Pengaruh Penerapan Kegiatan Hasta Karya pada Ektrakulikuler Pramuka untuk Memperkuat Dimensi Kreatif pada Profil Pelajar Pancasila

Authors

DOI:

https://doi.org/10.24269/jpk.v10i2.11538

Abstract

Pendidikan merupakan hak setiap manusia yang terus ditingkatkan mutunya oleh pemerintah, salah satunya melalui kurikulum merdeka dengan profil pelajar Pancasila. Namun, implementasi profil pelajar Pancasila ini belum optimal, khususnya dalam mengembangkan daya kreativitas siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan kegiatan hasta karya pada ekstrakurikuler Pramuka berpengaruh terhadap penguatan dimensi kreatif pada profil pelajar Pancasila di lingkungan sekolah. Penelitian dilakukan di SD Laboratorium Percontohan UPI Serang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain One-Group Pre-Test-Post-Test. Sampel terdiri dari 38 siswa kelas IV, V, dan VI yang mengikuti ekstrakurikuler Pramuka. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada dimensi kreatif siswa, dengan rata-rata skor Pre-Test 55,05 dan Post-Test 65,03. Uji Wilcoxon Signed-Rank Test menghasilkan nilai Asymp. signifikansi 0,001 < 0,05, menunjukkan bahwa penerapan hasta karya berpengaruh positif terhadap dimensi kreatif siswa. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Temuan ini juga menegaskan bahwa kegiatan hasta karya berkontribusi positif dalam memperkuat dimensi kreatif siswa.

Author Biographies

Erza Adriweri, Program Studi PGSD - Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi PGSD - Universitas Pendidikan Indonesia

Iik Nurulpaik, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi PGSD - Universitas Pendidikan Indonesia

References

Ad, O. Y., Ariyanto, P., & Huda, C. (2022). Analisis Penguatan Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Pada Fase B Di SD Negeri 02 Kebondalem. Jurnal Pendidikan dan Konseling (Jpdk), 4(6), 12861-12866.
Badan Standar, K. D. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Dakhi, O. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 8-15.
Intania, B. Y., Raharjo, T. J., & Yulianto, A. (2023). Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Profil Pelajar Pancasila di Kelas IV SD Negeri Pesantren. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 629-646.
Kusmiati, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Educator: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(2), 206-211.
Muktamar, A., Yusri, H., Amalia, B. R., Esse, I., & Ramadhani, S. (2024). Transformasi Pendidikan: Menyelami Penerapan Proyek P5 untuk Membentuk Karakter Siswa. Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(2), 1-8.
Nainggolan, D. S. P. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Pembelajaran PJBL (Project Based Learning) Pada Materi Segitiga Kelas VII SMP Negeri 13 Medan T. A 2022/2023.
Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Tarisa, L. N., Ravelia, S. C., Raviqi, S. P. A., Dewi, A., & Erlangga, I. (2024). Peningkatan Kreativitas Siswa SD Melalui Proyek Kerajinan Tangan pada Aktivitas P5 Kurikulum Merdeka. Journal Of Elementary School Education (Jouese), 4(1), 324-329.
Wahidah, N., Zubair, M., Fauzan, A., & Alqodri, B. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 696-703.

Published

2025-07-31

How to Cite

Adriweri, E., & Nurulpaik, I. (2025). Pengaruh Penerapan Kegiatan Hasta Karya pada Ektrakulikuler Pramuka untuk Memperkuat Dimensi Kreatif pada Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 10(2), 109–113. https://doi.org/10.24269/jpk.v10i2.11538

Issue

Section

Artikel