Pengaruh Pendekatan Probing-Prompting Learning (PPL) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila

Dinie Anggraeni Dewi

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan probing-prompting learning terhadap peningkatan tingkat kemampuan pemahaman nilai-nilai pancasila dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan, serta mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan pendekatan probing-prompting learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen, dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di  SMP Negeri 18 Bandung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis terhadap hasil  tes kemampuan pemahaman nilai-nilai pancasila diperoleh simpulan yaitu ada pengaruh pendekatan probing-prompting learning terhadap peningkatan tingkat kemampuan pemahaman nilai-nilai pancasila. Sedangkan berdasarkan analisis terhadap lembar angket diperoleh simpulan bahwa siswa merespon positif terhadap pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan pendekatan probing-prompting learning.

The Influence of the Probing-Prompting Learning (PPL) Approach on Increasing the Ability of Understanding Pancasila Values. Purpose in this research is to know influence of probing-prompting learning approach for increasing student’s vaules pancasila understanding ability in civic education learning and to know students respon for civic education learning with probing-prompting learning approach. The method used in this research is quasi experiment method, with research design non-equivalent control group design. This research done at junior high school 18 Bandung. Sample in this research is student VIII-3’s class as experiment class and VIII-4’s class as control. Based on analysis result values pancasila understanding ability test got conclusion that is the found influence of probing-prompting learning approach for increasing student’s vaules pancasila understanding ability. Meanwhile, based on quistionnarie analysis, conclusion can be drawnthat students respond positively towards civic education learning through probing-prompting learning approach


Keywords


Probing-prompting learning approach values pancasila

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. (2012). Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung : Alfabeta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Borg dkk. (1983). Educational Research an Introductional. New York : Longman.

Branson, dkk. (1998). Belajar Civic Education dari Amerika. Yogyakarta : LKIS

Cogan, John & Ray Derricot. (1988). Citizenship Education For 21st Century; Setting the Contex. London : Kogan Page

David Bourchier. (2007). Pancasila versi orde baru dan asal muasal Negara organis. Yogyakarta : Aditya Media

Diasputri, Ajeng., Nurhayati, Sri., & Sugiyo, Warlan. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Berbantuan Lembar Kerja Berstruktur Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(1), 1103-1111

Ghufron, M. N. & Risnawati, R. 2014. Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Pragmatis. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Jacobsen, D.A. (2009). Methods for teaching: promoting student learning in k-12 classrooms. alih bahasa Achmad Fawaid & Khoirul Anam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kaelan. (2001). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta : Paradigma.

Kaelan. (2007). Revitalisasi dan Reaktualisasi Pancasila sebagai Dasar Filsafat Negara dan Ideologi.Yogyakarta :: Lima

Lexy, M. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosdakarya.

Listono, Santoso. (2003). Konstruksi Ideologi Negara, Suatu Upaya Membaca Ulang Pnacasila. Yogyakarta : Ningrat.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Mahfudd, MD. (1998). Pancasila sebagai Paradigma Pembaharuan Tatanan Hukum. Jurnal Filsafat Pancasila, 2(2), 55-67.

Muchtarom, M., Widodo, Susilo Tri., & Utomo. (2013). Strategi Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Inovasi Pembelajaran PkN Berorientasi Civic Knowledge, Civic Disposition, dn Civic Skills. Jurnal PPKn, 1(2), 152-174

Mustafa, K. (1998). Pancasila dalam tinjauan Historis, Yuridis, dan Filosofis. Yogyakarta : Citra Karsa Mandiri.

Ngalimun. (2012). Strategi dan model pembelajaran.Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Notonagoro. (1982). Beberapa hal mengenai Falsafah Pancasila. Jakarta : Pantjuran Tujuh.

Pranarka. (1985). Sejarah Pemikiran Pancasila. Jakarta : CSIS.

Rejekiningsih, dkk. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Pilar Kebangsaan di Perguruan Tinggi. Jurnal PPKN, 1(2), 187-198.

Ruseffendi, E.T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung : Tarsito.

Sari, D. (2013). Pengaruh Penggunaan Strategi Writing From A Prompt dan Writing in Performance Task Terhadap Pemcahan Masalah Siswa SMP. Bandung : Tidak Diterbitkan

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).Bandung : Alfabeta

Suherman, et.al. 2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: JICA UPI.

Suprijono, Agus. (2011). Cooeprative learning teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryono H, dkk. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Pancasila dalam Menumbuhkan Kepribadian. Jurnal PPKn, 1(2), 207-218.

Triastuti, R & Wijianto. (2013). Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan Guna Mendukung Ketahanan Ideologi Kebangsaan. Jurnal PPKn, 1(2), 226-234.

Ulya, H.,Masrukan& Kartono. (2012). Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing- Prompting Dengan Penilaian Produk. UJME, 1(1), 30-39

Wahab, Abdul A & Sapriya (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alphabeta.

Warsono, dan Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif Teori dan Assesmen. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Winkel.(1991).Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Woolfolk, A. (2009). Educational psychology: active learning edition.Boston: Pearson Education


Article Metrics

Abstract view : 32 times
PDF - 14 times

DOI: http://dx.doi.org/10.24269/jpk.v4.n1.2019.pp34-44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan)

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

JPK INDEXED BY:

            

              

Lisensi Creative Commons
Under Lisensi of Creative Commons Attribution-ShereAlike 4.0 Internasional Lisensi

JPK: Journal Pancasila and Citizenship  Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Ponorogo Jl. Budi Utomo No. 10 Ponorogo, East Java, Indonesia