Analisis Penerapan Literasi Budaya dan Kewargaan di SDN Durung Bedug Candi-Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.24269/jpk.v10i2.12206Abstract Literasi budaya dan kewargaan dapat diterapkan melalui suatu kegiatan dalam lingkungan masyarakat maupun sekolah sebagai upaya dalam mencintai budaya dan negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan literasi budaya dan kewargaan di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis isi sebagai teknik analisis data pendekatan kualitatif. Melalui analisis isi bertujuan peneliti dapat mengungkap pemahaman pada objek yang akan diteliti. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi. Triangulasi sumber dilakukan dengan cara melalui beberapa sumber, yaitu kepala sekolah, guru dan peserta didik SDN Durung Bedug. Hasil yang dipublikasikan bertujuan untuk memperkaya kajian tentang penerapan literasi budaya dan kewargaan di sekolah dasar. Peneliti mengambil objek penelitian terkait Literasi Budaya dan Kewargaan di SDN Durung Bedug Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo.
References
Atmojo, S. E., Lukitoaji, D., & Kunci, K. (2020). Pembelajaran Tematik Berbasis Etnosains dalam Meningkatkan Literasi Budaya dan Kewargaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 10(2), 105–113.
Azizah, N. R. (2021). Implementasi literasi budaya dan kewargaan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa Madrasah Ibtidaiyah di tengah pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 7-16.
Dwianggraini, L., Sitepu, B., & Sulistiyorini, D. (2024). Tingkat Kesesuaiam Aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam Pemeliharaan Gedung Menggunakan Gondola. In HSEJ: Health Safety and Environmental Journal.
Efriani Luansi Ero, P., Bandong, I., Ali A, M., & Mustadi, A. (2024). Penguatan Literasi Budaya dan Kewargaan Melalui Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Toraja. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 12–20. https://doi.org/10.24269/jpk.v9.n1.2024.pp12-20
Fadillah, S., Novitasari, Y., & Atika Putri, A. (2024). Peran Guru dalam Pengembangan Literasi Budaya dan Kewargaan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 8(2), 480–488. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v8i2.3984
Fahmi, rizal, Nadya, A., Rizki Adhari, N., & baynal hubi, zindan. (2021). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Upaya Diradikalisasi Generasi Muda. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 33–42. https://doi.org/10.24269/jpk.v6.n2.2021.pp33-42
Gultom, S., Naldo, R. A. Ch., Saragih, K. W., Hermes, C. D., & Zalukhu, B. (2024). Strategi Guru Dalam Penanaman Sikap Toleransk Melalui Pembelajaran Di SMK BINA GUNA Tanah Jawa Kabupaten Simalungan Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Kewarganegaraan, 4(2).
Habibudin, Burhanuddin, & Apriana, D. (2022). Kompetensi Sosial Guru dalam Membangun Kesadaran Literasi Budaya dan Kewargaan Siswa di Sekolah Dasar. 8(2).
Hadiansyah. (2017). Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewargaan.
Haifarashin, R., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2023). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan Melalui Program LEKSAM BEDAS di SDN Cipaku 03 Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Siswa. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 208–215.https://doi.org/10.59024/bhinneka.v2i1.660
Haniifah, A., Harsan, T., & Murtiningsih, I. (2024). Efektivitas Literasi Budaya dan Kewargaan dalam Meningkatkan Kebhinekaan Global di SMP. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(5), 5792–5803.
Hasan, M., Tuti Khairani Harahap, Mp., Syahrial Hasibuan. (2022). Metode Penelitian Kualitatif.
Humaeroh, S., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2024). Pentingnya Membangun Rasa Percaya Diri Siswa melalui Literasi Budaya dan Kewargaan di Sekolah Dasar. ELSCHO: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 12-17.
Indrawati, Sulton, & Ardhana. (2022). Moderasi Antar Umat Beragama dalam kajian Ilmu Kewarganegaraan (Studi Kasus Moderasi Beragama Islam dan Budha di Desa Bulu Lor Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo). Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan Tahun, 7(2), 36–46. https://doi.org/10.24269/jpk.v7.n2.2022.pp36-46
Iqroq Kabari, M., Reka Miftahul Hayati, Sri Wahyu Ningsih, Zidan Dika Dafara, & Febrina Dafit. (2023). Pengembangan Literasi Budaya Dan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar: Studi Kasus Di Pekanbaru. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 1(2), 73–82.
Kiranti, D. I., Setianingsih, D., Sulistyorini, S., Wahyudin, D., & Caturiasari, J. (2023). Urgensi Literasi Budaya dan Kewargaan Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. In Agama Dan Budaya (Vol. 7, Issue 1). http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/widyacarya/index
Marwahningsih, N., & Darsinah, D. (2023). Mengintegrasikan Kecakapan Abad 21 dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 94–104.
Munazilah, L., Dewi , R. S., & Juwandi, R. (2023). JPK : Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan (Print) Efektivitas Sekolah Adiwiyata terhadap Peningkatan Karakter Peduli Lingkungan Siswa (Studi deskriptif di SMAN 4 Kota Serang). JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 103–114. https://doi.org/10.24269/jpk.v8.n2.2023.pp103-114
Muniroh, S. M., Khasanah, N., & Irsyad, M. (2020). Pengembangan literasi budaya dan kewargaan anak usia dini di sanggar Allegro Desa Podo Kec. Kedungwuni Kab. Pekalongan. Jurnal Lentera Anak, 1(01).
Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., & Lestariningsih, N. D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan olahraga. Insight Mediatama.
Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1). https://doi.org/10.31960/ijolec.v2i2.307.
Nurahma, G. A., & Hendriani, W. (2021). Tinjauan sistematis studi kasus dalam penelitian kualitatif. Mediapsi, 7(2), 119–129. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2021.007.02.4
Pristiwanti, D., & Badariah, bAI. (2022). Pengertian Pendidikan (Vol. 4).
Rahmawati, A., Halimah, N., Karmawan, K., & Setiawan, A. A. (2024). Optimalisasi Teknik Wawancara Dalam Penelitian Field Research Melalui Pelatihan Berbasis Participatory Action Research Pada Mahasiswa Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 4(2), 135-142.
Ridwanulloh, M. U., Putri, R., Huda, R., Mir’atul Maslahah, H., & Surur, A. M. (2024). Implementasi Strategi Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan Tahun, 9(2), 93–102. https://doi.org/10.24269/jpk.v9.n2.2024.pp93-102
Sukendra, I. K., & Atmaja, I. K. S. (2020). Instrumen Penelitian.
Suwandayani, B. I., Wardoyo, Y. P., Tiza, F. A., Safitri, N. M., Hadi, K. P., Handayani, A., & Hidayati, U. N. (2022). Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Literasi Budaya Dan Kewargaan Berorientasi Kearifan Lokal. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 809-818.
Ubaidilah, F. (2024). Penguatan Literasi Budaya dan Kewarganegaraan Siswa Melalui Program Program Pembiasaan Sekolah di MIN 1 Tangerang Selatan.
Utami, I. W. P., & Muzakki, A. (2020). Analisis Pendampingan Literasi Budaya Dan Kewarganegaraan Di Era New Normal. Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi, 72(2), 126-130.
Yanti, S., & Ihsan. (2024). Urgensi pendidikan kepramukaan dalam membentuk karakter kebangsaan (disiplin) mahasiswa. JPK: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 01(02). https://jurnal.habi.ac.id/index.php/JPK
Yusnaldi, E., Pasaribu, S., Ritami Sipahutar, R., Pitri Yana, S., Hutabarat, S., Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, P., & Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, F. (2023). Pendidikan Bela Negara untuk Membangun Cinta Tanah Air pada Anak MI/SD.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





