PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA SMA/SMK MALANG MELALUI PENDIDIKAN BENCANA GEMPA BUMI DENGAN METODE SIMULASI

Yahmi Ira Setyaningrum* -  STIKes Widya Cipta Husada, Indonesia
Guritan Indra Sukma -  STIKes Widya Cipta Husada, Indonesia

DOI : 10.24269/ijhs.v4i2.2414

Gempa bumi merupakan bencana yang sering terjadi di Indonesia. Gempa bumi di Malang tergolong sering terjadi dengan urutan 133 tingkat Nasional Gempa dapat terjadi kapan saja, dimana saja, tidak dapat diprediksi datangnya. Dampak yang diakibatkan gempa bumi dapat diminimalkan melaui pendidikan bencana gempa bumi. Pendidikan gempa bumi telah dilakukan terhadap siswa SMA/SMK, harapannya pengetahuan siswa mengenai gempa bumi dan upaya pengurangan resiko mampu meningkat setelah mengikuti pendidikan gempa. Desain penelitian yaitu quasi eksperimen pre tes post tes. Data dianalisis dengan uji beda wilcoxon untuk mengetahui pengaruh pendidikan gempa bumi terhadap pengetahuan siswa SMA/SMK di Malang. Hasil penelitian menunjukkan metode simulasi efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa. Rata-rata pengetahuan siswa mengenai gempa bumi meningkat menjadi 76,72 setelah mendapatkan pendidikan bencana. Padahal sebelum mendapatkan pendidikan bencana gempa bumi skor pengetahuan siswa rata-rata hanya 35,78. Pengetahuan tentang bencana gempa bumi dan pengurangan resiko penting diketahui oleh siswa SMA/SMK dalam meminimalkan dampak bencana serta meningkatkan kesiapsiagaan upaya dan strategi dalam menghadapi bencana.

Supplement Files

Keywords
Edukasi, Gempa Bumi, Simulasi
  1. D. L. Romdhonah, A. Sucipto, and C.  D. Y. Nekada, “Pengaruh Edukasi  Managemen Bencana Gempa Bumi  Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Dalam  Menghadapi Gempa Bumi,” J. ILKES,  vol. 10, pp. 1-9, 2019.
  2. Ajmain and R. Sanusi, “Hubungan  Pengetahuan Terhadap Kesiapsiagaan  Bencana Pada Keluarga Di Desa Kuala  Langsa Kecamatan Langsa Barat”, J.  P2K,, vol. 2, pp. 64-74, 2019.
  3. Mutianingsih and Mustikasari, “Dampak Psikologis Gempa Bumi  Terhadap Kelompok Rentan : Lansia,”  Jurnal Ilmiah Kesehatan  Keperawatan, vol. 15, pp. 18-23, 2019.
  4. O. Hardaningrum, C. Sulaeman, and E. Supriyana, “Zonasi Rawan Bencana  Gempa Bumi Kota Malang Berdasar- kan Analisis Horizontal Vertical To  Spectral Ratio (HVSR)” dalam  Prosiding Seminar Nasional MIPA  2016 “Peran Penelitian Ilmu Dasar  dalam Menunjang Pembangunan  Berkelanjutan”Jatinangor,2016, vol.1,  pp.170-175.
  5. N. I. Desmonda, A. Pamungkas,  “Penentuan Zona Kerentanan Bencana  Gempa Bumi Tektonik Di Kabupaten  Malang Wilayah Selatan,” Jurnal  Teknik Pomits, vol. 3, pp. 1-10, 2014.
  6. A.K Manesh, “Youth Are Our Future  Assets In Emergency And Disaster  Management”, Bull Emerg Trauma  vol. 5, pp. 1-3, 2017.
  7. K. Manesh, M. Ashkenazi, A. Djalali,  P. L. Ingrassia, T. Friedl, G. V. Armin,  O. Lupesco, K. Kaptan, C. Arculeo, B.  Hreckovski, R. Komadina, P. Fisher, S.  Voigt, J. James, E. Gursky, “Education  In Disaster Management And  Emergencies: Defining A New  European Course,” . Project Disaster  Medicine And Public Health  Preparedness, vol. 0, pp. 1-11, 2015.
  8. R. Frantika, Ardoni, “Kemas Ulang  Informasi Dalam Pembuatan Buku  Pintar Siaga (Studi Kasus: Pada Kantor  Badan Penanggulangan Bencana  Daerah Sumatera Barat),” Jurnal Ilmu  Informasi Perpustakaan Dan  Kearsipan, vol. 8, pp. 1-10, 2019.
  9. Suharjo, M. A. Sunarhadi, M. Arozaq,  Dahroni, Sujalwo, “Pengarusutamaan  Perlindungan Dalam Pengurangan  Risiko Bencana Sekolah Di Kabupaten  Klaten Protection Mainstreaming In  School’s Disaster Risk Reduction At Klaten Regency,” Prosiding University  Research Colloqium Universitas  Muhammadiyah Purworejo, vol 1, pp. 181-186, 2019.
  10. F. Suciana, D. Permatasari, “Pengaruh  Edukasi Audio Visual dan Role Play  Terhadap Perilaku Siaga Bencana Pada  Anak Sekolah Dasar,” Journal Of  Holistic Nursing Science, vol. 6, pp.  44-51, 2019.
  11. T. M. Tiara, S. Romadoni, Imardiani,  Pengaruh Penggunaan Video Animasi  Terhadap Pengetahuan Masyarakat  Tentang Kesiapsiagaan Banjir Di  Kelurahan Silaberanti Lorong Dahlia  Palembang, Indonesian Journal for  Health Sciences, vol.3,pp. 64-70, 2019.
  12. F. N. Indriasari. Pengaruh Pemberian  Metode Simulasi Siaga Bencana  Gempa Bumi Terhadap Kesiapsiagaan  Anak Di Yogyakarta. Jurnal  Keperawatan Soedirman (The  Soedirman Journal Of Nursing), vol. 11, pp. 1-10, 2016.
  13. S. Rinanda, “Pengaruh Metode  Simulasi Tanggap Bencana Alam Terhadap Kemampuan Mitigasi Pada  Anak Tunagrahita Ringan Di Kelas  C/D Vi Slb Perwari Padang, jurnal  ilmiah pendidikan khusus, vol. 1, pp.  164-173, 2013.
  14. H. Khatimah, S. A. Sari, M.  Dirhamsyah, “Pengaruh Penerapan  Metode Simulasi School Watching  Terhadap Sikap Kesiapsiagaan Siswa  Dalam Menghadapi Bencana Gempa  Bumi”, Jurnal Ilmu Kebencanaan  (JIKA), vol. 2, pp. 11-18. 2015. [15]K. R. Ronan, D. M. Johnston,  “Correlates Of Hazard Education  Programs For Youth, “ risk Analysis, vol. 21, pp 1055-1063, 2001.
  15. L. H. Kusumawardani, A. Khoiriyah,  A. H. Trenggono, R. B. Saputra, S. N. Annisa, S. W. Muniroh, E. Kholifa, E. S. Putri, I. Riyanti, D. Purnomo,  “Peningkatan Pengetahuan Gizi  Seimbang Pada Ibu Balita Melalui  Edukasi Dan Simulasi Pembuatan  Makanan Bergizi,” Jurnal Of  Bionursing, vol. 2, pp. 9-14, 2020.
  16. M. N. C. Pujianingsih, R. T. Wibowo,  W. T. Indrianto, I. Purnamasari, A. H.  Rozi, D. A. Wulandari, “Analisis  Kesiapsiagaan Komunitas Sekolah  Muhammadiyah Dalam Menghadapi  Bencana Tanah Longsor Di Kabupaten  Karanganyar,” Jurnal Geografi,  Edukasi Dan Lingkungan (JGEL), vol.  3, pp. 100-107, 2019.
  17. A.E. T. Purba dan E. H. Simanjuntak,  “Efektivitas Pendidikan Kesehatan  Sadari Terhadap Peningkatan  Pengetahuan Dan Sikap Wus Tentang  Deteksi Dini Kanker Payudara,” Jurnal  Bidan Komunitas Prodi D4  Kebidanan, vol. 2, pp. 160-166, 2019.

Full Text: Supp. File(s):
Copyright Statement and statement of Ethical Clearance for Publication
Subject
Type Research Instrument
  Download (132KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2020-02-11
Published: 2020-09-01
Section: Artikel
Article Statistics: