Pemanfaatan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Program Adobe Flash CS 3 Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 2 Kudus

varidlo fuad* -  IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

DOI : 10.24269/jpk.v5.n2.2020.pp23-33

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaran dengan menggunakan program Adobe Flash cs 3 untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini merupakan penelitian experimen dengan desain penelitian Pre-Test, Post-Test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 2 Kudus. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara simple random sampling, yaitu dua kelas yang dibagi menjadi kelompok eksperimen yaitu XI IPS 1 (29 siswa) dan kelompok kontrol yaitu XI IPS 2 (30 siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan pemanfaatan media menggunakan program Adobe Flash CS 3 di kelas XI IPS 1 berpengaruh dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. (2) Minat belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa yang menggunakan media pembelajaran dengan bantuan program Adobe Flash CS3 lebih tinggi daripada metode yang biasa guru gunakan dengan uji t taraf signifikan 5% dengan nilai  2,752 dan  2,000. (3) Prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa yang menggunakan media pembelajaran dengan bantuan program Adobe Flash CS 3 lebih tinggi daripada metode yang biasa guru gunakan dengan uji t taraf signifikan 5% dengan nilai  4,399 dan  2,000

Utilization of Learning Media Using the Adobe Flash CS 3 Program to Increase Student Interest and Learning Achievement in Citizenship Education Subjects at SMA Negeri 2 Kudus. This research is to determine the effect of learning media by using Adobe Flash CS 3 program to improve the interest and students’ achievement in civic education. This is an experimental research with the Pre and Post-Test Control group Design. The population of the research is SMAN 2 Kudus. The researcher uses simple random sampling, there are 2 classes as the sample, XI IPS 1 (29 students) as an experimental group and XI IPS 2 (30 students) as the control group. The result of this research indicates that: (1) The learning by using Adobe Flash CS 3 as the media in XI IPS 1 has an impact in increasing the interest and students’ achievement. (2)The students’ interest in learning civic education by using Adobe Flash CS 3 program is higher than the usual method with the T test of significant level 5%, the number of is 2,752 and  is 2,000. (3) The students’ achievement in civic education by using Adobe Flash CS 3 program is higher than the usual method with the T test of significant level 5%, the number of  is 4,399 and  is 2,000

Keywords
Adobe Flash CS 3, Interest in learning, Academic achievment
  1. Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran Cet. 14, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  2. Criticos, C. (1996). Media selection. Plomp, T & Ely, D.P (Eds): International Encyclopedia of Educational Technology, 2nd ed. UK: Cambridge University Press. pp. 182 - 185.
  3. Gagne, R.M., Briggs, L.J & Wager, W.W. (1988). Principles of Instruction Design, 3rd ed. New York: Saunders College Publishing.
  4. IAIN Syekh Nurjati Cirebon Lab. (26/05/2020). APA Style. Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Retrieved 26 May, 2020, from https://itjen.kemdikbud.go.id/public/post/detail/kaisar-hirohito-berapa-jumlah-guru-yang-tersisa
  5. Iqbal Hasan. (2010). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Kwartolo, Y. (2005). Menyiapkan Guru yang Berkualitas dengan Pendekatan Micro Teaching. Jurnal Pendidikan Penabur, 4(4), 98–105. Retrieved from http://bpkpenabur.or.id/wp-content/uploads/2015/10/jurnal-No04-IV-Juli2005.pdf#page=104/
  7. Muhammad, R. (2011). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Film Animasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khusus(1), 154–163.
  8. Nanik Aryanti. (2006). Media Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  9. Ratnasari, M., & Widayati, A. (2013). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru Dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2011/2012. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2(1).
  10. Republik Indonesia. (2003). UU No. 20, Sistem Pendidikan Nasional
  11. Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahadjito. (1990). Media Pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya, edisi 1. Jakarta: Penerbit CV. Rajawali.
  12. Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  13. Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
  14. Sunaengsih, Cucun. "Pengaruh media pembelajaran terhadap mutu pembelajaran pada sekolah dasar terakreditasi A." Mimbar Sekolah
  15. Dasar 3.2 (2016): 183-190. Retrieved from https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:kLVCh654dJ8J:scholar.google.com/+pengaruh+media+pembelajaran&hl=id&as_sdt=0,5
  16. Sundari, L. R., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS3 Profesional Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas 4 SD. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 271-279.
  17. Supardi, S. U., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1).
  18. Wijanarko, S., & Purnomo, P. (2014). Numbered Head Together Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn. Joyful Learning Journal, 3(1), 24–30. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/5893/.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-05-26
Published: 2020-07-29
Section: Artikel
Article Statistics: