Analisis Perilaku Konsumen, Produsen dan Pasar Islam pada Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.24269/asset.v3i2.3018Abstract Artikel ini meneliti tentang kepuasan dari pemenuhan kebutuhan pokok setiap rumah tangga, meskipun dengan latar belakang penghasilan yang berbeda dan juga bentuk dari kebutuhan pokok yang berbeda. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dan juga kuesioner online mengingat adanya Pandemi Covid 19 yang sedang melanda Indonesia. Setelah dilakukan penelitian dengan perantara koesioner untuk para responden, maka Hasil dari kuesioner menunjukkan rata- rata masyarakat telah puas dan telah setuju akan penghasilan yang dapat mencukupi kebutuhan pokoknya misalnya makan 3 sehari dengan lauk yang cukup. Hal itu menunjukkan bahwa dalam teori islam tidak boleh berlebih- lebihan dalam makan karna Allah tidak menyukai yang berlebihan. Menurut Abdul Mannan sikap tidak berlebih-lebihan dan mengutamakan kepentingan orang lain adalah yang paling penting yang diartikan secara luas. Penelitian mengambil 5 responden dengan latar belakang dan penghasilan yang berbeda, dari data tersebut beberapa masyarakat yang bekerja dengan penghasilan yang cukup dia setuju bahwa penghasilan responden akan mencukupi sampai yang akan datang tanpa ada tambahan penghasilan yang lain, sedangkan responden yang berpenghasilan kurang , berpendapat netral bahkan kurang setuju akan mencukupi kebutuhan yang akan datang tanpa ada tambahan yang lain.
References
Zamroni M.. Buku Kantong Ekonomi SMA IPS.
Ahmad Al-Haritsi bin Jaribah. Fikih Ekonomi Umar bin Al- Khathab. Jakarta : Khalifa, 2006.
Haryanti Nin. Teori Permintaan Dalam Perspektif Islam dan Konvensional. Jurnal Ilmu Akutansi dan Bisnis Syriah, Vol:1, No:2, Juni 2019.
Kurniati. Teori Perilaku Konsumen Pespektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, , Vol. VI, No. 1 ,Juni 2016.
Pardanawati Sri Laksmi. Perilaku Produsen Islami. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol.01, No. 01, Maret 2015.
Sukirno Sadono. Mikro Ekonomi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,2015.
Rozalinda. Ekonomi Islam : Teori dan Aplikasinya Pada Aktivitas Ekonomi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015.
Departemen Agama RI. Al-Qur’an Dan Tafsirnya.Jakarta : Lentera Abadi, 2010.
Parakkasi Idri dan Kamiruddin.Analisis Harga dan Mekanisme Pasar Dalam Perspektif Islam.Jurnal LAA Maysir, Vol.5, No. 1, 2018.
Gilang Mardianingsih,Sujiono,Siti Chamidah. Pengaruh harga, kualitas produk, dan lokasi terhadap pembelian konsumen.Jurnal Ilmiah Bidang Manajemen Dan Bisnis Vol.2, No.1, Juni 2019
Muflih Muhammad. Perilaku konsumen dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.







.png)




