Dampak Penggunaan Media Sosial Tik Tok Terhadap Civic Disposition Siswa di Madrasah Aliyah Al-Istiqomah NW Dasan Poto
DOI:
https://doi.org/10.24269/jpk.v10i2.12065Abstract Media sosial tik tok adalah Salah satu platform media sosial yang tengah digemari oleh generasi muda saat ini. Namun dalam penggunaannya tik tok dapat mempengaruhi karakter remaja terutama siswa. Pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila terdapat sebuah komptensi terkait dengan karakter yaitu sering disebut dengan Civic Disposition (Karakter Kewarganegaraan). Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui secara mendalam dampak spenggunaan media sosial tik tok terhadap civic disposition baik positif dan negatif serta mengetahui upaya apa saja yang dilakukan dalam mengatasi dampak penggunaan media sosial tik tok di Madrasah Aliyah Al-Istiqomah NW Dasan Poto. Adapun penelitian ini menggunakan metode kaulitatif dengan jenis penelitian fenomenologi, bentuk studinya adalah untuk melihat dan memahami arti dari suatu pengalaman individual yang berkaitan dengan suatu fenomena tertentu. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial tik tok memiliki dampak positif dan negatif terhadap civic disposition. Disimpulkan bahwa media sosial tik tok memiliki dampak terhadap civic disposition siswa di Madrasah Aliyah Al-Istiqomah NW Dasan Poto baik positif dan negatif tergantung bagaimana pemanfaatannya, serta porsi penggunaan dengan jangka waktu yang tidak berlebihan. Adapun upaya yang dilakukan dalam mengatasi dampak tersebut dilakukan dengan penerapan Pendidikan Pengembanagan Karakter (PPK) dengan kegiatan religious, pengenalan demokrasi melalui pemilihan OSIM, dan kegiatan ekstrakurikuler.
References
Anggreni, A. (2020). Experential Learning (Pembelajaran Berbasis Mengalami). At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 186. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.86
Arif, D. B. (2018). Pengembangan Kebajikan Kewargaan (Civic Virtue) dalam Masyarakat Multikultural Indonesia: Peran Pendidikan Kewarganegaraan. Journal Civics & Social Studies, 1(1), 1–143. https://doi.org/10.31980/2655-7304.v1i1.75
Eli Masnawati, Didit Darmawan, & Masfufah Masfufah. (2023). Peran Ekstrakurikuler dalam Membentuk Karakter Siswa. PPIMAN : Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4 SE-Articles), 305–318. https://doi.org/https://doi.org/10.59603/ppiman.v1i4.347
Fadlan, M., Harahap, M., & et.al. (2024). Membangun Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru. Guruku: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(3), 254–260. https://doi.org/10.59061/guruku.v2i3.722
Hamzani, A. I., Sanusi, S., Rakhmatullah, B. R., Selviany, S., & Pratama, E. A. (2024). Cerdas Dalam Bermedia Sosial Bagi Remaja. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 5(1), 111–118. https://doi.org/10.36908/akm.v5i1.1078
Hariyanto, H. (2021). Pengembangan Karakter Pada Peserta didik Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. 1(2), 92–98. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/educational.v1i2.204
Hatiah, M. (2024). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak di Era Digital. Jurnal Al-Qiyam, 5(1), 16–23. https://doi.org/https://doi.org/10.33648/alqiyam.v5i1.357
Husnadian, A., Rispawati, R., Basariah, B., & Sumardi, L. (2022). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Religius Pada Anak Asuh Di Panti Asuhan Ampera Pringgasela Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 208–217. https://doi.org/10.31571/pkn.v6i2.4478
Hutabarat, D. T. H., Sinta, N., Dwiva, N. A., Raihandi, M. A., Ardiansyah, A., Febrian, S., & Akbar, G. (2021). Memahami Makna Demokrasi Dalam Pendidikan Demokrasi. Romeo : Review of Multidisciplinary Education, Culture and Pedagogy, 1(1), 103–109. https://doi.org/10.55047/romeo.v1i1.60
Ilahin, N. (2022). Pengaruh Pengunaan Media Sosial Tik-Tok terhadap Karakter Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Ibtida’, 3(1), 112–119. https://doi.org/10.37850/ibtida.v3i1.300
Khoiriah, K., Ismail, M., Kurniawansyah, E., & Zubair, M. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Religius dan Toleransi Melalui Budaya Sekolah di SMP Negeri 22 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1448–1455. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1490
Kusumawardani, F., Akhwani, A., Nafiah, N., Taufiq, M., & et.al. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Pancasila melalui Keteladanan dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 6(1), 1–10. https://doi.org/10.24269/jpk.v6.n1.2021.pp1-10
Mouwn Erland. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Y. Novita (Ed.), Rake Sarasin (2022nd ed., Issue March). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. www.globaleksekutifteknologi.co.id
Multazam, M. T. (2019). Membangun Wawasan Kebangsaan yang Religius Demi Mewujudkan Integrasi Nasional Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 13–24. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v2i1.204
Nafilah, M., Ghofur, A., Khoirunnisa, R., & et.al. (2025). Implementasi Budaya Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa Peserta Didik di MAN 3 Jombang. Jurnal Studi Islam Millatuna, 02(01), 35–54. https://doi.org/10.33752/mjsi.v2i01.7756
Nariswari, N. R. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Daya Fokus Masyarakat Indonesia. Jurnal VICIDI, 14(2), 134–144.
Ningsih, I. J., Sumardi, L., Sawaludin, S., & Kurniawansyah, E. (2024). Pembinaan Civic Disposition Siswa Melalui Kegiatan Organisasi Pramuka. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 86–92. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1991
Novitasari, F., Zubair, M., Alqadri, B., & Rispawati, R. (2023). Penguatan Karakter Demokrasi Melaului Program Ekstrakulikuler di SMPN 4 Brang Rea. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2241–2247. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1715
Nufus, N., Herianto, E., & et.al. (2024). Implementasi Nilai-nilai Demokrasi dalam Pemilihan OSIS di SMPN 7 Mataram. Indonesian Research Journal on Education, 4, 2041–2047. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1608
Primantoro, A. D. (2016). Pendidikan Nilai Moral di Tinjau dari Perspektif Global. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(1), 1–8. https://doi.org/10.24269/JPK.v1n1.2016.
Putri, A. A., Aprilianti, A. D., Nurzahra, I. P. A., & Wahyudin, D. (2023). Pengaruh Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku dan Karakter Siswa Sekolah Dasar (SD) Atikah Amanda Putri, Alya Dewi Aprilianti, Isni Putri Anggraini Nurzahra Dede Wahyudin, Jennyta caturiasari. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 13(1), 146--158.
Sulianti, A., Efendi , Y., & Sa’, H. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Lembaga Pendidikan. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 54–65. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n1.2020
Tarigan, R. (2024). Media Pembawa Perubahan : Tinjauan atas Teori Ekologi Media. Lectura: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1).
Varita, N., Nisa, U., & Saleh, R. (2024). Pengaruh Media Sosial Tiktok dan Lingkungan Sosial Terhadap Gaya Hidup Remaja Kota Banda Aceh. SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 29. https://doi.org/10.35308/source.v10i1.8914
Wahyu, I., Yuliatin, Y., Sawaludin, S., & Alqadri, B. (2023). Impelementasi Pendidikan Karakter Dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Batulayar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2093–2103. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1658
Widiatmaka, P. (2016). Pembangunan Karakter Nasionalisme Peserta Didik Di Sekolah Berbasis Agama Islam. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(1), 25–33. https://doi.org/10.24269/v1.n2.2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





