.

Keywords
Pancasila, Character Education, Role Model, Habituation,
  1. Akhwani, A. (2019). Strategy of Digital Etiquette Education of Elementary School Students. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 3(2), 43. https://doi.org/10.22460/pej.v3i2.1378
  2. Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203-213.
  3. Darmodiharjo, D. (1991). Santiaji Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.
  4. Efendi, Y., & Sa’diyah, H. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Lembaga Pendidikan. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 5(1), 54-65.
  5. Gunawan, I. (2016, March). Merevitalisasi Kepemimpinan Pancasila dalam Bidang Pendidikan. In Prosiding Seminar Nasional Penguatan Manajemen Pendidikan di Era Kompetisi Global, Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang, Malang (Vol. 12, pp. 67-84).
  6. Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah melalui Keteladanan dan Pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25-29.
  7. Juliardi, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 2(2), 119-126.
  8. Mariatun, I. L., & Indriani, D. E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila melalui Kurikulum K13 di Sekolah Dasar. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya, 2(2).
  9. Mustofa & Karya, D. F. (2018). Indisiplin Ditinjau Dari Teori Habitus Pierre Bourdieu. (Laporan Penelitian, Digilib Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya).
  10. Muthoharoh, A. I., Tijan., & Suprayogi. (2015). Pendidikan Nasionalisme Melalui Pembiasaan Di SD Negeri Kuningan 02 Semarang Utara. Unnes Civic Education Journal, 1(2).
  11. Nisa, C. (2017). Implementasi Metode Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Untuk Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Siswa Di Mts Negeri Surabaya I. (Doctoral Dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
  12. Prasetyo, D., & Marzuki, M. (2016). Pembinaan Karakter Melalui Keteladanan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Islam Al Azhar Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2).
  13. Rachmah, H. (2013). Nilai-Nilai Dalam Pendidikan Karakter Bangsa Yang Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. E-Journal WIDYA Non-Eksakta, 1(1).
  14. Rahayu, L. S. (2019). https://news.detik.com/berita/d-4532984/kpai-angka-kekerasan-pada-anak-januari-april-2019-masih-tinggi (diakses pada tanggal 17 Juni 2019 pukul 20:51 WIB)
  15. Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20, Sistem Pendidikan Nasional.
  16. Samani M. & Hariyanto. (2017). Pendidikan karakter. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
  17. Sutarna, N. (2018). Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pustaka Diniyah.
  18. Wahyono, I. (2018). Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Kegiatan Pembelajaran di SDN 1 Sekarsuli. Basic Education, 7(2), 124-130.
  19. Warsono. (2016). Pancasila-isme Dalam Dinamika Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.
  20. Waruwu, W. A. K., & Sari, S. M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila Pada Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3(1), 84-95.
  21. Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Nasional.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-07-08
Published: 2021-03-06
Section: Artikel
Article Statistics: 179 96
Citation :