PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA SMA/SMK MALANG MELALUI PENDIDIKAN BENCANA GEMPA BUMI DENGAN METODE SIMULASI
DOI : 10.24269/ijhs.v4i2.2414
Gempa bumi merupakan bencana yang sering terjadi di Indonesia. Gempa bumi di Malang tergolong sering terjadi dengan urutan 133 tingkat Nasional Gempa dapat terjadi kapan saja, dimana saja, tidak dapat diprediksi datangnya. Dampak yang diakibatkan gempa bumi dapat diminimalkan melaui pendidikan bencana gempa bumi. Pendidikan gempa bumi telah dilakukan terhadap siswa SMA/SMK, harapannya pengetahuan siswa mengenai gempa bumi dan upaya pengurangan resiko mampu meningkat setelah mengikuti pendidikan gempa. Desain penelitian yaitu quasi eksperimen pre tes post tes. Data dianalisis dengan uji beda wilcoxon untuk mengetahui pengaruh pendidikan gempa bumi terhadap pengetahuan siswa SMA/SMK di Malang. Hasil penelitian menunjukkan metode simulasi efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa. Rata-rata pengetahuan siswa mengenai gempa bumi meningkat menjadi 76,72 setelah mendapatkan pendidikan bencana. Padahal sebelum mendapatkan pendidikan bencana gempa bumi skor pengetahuan siswa rata-rata hanya 35,78. Pengetahuan tentang bencana gempa bumi dan pengurangan resiko penting diketahui oleh siswa SMA/SMK dalam meminimalkan dampak bencana serta meningkatkan kesiapsiagaan upaya dan strategi dalam menghadapi bencana.
Supplement Files
Keywords
Edukasi, Gempa Bumi, Simulasi
- D. L. Romdhonah, A. Sucipto, and C. D. Y. Nekada, “Pengaruh Edukasi Managemen Bencana Gempa Bumi Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Dalam Menghadapi Gempa Bumi,” J. ILKES, vol. 10, pp. 1-9, 2019.
- Ajmain and R. Sanusi, “Hubungan Pengetahuan Terhadap Kesiapsiagaan Bencana Pada Keluarga Di Desa Kuala Langsa Kecamatan Langsa Barat”, J. P2K,, vol. 2, pp. 64-74, 2019.
- Mutianingsih and Mustikasari, “Dampak Psikologis Gempa Bumi Terhadap Kelompok Rentan : Lansia,” Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, vol. 15, pp. 18-23, 2019.
- O. Hardaningrum, C. Sulaeman, and E. Supriyana, “Zonasi Rawan Bencana Gempa Bumi Kota Malang Berdasar- kan Analisis Horizontal Vertical To Spectral Ratio (HVSR)” dalam Prosiding Seminar Nasional MIPA 2016 “Peran Penelitian Ilmu Dasar dalam Menunjang Pembangunan Berkelanjutan”Jatinangor,2016, vol.1, pp.170-175.
- N. I. Desmonda, A. Pamungkas, “Penentuan Zona Kerentanan Bencana Gempa Bumi Tektonik Di Kabupaten Malang Wilayah Selatan,” Jurnal Teknik Pomits, vol. 3, pp. 1-10, 2014.
- A.K Manesh, “Youth Are Our Future Assets In Emergency And Disaster Management”, Bull Emerg Trauma vol. 5, pp. 1-3, 2017.
- K. Manesh, M. Ashkenazi, A. Djalali, P. L. Ingrassia, T. Friedl, G. V. Armin, O. Lupesco, K. Kaptan, C. Arculeo, B. Hreckovski, R. Komadina, P. Fisher, S. Voigt, J. James, E. Gursky, “Education In Disaster Management And Emergencies: Defining A New European Course,” . Project Disaster Medicine And Public Health Preparedness, vol. 0, pp. 1-11, 2015.
- R. Frantika, Ardoni, “Kemas Ulang Informasi Dalam Pembuatan Buku Pintar Siaga (Studi Kasus: Pada Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatera Barat),” Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, vol. 8, pp. 1-10, 2019.
- Suharjo, M. A. Sunarhadi, M. Arozaq, Dahroni, Sujalwo, “Pengarusutamaan Perlindungan Dalam Pengurangan Risiko Bencana Sekolah Di Kabupaten Klaten Protection Mainstreaming In School’s Disaster Risk Reduction At Klaten Regency,” Prosiding University Research Colloqium Universitas Muhammadiyah Purworejo, vol 1, pp. 181-186, 2019.
- F. Suciana, D. Permatasari, “Pengaruh Edukasi Audio Visual dan Role Play Terhadap Perilaku Siaga Bencana Pada Anak Sekolah Dasar,” Journal Of Holistic Nursing Science, vol. 6, pp. 44-51, 2019.
- T. M. Tiara, S. Romadoni, Imardiani, Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Pengetahuan Masyarakat Tentang Kesiapsiagaan Banjir Di Kelurahan Silaberanti Lorong Dahlia Palembang, Indonesian Journal for Health Sciences, vol.3,pp. 64-70, 2019.
- F. N. Indriasari. Pengaruh Pemberian Metode Simulasi Siaga Bencana Gempa Bumi Terhadap Kesiapsiagaan Anak Di Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal Of Nursing), vol. 11, pp. 1-10, 2016.
- S. Rinanda, “Pengaruh Metode Simulasi Tanggap Bencana Alam Terhadap Kemampuan Mitigasi Pada Anak Tunagrahita Ringan Di Kelas C/D Vi Slb Perwari Padang, jurnal ilmiah pendidikan khusus, vol. 1, pp. 164-173, 2013.
- H. Khatimah, S. A. Sari, M. Dirhamsyah, “Pengaruh Penerapan Metode Simulasi School Watching Terhadap Sikap Kesiapsiagaan Siswa Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi”, Jurnal Ilmu Kebencanaan (JIKA), vol. 2, pp. 11-18. 2015. [15]K. R. Ronan, D. M. Johnston, “Correlates Of Hazard Education Programs For Youth, “ risk Analysis, vol. 21, pp 1055-1063, 2001.
- L. H. Kusumawardani, A. Khoiriyah, A. H. Trenggono, R. B. Saputra, S. N. Annisa, S. W. Muniroh, E. Kholifa, E. S. Putri, I. Riyanti, D. Purnomo, “Peningkatan Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Ibu Balita Melalui Edukasi Dan Simulasi Pembuatan Makanan Bergizi,” Jurnal Of Bionursing, vol. 2, pp. 9-14, 2020.
- M. N. C. Pujianingsih, R. T. Wibowo, W. T. Indrianto, I. Purnamasari, A. H. Rozi, D. A. Wulandari, “Analisis Kesiapsiagaan Komunitas Sekolah Muhammadiyah Dalam Menghadapi Bencana Tanah Longsor Di Kabupaten Karanganyar,” Jurnal Geografi, Edukasi Dan Lingkungan (JGEL), vol. 3, pp. 100-107, 2019.
- A.E. T. Purba dan E. H. Simanjuntak, “Efektivitas Pendidikan Kesehatan Sadari Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Wus Tentang Deteksi Dini Kanker Payudara,” Jurnal Bidan Komunitas Prodi D4 Kebidanan, vol. 2, pp. 160-166, 2019.
Copyright (c) 2020 Indonesian Journal for Health Sciences
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Full Text:
Supp. File(s):
Copyright Statement and statement of Ethical Clearance for Publication
Subject | |
Type | Research Instrument |
Download (132KB) Indexing metadata |